DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Makanan yang mengandung vitamin D tidak banyak diketahui orang, karena memang kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa vitamin D hanya bisa didapatkan dari sinar matahari pagi.

Vitamin D itu sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga daya tahan, mencegah kanker, serta baik untuk kesehatan tulang. Berikut beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin D.

Daftar makanan yang mengandung Vitamin D

Makanan yang mengandung banyak vitamin D bisa dikonsumsi antara lain:

  1. Minyak ikan kod

Minyak ikan kod merupakan salah satu bahan makanan olahan dari ikan laut yang bisa dikonsumsi setiap hari. Minumlah minyak ikan kod sebanyak 100 gram per hari untuk mendapatkan manfaat vitamin D yang baik.Makanan yang mengandung vitamin D jus buah sayur

  1. Ikan berlemak

Hampir semua ikan laut yang berlemak mengandung vitamin D. Selain itu, ikan laut juga mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan otak. Ikan yang bisa dikonsumsi antara lain ikan salmon, ikan tuna, ikan tongkol, atau ikan sarden. Mengonsumsi ikan laut sebisa mungkin adalah sebesar 100 gram per hari agar kebutuhan vitamin D terpenuhi.

  1. Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan hewani yang mengandung banyak nutrisi. Salah satunya adalah vitamin D. Di dalam telur ukuran normal, terkandung kurang lebih 44 IU vitamin D. Dengan kata lain, satu butir terlur mampu memenuhi sekitar 17% kebutuhan vitamin D harian tubuh.

  1. Tahu dan tempe (kedelai)

Tahu dan tempe merupakan makanan olahan kedelai dan juga merupakan makanan mengandung vitamin D dan kalsium. Tempe dan tahu dalam kadar 100 mg-nya mampu memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebesar 26%, atau sebesar 157 IU vitamin D.

  1. Susu kedelai

Sama seperti tempe dan tahu yang merupakan bahan makanan olahan kedelai, susu kedelai juga mengandung vitamin D yang baik untuk tubuh. Dalam satu cangkir susu kedelai, ada kandungan 130 IU vitamin D. Tentu saja susu kedelai bisa dijadikan alternatif makanan atau minuman harian sehat.

  1. Susu dan produk olahan susu

Susu sapi merupakan bahan makanan yang terbukti sehat untuk tulang dan pertumbuhan. Hal ini dikarenakan bukan hanya kalsiumnya saja yang berlimpah, melainkan juga karena vitamin D yang ada di dalamnya. Susu dan produk olahan susu seperti yoghurt dan keju tentu tidak hanya enak, tapi juga sehat untuk tulang dan tubuh.

  1. Hati sapi

Selain susunya, bagian tubuh dari sapi juga mengandung vitamin D yang baik. Bagian itu adalah bagian hati sapi. Selain vitamin D, hati sapi juga mengandung zat besi, asam folat, dan juga vitamin B untuk memenuhi nutrisi harian tubuh.

  1. Jamur

Jamur yang bisa dimasak atau diolah ke dalam banyak menu makanan sehat ini ternyata bukan hanya sebagai pelengkap makanan saja. Jamur itu sendiri rupanya juga mengandung vitamin D yang cukup banyak, bahkan lebih banyak daripada tempe dan tahu. Pada 100mg jamur ada setidaknya 446 IU vitamin D.

  1. Udang

Makanan laut selain ikan laut berlemak yang satu ini juga bisa diandalkan. Udang mengandung 129 IU vitamin D dalam setiap 85 gram-nya (setara dengan 32% kebutuhan vitamin D harian tubuh).

Vitamin dan Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil

  1. Tiram

Selain ikan dan udang, makanan dari laut berikutnya yang mengandung vitamin D adalah tiram. Tiram ini dalam kadar yang sama (85 gram), bisa mengandung vitamin D sebangak 272 IU.

Itulah beberapa daftar makanan yang mengandung vitamin D yang bisa dikonsumsi secara teratur untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian di dalam tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.