Makanan Masa Nifas Yang Baik bagi Ibu

Proses persalinan merupakan proses yang membutuhkan banyak tenaga serta memberikan dampak secara fisik maupun non fisik. Dari masa kehamilan, ibu telah melalui masa – masa yang melelahkan yaitu harus membawa janin dalam perutnya selama 9 bulan, setelah itu pada masa persalinan setidaknya hampir seluruh otot tubuh berkontraksi saat masa persalinan normal.

Sama halnya dengan operasi caesar, bekas luka yang di hasilkan juga membuat kondisi ibu melemah. Nifas merupakan kurun waktu pemulihan wanita pasca melahirkan, biasanya berlangsung selama 40 hari. Untuk mempercepat masa pemulihan, ibu perlu mengonsumsi makanan masa nifas yang mengandung nutrisi penting.

Jenis makanan masa nifas yang sebaiknya di konsumsi oleh wanita pasca melahirkan yaitu:

  1. Minyak omega -3

Selain bagus unuk mengatasi kerontokan rambut pasca melahirkan/nifas, minyak omega-3 juga bagus untuk menangani masa depresi pasca melahirkan serta meningkatkan fungsi otak. Minyak omega -3 bisa anda dapatkan di ikan salmon, biji kacang kenari serta kacang makademia.

Makanan Masa Nifas 2

  1. Susu

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu dapat membuat ibu mendapatkan kebugaran serta kesehatan tubuhnya, tentunya di barengi dengan olahraga ringan seperti berjalan santai di lingkungan kompleks.

  1. Protein

Semua jenis makanan yang mengandung protein seperti ikan, daging, kacang – kacangan sangat bermanfaat bagi perkembangan otak serta memberikan ketenangan pada otak. Konsumsi protein yang cukup dapat membuat pergantian sel – sel yang rusak selama masa persalinan dengan sel baru menjadi lebih cepat, sehingga kondisi anda akan cepat kembali normal.

  1. Dark chocolate

Jika anda di anjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula, maka coklat menjadi pilihan yang sangat tepat. Karena selain mengandung gula, coklat juga mengandung cocoa yang sangat baik untuk mengatasi mood swing. Perubahan hormon yang terjadi pada ibu pasca melahirkan biasanya akan menimbulkan mood swing, sebagai mood booster konsumsilah coklat. Ketika mood anda baik, maka kondisi badan anda juga akan ikut baik.

  1. Air putih

Kurang minum air putih dapat menyebabkan anda dehidrasi. Dehidrasi membuat tubuh anda menjadi lemas. Usahakan konsumsi air putih 8 gelas perhari agar anda tidak kehilangan tenaga untuk merawat buah hati anda.

Makanan Masa Nifas 2

  1. Sayuran hijau

Sayuran yang mengandung anti oksidan seperti buncis, bayam dan sayuran hijau lainnya dapat membuat tubuh anda lebih sehat.

  1. Buah – buahan

Buah yang mengandung vitamin C merupakan buah yang dianjurkan dikonsumsi selama masa nifas, karena wanita yang baru melahirkan membutuhkan vitamin c lebih banyak dari wanita hamil.

  1. Suplemen omega -3

Jika anda tidak terlalu menyukai makanan laut atau takut tercemar merkuri dari makanan laut, anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung omega-3.

Sekian tips memilih makanan masa nifas yang baik bagi ibu, semoga cepat pulih mom!