Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

10 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Bawang putih telah banyak memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Bawang putih masuk keluarga umbi-umbian. Yang dikenal sebagai bumbu masakan dan telah dikenal di berbagai belahan dunia. Yang menjadikan bawang putih ini sebagai herbal adalah kemampuan dalam mencegah dan mengobati kanker.

Namun sayang, aroma yang menyengat membuat buah ini tidak banyak dikonsumsi secara langsung, melainkan hanya sebagai bumbu yang membuat kita hanya sedikit mengkonsumsi bawang putih.

Di bawah ini adalah 10 manfaat bawang putih bagi kesehatan yang perlu anda ketahui:

  1. Manfaat bawang putih memiliki senyawa allicin, untuk obat

Bawang putih adalah tanaman yang telah digunakan sejak jaman mesir kuno, allicin merupakan zat yang terkandung dalam bawang putih yang dipercaya dapat menjadi obat. Apa fungsi allicin ini?

Berbagai riset mengenai manfaat pada zat ini yaitu:

  • Menngecerkan darah
  • Menurunkan berat badan tubuh
  • Zat anti kanker
  • Mencegah hipertensi
  • Sebagai antioksidan
  • Anti miroba/bakteri

Zat ini yang dapat membuat cirri khas pada bau bawang putih.

manfaat bawang putih khasiat bawang putih

  1. Bawang putih herbal anti kanker

Para peneliti terkaget ketika mengetahui bawang putih memiliki khasiat sebagai obat kanker. Bawang putih layak dikatakan sebagai herbal anti kanker. Kandungan sulfide alil yang terdapat pada bawang puthi yang menjadikannya sebagai anti kanker.

Salah satu bukti nyata yang ditemukan yaitu adanya kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina keterosiklik (HCA) yaitu zat yang dapat meicu kanker payudara pada perempuan. Dari penelitian yang dilakukan zat diallyl sulfide yang terdapat pada bawang putih menghambat transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya bisa menyebabkan kanker payudara.

  1. Ampuh menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat bawang putih selanjutnya yang telah teruji adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8 %.

khasiat bawang putih manfaat bawang putih

  1. Bawang putih kaya akan nutrisi dan rendah kalori

Kandungan vitamin C yang tinggi dan kalsiun serta zat besi sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

  1. Sumber anticirus/ anti bakteri/ antioksidan yang ampuh

Khasiat paling popular dari bawang putih yaitu sebagai sumber antioksidan yang kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya berfungsi sebagai pencegah namun juga sebagai anti virus dari bakteri, membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, virus, ragu serta cacing dalam tubuh.

  1. Ampuh memangkas kolesterol jahat

Kehebatan lain dari herbal ini yaitu kemampuannya dalam menurunkan kolesterol jahat. Dapat dipangkas secara siginifikan sebanyak 10-15%.

  1. Efektif untuk kecantikan kulit

Bawang putih memberikan manfaat yang cukup baik untuk kecantikan kulit.

  • Membersihkan komedo. Komedo yang sering muncul di daerah hidung dan dapat mengganggu penampilan. Cukup anda haluskan bawang putih dan oleskan daerah yang ada komedonya.
  • Menghilangkan noda bekas luka. Bekas luka yang sering kali membuat kurang percaya diri dapat dihilangkan dengan bawang putih. Oleskan saja pada bekas luka yang ada.
  • Obat jerawat. Balurkanlah bawang putih pada wajah yang terdapat jerawat.
  1. Mencegah demensia dan penyakit Alzheimer

Penyakit demensia dan Alzheimer dikarenakan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sedangkan bawang putih mengandung antioksidan yang dapat membantu mengatasi radikal bebas.

khasiat bawang putih manfaat bawang putih

  1. Menghilangkan sakit gigi

Ketika sakit gigi menyerang bawang putih dipercaya mampu menjadi pengobat yang ampuh. Karena bawang putih mampu membasmi bakteri yang ada serta menghilangkan bakteri tersebut.

  1. Memangkas berat badan

Berbagai riset telah menemukan zat anti inflamasi yang ada pada bawang putih dapat mengatur sel lemak yang terbentuk di dalam tubuh kita. Bawang putih dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi.

Itulah 10 manfaat bawang putih bagi kesehatan yang anda telah ketahui. Maka setelah ini mungkin anda akan mencobanya sebagai alternative pengobatan di rumah anda. Semoga bermanfaat.