DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Daftar Makanan Pencegah Preeklampsia yang Wajib Dikonsumsi

Makanan pencegah preeklampsia haruslah dikonsumsi secara rutin dan dalam takaran yang tepat oleh para ibu hamil. Salah satu hal yang penting untuk dilakukan pada saat mengandung buah hati adalah memenuhi asupan nutrisi yang baik untuk kesehatan buah hati dan juga kesehatan sang ibu hingga proses melahirkan nantinya.

Preeklampsia sendiri merupakan kondisi tidak baik kehamilan yang dapat ditandai dengan naiknya tekanan darah dan tanda negatif lainnya.

Cobalah daftar Makanan Pencegah Preeklampsia

Saat mengandung buah hati, konsumsilah beberapa makanan berikut supaya terhindar preeklampsia dan tetap sehat baik ibu ataupun buah hati hingga terlahir ke dunia nanti:

  • Buah jeruk

Salah satu penyebab munculnya preeklampsia adalah karena kekurangan vitamin D sehingga mempengaruhi pembentukan, kesehatan dan kekuatan tulang buah hati dan organ lainnya. Cara mencegah preeklampsia salah satunya adalah mencukupi asupan vitamin D. Buah jeruk dapat dijadikan buah paling tepat untuk dikonsumsi karena selain mengandung vitamin C yang tinggi, buah jeruk juga memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi.

  • Kacang tanah

Selain buah jeruk, kacang tanah juga dapat dijadikan salah satu alternatif menu makanan untuk dikonsumsi selama kehamilan untuk memperoleh asupan vitamin D, protein dan nutrisi lainnya. Tentu saja, sebaiknya pengolahan kacang tanah dilakukan dengan tepat serta dengan takaran yang tepat pula.

  • Ikan salmon

Ikan salmon yang memiliki omega 3 serta DHA tinggi dan sudah banyak dikenal sangat baik untuk dikonsumsi ketika hamil ternyata juga dapat mencegah preeklampsia karena kandungan vitamin D-nya. Selain dapat terhindar dari preeklampsia, mengonsumsi ikan salmon juga dapat menutrisi otak buah hati dan memberikan dampak yang sangat positif terhadap tumbuh kembang bayi serta seluruh anggota tubuhnya.makanan pencegah preeklampsia makanan pencegah preeklampsia makanan pencegah preeklampsia makanan pencegah preeklampsia makanan pencegah preeklampsia makanan pencegah preeklampsia makanan pencegah preeklampsia makanan pencegah preeklampsia

Kedelai Pencegah Preeklampsia

Hampir sama dengan kacang tanah, kacang kedelai juga baik dikonsumsi pada saat kehamilan. Tak hanya mengandung protein nabati, kedelai juga mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi menyehatkan termasuk vitamin D. Kini telah banyak sekali tersedia olahan kacang kedelai yang dapat dinikmati seperti tempe, tahu dan masih banyak lagi. Tentu saja, pencegahan preeklampsia sejak dini dapat dengan mudah dilakukan dengan mengonsumsi kedelai.

  • Makanan berserat tinggi

Preeklampsia banyak menyebabkan kelahiran bayi premature atau terjadi kelainan lainnya. Salah satu langkah mudah untuk menghindari preeklampsia pada ibu hamil adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan, sayuran hijau, daging dan yang lainnya.

Yang perlu diperhatikan adalah cara pengolahan yang tepat serta takaran yang tepat pula. Sayuran akan jauh lebih menyehatkan jika pengolahannya dengan cara direbus atau dikukus dan tidak terlalu banyak mengandung minyak.

Selalu perhatikan makanan pencegah preklampsia yang telah dijelaskan di atas khususnya bagi yang sedang berencana untuk hamil dan sedang mengandung buah hati. Penuhi asupan janin dengan baik dan jangan sampai ibu serta buah hati mengalami kekurangan vitamin D atau nutrisi lainnya yang berdampak buruk bagi kesehatan.