Makanan yang Mempengaruhi ASI

Banyak makanan yang mempengaruhi ASI. Rasa ASI dapat dipengaruhi oleh jenis-jenis makanan yang dikonsumsi. Ini bisa jadi banyak ditanyakan oleh para ibu. Berikut ini akan diuraikan berbagai informasi terkait pengaruh makanan terhadap rasa ASI. Menurut ahli dibidangnya, rasa air ASI memang dapat dipengaruhi makanan yang dikonsumsi. Para ahli bidang laktasi mengatakan supaya ibu-ibu tidak perlu cemas akan rasa ASI tersebut. Rasanya tidak akan sama persis melainkan samar-samar saja dan bertahan hanya selama sekitar 8 jam.

Yang penting adalah justru konsumsi makanan sebaiknya berbeda-beda jenisnya agar kualitas ASI selalu tetap terjaga. Bayi pun menjadi lebih mengenal aneka macam rasa makanan. Pengamatan dalam penelitiannya menunjukan selera makan bayi sangat dipengaruhi rasa dari air ASI. Inilah salah satu siasat bagus agar anak lebih mengenal berbagai rasa sayur dan buah.

Fakta Makanan yang Mempengaruhi ASI

Berikut akan disajikan beberapa fakta hubungan antara makanan yang mempengaruhi ASI. Makanan pedas memang berpengaruh pada ASI, namun biasanya pengaruh ini bersifat tidak langsung. Bila seorang ibu menyusui mengkonsumsi bahan makanan pedas maupun bersantan akan menimbulkan sebuah resiko terhadap ibunya. Makanan lebih beresiko terhadap ibu itu sendiri. Gangguan yang paling lumrah adalah soal pencernaan. Setelah gangguan pencernaan dialami oleh sang ibu, itulah yang berpengaruh besar terhadap ASI yang diproduksi. Diare dapat membuat sang ibu terkena kondisi dehidrasi.Makanan yang Mempengaruhi ASI

Makanan yang Mempengaruhi ASI

Mengkonsumsi kopi bukan hanya hak lelaki tetapi juga perempuan. Kafein dalam kopi cukup berpengaruh pada air ASI. Banyak juga ibu menyusui tetap meminum minuman kopi. Selain itu kafein ternyata juga ada pada makanan lain seperti cokelat atau teh. Tidak ada larangan terkait konsumsi kopi, teh, maupun cokelat bagi ibu hamil dan menyusui. Ia tetap boleh meminum secangkir kopi asalkan dalam jumlah takaran yang tepat. Meski kadarnya cukup rendah, namun konsumsi harian akan membuat kafein terakumulasi dalam sistem pencernann si bayi.

 

Efeknya adalah bayi akan sudah tidur maupun iritasi ringan pada saluran pencernaan yang berujung bayi menjadi rewel. Minuman dingin pun berpengaruh pada ASI. Realita berkata payudara selalu dalam kondisi yang hangat selalu, namun konsumsi air dingin sebaiknya dibatasi. Ini dimaksudkan agar ibu tidak alergi pada kondisi dingin yang bisa membuat ibu menjadi batuk atau asma. Inilah yang dapat mengganggu aktivitas menyusui.

Ada baiknya jika ibu menyusui memilih bahan makanan secara selektif disbanding hari-hari biasanya. Pilihlah makanan bergizi dan bernutrisi tinggi. Kurangilah makanan berkadar gula tinggi. Pada keadaan tertentu, mungkin ibu menyusui harus meminum obat. Berhati-hatilah dalam meminum obat, karena ini sangat sensitive terhadap air ASI yang diproduksi.

Bila Anda sempat, lakukanlah konsultasi secara nyata dengan dokter terkait dengan obat yang hendak dikonsumsi. Hal tersebut demi kesehatan dan kenyamanan bayi tentunya. Itulah beberapa makanan yang mempengaruhi ASI.