DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Makanan yang Mengandung Asam Folat, Penting buat Bumil Busui

Makanan yang mengandung asam folat ada banyak sekali jenisnya dan beberapa sangat mudah untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Asam folat itu sendiri juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Lalu apa saja manfaat dan makanan yang mengandung asam folat?

Manfaat makanan yang mengandung asam folat

Asam folat merupakan salah satu zat yang memiliki banyak manfaat. Asam folat juga disebut juga dengan nama lain vitamin B9. Beberapa manfaat dari asam folat untuk tubuh adalah sebagai berikut.

  • Regenerasi sel tubuh yang sudah mati
  • Membentuk sel darah merah untuk kelancaran sirkulasi
  • Mengurangi risiko cacat ada sistem saraf pusat
  • Mencegah cacat lahir
  • Baik untuk kesuburan
  • Zat yang baik untuk ibu hamilMakanan yang mengandung asam folat

Seiring dengan banyaknya manfaat dari asam folat, lalu apa saja jenis makanan yang mengandung asam folat agar cepat hamil yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari? Berikut penjelasannya.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran serbaguna yang memiliki sejuta manfaat. Di dalam brokoli ada kandungan 70 mikrogram asam folat per 100 gram brokoli. Walau jumlahnya tidak begitu banyak, namun zat lain di dalam brokoli dapat menyehatkan tubuh.

  1. Bayam

Bayam tidak hanya terkenal karena zat besinya saja, melainkan juga karena mengandung asam folat yang baik untuk kesehatan dan ibu hamil. Setidaknya dalam setengah cangkir bayam ada kandungan sebesar 100 mcg asam folat.

  1. Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Selain terkenal karena kandungan potassium yang banyak, ternyata di dalam pisang juga ada asam folat yang jumlahnya juga cukup besar. Satu buah pisang mengandung sekurang-kurangnya 24 mcg asam folat.

  1. Kubis atau kol

Jenis sayuran sebangsa brokoli, kol, juga mengandung asam folat yang cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan asam folat. Setidaknya ada 97 mikrogram asam folat di setiap 100 gram kubis atau kol.

  1. Alpukat

Selain pisang, buah lain yang mengandung asam folat adalah alpukat. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, mengonsumsi alpukat dalam jumlah yang tepat akan berefek baik pada tubuh. Di dalam alputat ada asam folat dengan jumlah 9 mcg per 1 cangkirnya.

  1. Pepaya

Pepaya tidak hanya mengandung vitamin C dan serat saja, melainkan juga mengandung asam folat. Asam folat pada pepaya jumlahnya juga cukup besar, yaitu sebesar 115 mcg per satu buah pepaya ukuran sedang.

  1. Jeruk

Selain pepaya, buah lain pengandung vitamin C, jeruk, juga mengandung asam folat yang bisa dikonsumsi secara teratur. Dalam 1 buah jeruk ada kandungan asam folat hingga 50 mcg. Jumlah ini tentu cukup besar jika dibandingkan buah pepaya.

  1. Kentang

Makanan yang mengandung karbohidrat seperti kentang ternyata juga bisa memenuhi kebutuhan asam folat harian. Walau jumlahnya tidak begitu banyak, yaitu hanya 30 mcg per 1 buah, namun kentang juga akan mampu memberikan tenaga untuk para konsumennya.

Pantangan Ibu Hamil (Makanan, Minuman, adat Istiadat)

Tips dan Cara Agar Cepat Hamil

Menghitung Masa Subur pada Wanita

  1. Kacang-kacangan

Kacang juga bisa menjadi sumber asam folat yang cukup tinggi untuk tubuh. Kacang jenis buncis bahkan mengandung hingga 141 mcg per setengah cangkirnya. Sementara itu, kacang hitam mampu mengandung 128 mcg asam folat per setenah cangkir. Untuk kacang merah, dengan kadar yang sama, mampu menampung 115 mcg asam folat.

Demikianlah beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat yang dapat ditemui setiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk banyak pihak. Selamat mencoba.