Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil wajib diketahui oleh para bumil karena asupan makanan adalah hal yang pokok untuk kesehatan ibu dan anak. Ketika ibu sedang mengandung, sang ibu memang harus memperhatikan makanan yang masuk dalam perutnya.

Tak semua makanan bisa dikonsumsinya karena bisa jadi makanan yang ia konsumsi bisa membahayakan kesehatan janin yang ada dalam perutnya. Inilah beberapa makanan pantangan untuk ibu hamil. Informasi selengkapnya berikut ini.

Makanan Pantangan Untuk Ibu Hamil

  1. Hindari Makan Daging Mentah

Bagi bumil yang suka dengan makanan khas Jepang, sebaiknya anda harus berhati-hati karena makanan ala Jepang biasanya menjamukan makanan yang berasal dari daging mentah. Memang benar jika daging mentah tersebut kandungan gizinya banyak, tetapi bumil tetaplah wajib berhati-hati demi keselamatan bayi yang ada dalam kandungannya.

Daging mentah atau bahasa kerennya sushi di dalamnya sering terdapat bakteri toksoplasmosis yang bisa menginfeksi janin di dalam rahim. Sehingga, tak ada salahnya anda menghindari mengkonsumsi sushi demi kesehatan buah hati.Makanan yang dilarang untuk ibu hamil 2

  1. Hindari Makan Telur Setengah Matang

Ada yang bilang bahwa telur setengah matang kandungan gizinya lebih banyak. Namun, bagi ibu hamil, telur setengah matang adalah salah satu makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Dalam telur yang dimasak kurang matang sering terdapat bakteri yang bernama salmonella.

Bakteri salmonella tersebut bisa menyebabkan diare pada ibu hamil. Pastilah jika hal tersebut terjadi, ibu hamil akan kewalahan karena harus bolak balik ke toilet. Jadi, tak ada salahnya hindari dulu telur setengah matang agar bumil dan bayi bisa sehat.

  1. Hindari Ikan Yang Berukuran Besar, Seperti Tuna Atau Hiu

Seafood memang baik untuk kecerdasan sang buah hati. Namun, anda harus memperhatikan makanan laut yang anda konsumsi pada saat hamil. Tidak semua ikan laut bisa anda konsumsi dengan bebas saat anda tak ingin buah hati anda dalam bahasa. Menurut ahli kesehatan, makanan laut yang wajib bumil hindari adalah ikan tuna atau ikan hiu.

Ikan-ikan yang berukuran jumbo tersebut sering kali mengandung mercuri yang bisa membahayakan kesehatan anak dalam kandungan bumil. Kandungan mercuri yang berlebih bisa merusak saraf pada bayi anda yang masih ada dalam kandungan.

  1. Hindari Makan Keju Lunak

Keju lunak seperti brie adalah makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Mengapa? Bukankah keju adalah makanan yang bergizi yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan janin. Ya, memang benar, tetapi tak semua keju bisa dikonsumsi oleh bumil. Menurut penelitian para ahli, keju lunak sering kali mengandung bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada janin.

Bakteri yang bernama listeria ini bisa menembus plasenta sehingga nantinya bumil bisa mengalami keguguran atau keracunan kehamilan. Pastilah anda tak mau bukan? Semoga informasi tentang makanan yang wajib dihindari oleh bumil di atas bermanfaat bagi para pembaca.