Manfaat Cerita Dongeng bagi Anak

Anak-anak pasti pernah mencicipi bagaimana rasanya didongengi.  Mereka biasanya mendengar cerita dongeng dari orang tua, kakak, kakek, nenek, atau guru mereka. Dongeng merupakan cerita tidak nyata yang dapat membuat anak-anak merasa ketagihan untuk mendengarkannya. Bahkan ada beberapa anak yang tidak bosan meskipun dongeng sudah mereka dengarkan berulang-ulang.

Lalu apa tujuan menyampaikan dongeng? Adakah manfaat cerita dongeng ? atau mungkin dongeng disampaikan hanya untuk kesenangan semata? Meskipun dongeng itu fiksi, namun ternyata dongeng dapat menunjukkan banyak pelajaran bagi anak-anak.


Manfaat Cerita Dongeng

Berikut ini adalah manfaat cerita dongeng untuk anak-anak

  • Membantu melatih imajinasi anak

Ketika anak-anak mendengarkan cerita dongeng, otak mereka pasti terangsang untuk terus memikirkan bagaimanakah kelanjutan dongeng itu selanjutnya. Mereka akan menerka-nerka tentang apa yang akan terjadi pada tokoh utama maupun tokoh antagonis berikutnya. Hal itu membuat daya imajinasi mereka terlatih.

  • Menyampaikan nasihat melalui dongeng

Menceritakan dongeng dapat menjadi salah satu cara untuk menyampaikan nasihat pada anak. Misalnya dongeng tentang Bawang Merah dan Bawang Putih. Bawang merah yang jahat akan mendapatkan balasan berupa kejahatan, sedangkan Bawang Putih yang baik hati pun mendapatkan balasan berupa kebaikan. Dalam dongeng tersebut, terselip nasihat bahwa hendaklah kita berbuat baik agar kebaikan juga mendatangi kita.

  • Menambah wawasan anak

Selain memperoleh nasihat, dongeng juga memberikan hal-hal baru bagi anak-anak. Mendengarkan dongeng bisa jadi membuat wawasan anak bertambah mengenai seseuatu yang tidak dia ketahui sebelumnya.

  • Membuat anak menjadi lebih simpati

Manfaat cerita dongeng yang lain adalah dapat membuat anak menjadi lebih bersimpati pada lingkungan di sekitar mereka. Usahan untuk menceritakan dongeng yang memiliki nilai moral supaya sang anak dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menumbuhkan minat baca anak

Beberapa anak yang penasaran akan berusaha untuk mencari tahu tentang dongeng yang telah mereka dengarkan. Kalau sudah begini, biasanya sang anak akan bertanya kepada orang lain mengenai dongeng tersebut, atau mereka mencari tahu di perpustakaan sekolah mereka. Hal itu berarti, menceritakan sebuah dongeng secara tidak langsung dapat menumbuhkan minta baca sang anak.

  • Melatih anak menjadi pendongeng

Setelah mendengarkan sebuah dongeng yang dianggap sangat menarik, anak-anak biasanya menceritakan dongeng tersebut kepada teman-teman sebaya atau orang-orang terdekat mereka. Sang anak melakukannya dengan penuh antusias.

Manfaat Cerita Dongeng

Anak-anak belum bisa berpikir realistis. Bagi mereka, dongeng bukanlah sekedar dongeng. Anak-anak seringkali berpikir bahwa dongeng itu seperti kenyataan. Namun, membacakan dongeng bagi anak-anak tidak akan memberi pengaruh yang buruk. Sebaiknya, dongeng yang disampaikan kepada anak adalah dongeng yang memiliki nilai moral agar sang anak dapat merasakan manfaat cerita dongeng bagi kehidupan mereka kedepannya.

TAGs: tanda tanda ingin melahirkan