Manfaat Baby Led Weaning untuk si Kecil

Bayi membutuhkan asupan nutrisi yang tepat dan pas untuk pertumbuhannya, selain dari ASI Bunda juga dapat memberikan makanan pendamping ASI dengan metode Baby Led Weaning (BLW) dan ternyata manfaat Baby Led Weaning sangat banyak untuk tumbuh kembang si kecil. Apa manfaat BLW dan bagaimana metodenya?

Inilah Manfaat Baby Led Weaning

Baby Led Weaning (BLW) merupakan metode menarik untuk memperkenalkan MPASI (Makanan Pendamping ASI) pada bayi yang banyak diterapkan oleh masyarakat Amerika dan Eropa. Metode ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat untuk tumbuh kembang si kecil.manfaat baby led weaning 3


Pada umumnya Bunda akan menyiapkan MPASI si kecil seperti brokoli, pisang, dan lainnya dengan cara mengukusnya kemudian menghaluskannya untuk dikonsumsi si kecil sehingga bayi akan terbiasa dengan makanan halus ini. Kini metode kuno itu tidak perlu diterapkan karena selain merepotkan juga tidak memberikan banyak manfaat bagi si kecil.

BLW merupakan metode pemberian MPASI kepada bayi di atas 6 bulan dengan cara menyajikan makanan orang dewasa seperti biasa di meja makan sehingga bayi akan memilih sendiri makanan yang dia suka dan memakannya dengan langsung.

Tetapi makanan yang disajikan sesuai dengan kondisi dan usia si kecil yaitu potongannya sesuai dengan genggaman bayi dan jenisnya juga sesuai dengan kondisi perutnya sehingga asupan nutrisi si kecil tetap terjaga dengan baik.manfaat baby led weaning 3

Jika si kecil menyukai salah satu makanan yang disajikan di meja maka secara otomatis bayi akan mengambilnya sendiri dan menggorogotinya sedikit demi sedikt dengan mulut mungilnya. Hal ini memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang si kecil, berikut manfaat baby led weaning adalah:

  1. Sesuai dengan waktu makan si kecil

Bayi akan mengambil makanan sendiri jika mereka memang merasa lapar sehingga metode BLW ini sangat baik untuk menyesuaikan waktu makan si kecil dan bayi dapat menetukan sendiri waktu makan mereka dengan baik.

  1. Sesuai dengan makanan favorit si kecil

Ketika dihadapkan dengan berbagai jenis makanan maka si kecil akan memilih sendiri makanan yang mereka inginkan sehingga metode BLW sangat baik untuk bayi karena si kecil dapat menetukan sendiri makanan yang mereka suka.

  1. Sesuai dengan porsi makan si kecil

Dengan metode BLW Bunda tidak perlu repot-repot menyiapkan makanan si kecil dengan porsi tertentu karena bayi dapat menentukan porsi makan mereka sendiri yaitu ketika merasa kenyang mereka akan berhenti untuk mengambil makanan di atas meja. Jadi tidak ada makanan sisa dan porsi makan si kecil terpenuhi dengan baik dan tepat. Inilah keuntungan manfaat baby led weaning bagi si buah hati.

Dalam menerapkan metode ini, si kecil pasti akan membutuhkan bantuan dan Bunda dapat membantu si kecil dalam makannya yaitu dengan memotong makanan dalam potongan kecil tetapi Bunda dilarang untuk menyuapinya ya…manfaat baby led weaning 3

Masalah yang Sering Terjadi Dalam BLW

Berikut adalah beberapa masalah yang sering terjadi saat menerapkan metode baby led weaning:

  1. Orangtua merasa ragu

Pada saat pertama kali menerapkan metode BLW, sebagian besar orang tua merasa ragu apakah buah hatinya mendapatkan asupan nutrisi yang cukup tanpa menyuapinya. Hal ini harus dihilangkan karena berdasarkan ahli medis bayi dapat menentukan sendiri kapan dia kenyang dan kapan dia harus makan sehingga Bunda tidak perlu khawatir.

  1. Berantakan

Metode BLW mengharuskan si kecil untuk makan sendiri sehingga akan menyebabkan kotor, berantakan, dan makanan akan berceceran dimana-mana. Bunda dapat menyiasatinya dengan menaruh karpet plastik di bawah si kecil sehingga makanan yang berantakan mudah untuk dibersihkan.

Demikian informasi seputar menyajikan MPASI dengan metode BLW dan manfaat Baby Led Weaning bagi tumbuh kembang si kecil.


TAGs: manfaat baby led weaning, manfaat blw buat si kecil

Scroll Up