Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Air kelapa adalah salah satu minuman yang dapat menyegarkan dan membantu dalam menjaga tubuh dari dehidrasi agar tetap segar. Air kelapa akan sangat nikmat jika dihindangkan dingin di musim panas. Banyak sekali manfaat dari air kelapa jika bisa dikonsumsi kita setiap harinya. Minuman air kelapa bisa dikonsumsi secara alami dan juga bisa dicampurkan dengan minuman lainnya.

Minuman air kelapa mempunyai nutrisi dalam menyeimbangkan elektrolit yang sama dengan darah didalam tubuh. Untuk itu, selama masa kehamilan wanita akan lebih membutuhkan makanan dan minuman yang sehat serta bergizi. Mengkonsumsi air kelapa untuk ibu hamil ini akan membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatannya dan calon bayinya.

Dalam sebuah tradisi yang sudah berlangsung, beberapa daerah telah menggunakan air kelapa hijau secara turun temurun untuk dijadikan kepercayaan yang memiliki kandungan manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil.

Lalu apakah benar jika di trimester ketiga ibu hamil yang mengkonsumsi air kelapa ini akan memiliki bayi yang lahir berkulit bersih, berambut lebat, mata yang indah dan cairan ketuban menjadi lebih jernih?

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil muda memang sudah dikenal sejak lama, bahkan saat nenek moyang dulu kala sudah menganjurkan ibu yang hamil untuk mengkonsumsi kelapa muda. Jika dipikir alasan ini memang masuk akal dan cukup logis.

Air kelapa hijau memang memiliki nutrisi dan kandungan gizi yang sangat baik untuk ibu hamil apalagi saat melahirkan. Nah, untuk mengetahui akan kandungan nutrisi yang ada di dalam air kelapa, berikut akan diberikan kandungan nutrisi dan manfaat dari air kelapa yang akan dikonsumsi anda dan ibu hamil khususnya.

Kandungan Nutrisi Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Air kelapa memang mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh anda. Beberapa nutrisi yang telah terkandung didalam air kelapa yaitu:

Potassium. Zat potassium yang ada didalam air kelapa ini mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah di bagian arteri

Glukosa. Glukosa akan sangat dibutuhkan oleh tubuh saat mensuplai energi

Protein. Protein yang ada didalam air kelapa ini mengandung protein sebanyak 0,72 gr pada setiap 100 gram air kelapa. Ini sangat dibutuhkan oleh tubuh anda. Karena manusia sangat membutuhkan protein perharinya kira-kira 1 gram.

Kalsium. Kalsium yang ada didalam air kelapa juga memiliki kandungan yang sangat tinggi di setiap 100 gram air kelapa. Jadi hampir tiap 100 gram air kelapa akan mengandung 24 miligram kandungan kalsium didalamnya.

Vitamin C. vitamin ini memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit (imunitas)

Antioksidan. Didalam air kelapa memiliki kandungan nutrisi antioksidan yang kaya akan vitamin B dan C, sehingga karbohidrat dan magnesium dalam tubuh dapat berfungsi untuk melindungi kesehatan tubuh terutama saat hamil.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Nah, setelah mengetahui akan kandungan nutrisi yang ada didalam air kelapa, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa anda rasakan khususnya ibu hamil jika sudah mengkonsumsinya. Manfaat-manfaat dari air kelapa diantaranya:

  1. Memiliki Kandungan Elektrolit yang Alami

Air kelapa adalah salah satu cairan yang memiliki kaya kandungan kalium, kalsium, klorida, elektrolit, sodium, riboflavin, dan magnesium. Sebagai isotonic alami, air kelapa adalah cairan mineral dan elektrolit yang sama dengan cairan yang terkandung didalam tubuh. Air kelapa memiliki manfaat untuk menghilangkan dehidrasi dengan cepat saat akan memulihkan stamina.

Untuk itu, ibu hamil akan sangat membutuhkan banyak air jika dibandingkan dengan orang yang dalam keadaan normal. Ibu hamil yang mengalami dehidrasi ini akan menyebabkan masalah dalam kesehatannya. Masalah tersebut seperti merasa sakit kepala, kram, edema, bahkan bisa mengurangi kontraksi yang dapat mengakibatkan proses persalinan menjadi premature.

Air Kelapa untuk Ibu HamilAir Kelapa untuk Ibu Hamil

  1. Memiliki Diurematik yang Alami

Air kelapa juga memiliki manfaat sebagai diurematik yang alami dan steril. Air kelapa memang terbukti dapat memperlancar pembuangan urin serta membantu membersihkan di bagian saluran kandung kemih. Ini dapat diyakini bahwa air kelapa mampu mengeluarkan racun dalam tubuh dan mencegah terjadinya infeksi didalam saluran kandung kemih pada ibu hamil khususnya.

  1. Sebagai Obat Anti Penyakit

Air kelapa memiliki kandungan senyawa asam laurat. Asam laurat adalah larutan sejenis asam yang dapat melawan berbagai jenis penyakit didalam tubuh. Asam laurat yang melimpah terdapat didalam air kelapa akan sama dengan yang ada didalam ASI.

Kesamaan ini mempunyai karakteristik sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus. Dengan begitu, kondisi dan kesehatan ibu hamil dengan bayinya akan terhindar dari virus yang berbahaya seperti halnya virus HIV dan herpes, protozoa giardia lamblia dan klamidia heliokobater.

Air Kelapa untuk Ibu Hamil 4

  1. Dapat Membantu Pencernaan pada Masa Kehamilan

Saat masa hamil air kelapa akan sangat dibutuhkan dalam membantu pencernaan. Karena saat masa kehamilan, plasenta yang dihasilkan oleh hormon progesterone dapat memperlambat lambung sehingga dapat menyebabkan kontraksi pencernaan pada otot melambat. Dengan kejadian ini, air kelapa sangat dapat meningkatkan kecepatan waktu pencernaan di masa hamil.

  1. Mampu Meningkatkan HDL

Air Kelapa untuk Ibu Hamil 4

Air kelapa tidak mengandung sedikit kolesterol dan lemak. Bahkan ada sebuah penelitian yang mengatakan kalau air kelapa mampu meningkatkan kolesterol dengan baik didalam tubuh.

Itulah wacana dan informasi tentang manfaat air kelapa untuk ibu hamil, semoga wacana dan informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.