Daftar isi [720+ Artikel]

Makanan yang Mengandung Zat Besi Dari Sayur dan Buah

Makanan yang mengandung zat besi ada banyak sekali yang bisa dikonsumsi. Bahkan makanan tersebut juga cukup mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Zat besi itu sendiri berfungsi untuk proses pertumbuhan dan pembentukan sel darah merah.

Selain itu zat besi juga berfungsi untuk mendistribusikan oksigen ke paru paru serta elektron ke dalam proses pembentukan energi didalam sel. Akibat dari kekurangan zat besi adalah Anemia, mudah lelah, sering pusing, mata berkunang-kunang dan kelahiran prematur pada ibu hamil.

Daftar makanan yang mengandung zat besi dari buah dan sayur

Beberapa sayuran dan buah-buahan yang mengandung zat besi:

  1. Alpukat

Buah hijau ini merupakan buah yang mudah ditemui dan bauk untuk kesehatan. Alpukat mengandung sekitar 1,12 mg zat besi dalam 100 gramnya. Selain itu, buah ini juga mengandung nutrisi lainnya, yaitu:

  • Ada kandungan asam lemak omega-6 dalam buah alpukat yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan serangan jantung lainnya.
  • Alpukat juga mengandung vitamin E yang baik untuk oksidasi kolesterol di dalam tubuh, mencegah hipertensi atau darah tinggi, serta menjaga tingkat gula darah. Vitamin E juga baik untuk kesehatan kulit.Makanan yang mengandung zat besi Makanan yang mengandung zat besi
  1. Bayam

Sayur bayam yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari ini ternyata mengandung 2,01 mg dalam 100 gram takarannya. Zat besi ini bisa mendukung produksi sel darah merah dan kinerja enzim. Selain itu, sayuran hijau yang satu ini memiliki beberapa manfaat utama, antara lain:

  • Kalori pada bayam sangat kecil sehingga bisa menurunkan kolesterol dan baik untuk diet.
  • Bayam mengandung vitamin C dan vitamin A yang cukup baik. Selain itu bayam juga bisa meminimalkan risiko kanker.
  • Bayam mengandung kalium yang cukup untuk membantu mengatur kesehatan jantung serta menurunkan hipertensi. Bayam juga bisa mencegah kerusakan pada enzim.
  1. Kentang

Sayur ini mengandung 1,9 mg zat besi dalam setiap 50 gram takaran. Selain itu, tanaman yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan ini memiliki beberapa manfaat lain yaitu:

  • Kentang memiliki kandungan vitamin B6 yang cukup. Vitamin B6 ini berfungsi untuk mencegah penyakit jantung dan gangguan penyakit degeneratif lainnya.
  • Kentang memiliki vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh agar virus dan bakteri tida mudah menyerang.
  • Kentang baik untuk pencernaan, kesehatan tulang dan gigi, serta kesehatan kulit.
  1. Tomat

Tomat merupakan jenis buah yang mengandung banyak air untuk hidrasi. Selain itu, dalam 100 gram tomat ada kandungan zat besi sebanyak 2 mg. Zat besi ini akan mendukung sistem imun dan pembentukan sel darah merah. Beberapa manfaat lain dari tomat antara lain sebagai berikut.

  • Ada kandungan kalsium dan kalium di dalam tomat yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi serta pencegahan dari penyakit jantung.
  • Ada kandungan zat locopene pada tomat yang berfungsi untuk mencegah stroke, serangan jantung, dan juga kanker.

Cara Menyembuhkan Anemia pada Ibu Hamil

  1. Edamame

Makanan yang mengandung zat besi dan asam folat adalah edamame. Sebanyak 100 gram edamame mengandung kurang lebih 1,9 mg zat besi. Selain zat besi, berikut beberapa kandungan dan manfaat dari edamame.

  • Ada kandungan vitamin D, magnesium, folat, mangan, fosfor, serat, dan beberapa nutrisi lain. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan kesehatan tubuh.
  • Ada kandungan isoflavon pada edamame yang bisa mencegah gangguan kesehatan, terutama pada wanita yang sudah nenasuki masa menopause.
  • Ada asam lemak tak jenuh ganda pada edamame yang bisa menurunkan kolesterol.

Demikianlah beberapa daftar makanan yang mengandung zat besi dari sayur dan buah-buahan yang bisa dikonsumsi secara sehat setiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat.