Daftar isi [720+ Artikel]

10 Makanan yang Mengandung Kalsium yang Wajib Konsumsi

Makanan yang mengandung kalsium perlu dikonsumsi, terutama oleh anak-anak pada masa pertumbuhan dan orang dewasa untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Mungkin selama ini sumber kalsium populer adalah susu.

Namun selain susu sebenarnya masih banyak jenis makanan yang bisa menjadi sumber kalsium harian. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Daftar makanan yang mengandung kalsium

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang dibuat dengan sistem fermentasi. Karena terbuat dari susu, yoghurt tentu saja memiliki karakteristik yang mirip dengan susu, yaitu sama-sama memiliki kalsium. Bahkan bakteri hasil fermentasi pada yoghurt baik untuk pencernaan, sehingga penyerapan kalsium pada usus akan lebih baik lagi. Kebanyakan yoghurt dibuat dari susu sapi, sehingga kandungan kalsium pada yoghurt kurang lebih sama seperti susu sapi.Makanan yang mengandung kalsium Makanan yang mengandung kalsium

  1. Keju

Selain yoghurt, keju juga merupakan salah satu bahan makanan yang diolah secara fermentasi dari susu. Keju juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, keju juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin, mineral, lemak, protein, dan juga kolesterol. Keju yang dikonsumsi secara baik dan tepat dapat menjadi makanan alternatif sumber kalsium untuk tubuh.

  1. Sayuran hijau

Jangan disangka sayuran hijau hanya mengandung serat dan vitamin saja. Beberapa jenis sayuran hijau ternyata juga bisa menjadi sumber kalsium yang baik untuk tubuh. Jenis sayuran yang memiliki kadar kalsium tinggi adalah bayam dan brokoli.

  1. Kedelai

Makanan kacang-kacangan seperti kedelai juga mengandung sejumlah kalsium yang baik untuk tubuh. Apalagi kedelai merupakan makanan tinggi kalsium rendah lemak yang aman untuk dikonsumsi siapa saja. Dalam satu cangkir kedelai rebus, ada sekitar 261 miligram kalsium. Beberapa makanan olahan seperti susu kedelai, tahu, dan tempe juga tentunya baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

  1. Buah-buahan

Selain sayuran, buah-buahan juga ada yang mengandung sejumlah kalsium. Apalagi untuk buah-buahan kering. Setidaknya ada 135 miligram kandungan kalsium pada 5 jenis buah-buahan kering.

  1. Ikan salmon

Ikan salmon selain terkenal dengan kandungan omega-3 nya, ternyata juga merupakan makanan sumber kalsium yang baik untuk tubuh. Di dalam 3 ons ikan salmon, ada kandungan kalsium sebesar 181 miligram.

  1. Lobak

Lobak merupakan jenis sayuran atau buah yang bisa dikonsumsi dengan banyak cara. Lobak mengandung sekitar 200 miligram kalsium dalam satu batangnya. Selain itu, lobak juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

  1. Kacang putih

Selain kedelai, jenis kacang-kacangan lain yang mengandung banyak kalsium adalah kacang putih. Dalam 100 gram kacang putih, setidaknya ada kandungan kalsium yang mencapai 442 miligram.

  1. Biji wijen

Wijen merupakan jenis biji-bijian yang rasanya gurih dan biasa dikonsumsi dengan banyak cara. Wijen bisa menjadi alternatif makanan sumber kalsium yang cukup baik. Ada sekitar 280 miligram kalsium pada setiap 1 ons biji wijen. Jumlah ini tidak jauh berbeda dengan jumlah kalsium pada 1 gelas susu sapi.

Obat Peninggi Badan Alami dan Herbal Tanpa Efek samping

  1. Ikan sarden

Selain salmon, jenis ikan sarden juga diketahui bisa menjadi alternatif makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh. Untuk sarden yang sudah dikalengkan, kalsium yang ada sudah bisa memenuhi 33% dari kebutuhan kalsium harian tubuh.

Itulah beberapa daftar makanan yang mengandung kalsium selain susu yang bisa dikonsumsi sehari-hari sebagai sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.