Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Makanan Agar Cepat Hamil dan Masa Subur

Memiliki momongan sudah menjadi keinginan bagi setiap pasangan suami istri. Namun ada beberapa pasangan yang tidak segera bisa memiliki momongan dan bahkan juga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa memiliki momongan. Jika pasangan sudah menikah ingin segera memiliki momongan, maka ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan.

Hal-hal yang sudah seharusnya diperhatikan ini berkaitan dengan pola hidup termasuk juga makanan agar cepat hamil dan hubungan seks yang dilakukan tepat pada waktunya. Banyak pasangan yang memang kurang mengerti atau tidak memiliki informasi yang cukup mengenai hal ini. Berikut ini akan diulas beberapa hal yang sekiranya bisa dijadikan acuan untuk bisa memiliki momongan dalam waktu dekat.makanan sehat untuk ibu hamil source abouthealthyfoodguide blogspotcom

Memilih Aneka Makanan agar Cepat Hamil

Makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu hal penting yang tidak bisa diabaikan. Terdapat begitu banyak jenis makanan yang ada dan bisa dikonsumsi. Namun untuk pasangan yang ingin secepatnya memiliki keturunan, ada beberapa elemen penting di dalam makanan yang sebaiknya dikonsumsi.

Ada begitu banyak informasi mengenai gizi dan nutrisi yang penting namun pada dasarnya yang harus diingat adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, lemak sehat dan bahkan juga satu mangkuk es krim yang sesekali bisa dikonsumsi.

  • Gandum utuh atau whole grains yang mengandung serat tinggi dan Omega 3 merupakan pilihan makanan sehat yang dianjurkan untuk bisa membantu meningkatkan kesuburan.
  • Makanan yang mengandung Omega 3, Omega 6 dan juga Omega 9 sangat baik untuk dikonsumsi. Ikan menjadi salah satu sumber Omega namun karena adanya kandungan mercury yang berbahaya, ada baiknya untuk membatasi ikan yang dikonsumsi.
  • Ikan salmon, ikan lele dan udang direkomendasikan karena kandungan mercury sangat sedikit atau tidak ada sama sekali. Cara lainnya untuk mendapatkan asupan Omega adalah dengan mengkonsumsi supplemen.
  • Untuk Omega 3, walnut, biji rami dan gandum utuh adalah sumber yang baik.
  • Makanan yang mengandung zat besi penting untuk meningkatkan kesuburan dan juga dibutuhkan saat sedang mengandung karena meningkatnya kadar darah. Sumber zat besi antara lain adalah daging, asparagus dan kacang-kacangan juga biji-bijian.
  • Aneka sayuran dan buah-buahan berwarna pelangi dianjurkan untuk dikonsumsi. Setiap warna dari buah dan sayuran memiliki manfaat tersendiri yang membantu kesehatan dan juga kesuburan. Makanlah setidak-tidaknya dua gelas buah-buahan dan tiga gelas sayuran aneka warna setiap hari.
  • Minumlah lebih banyak air segar dan kurangi konsumsi minuman seperti minuman bersoda ataupun minuman berkafein seperti kopi dan teh. Minuman berlkohol juga sudah seharusnya dihindari. Meminum jus atau sari buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi alami juga bisa dilakukan.

Mengukur Masa Subur Wanita

Ini merupakan satu hal yang penting untuk dilakukan agar bisa mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan hubungan badan. Bagaimana cara mengukur masa subur dengan baik dan benar? Mengukur masa subur bisa dilakukan melalui beberapa cara mulai dari yang tradisional hingga yang modern. Masing-masing cara memiliki keunggulan tersendiri dan harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Cara pertama yang paling mudah dilakukan adalah dengan menghitung siklus bulanan menggunakan KB kalender.menghitung masa subur source bunda co

Penggunaan KB kalender akan mudah dan aman apabila siklus haid wanita teratur. Caranya adalah dengan menambahkan angka 12 ke tanggal pertama menstruasi. Contohnya adalah hari pertama menstruasi adalah pada tanggal 9. Maka, masa subur wanita adalah 9 + 12 = 21 atau dengan kata lain, masa suburnya adalah dari tanggal 21 hingga tanggal 25. Metode penghitungan kalender cocok hanya untuk wanita dengan siklus bulanan yang teratur. Lalu bagaimana dengan mereka yang siklus bulanannya tidak teratur?

Untuk wanita yang siklus bulanannya tidak teratur, ada beberapa cara lainnya seperti memeriksa mukus atau getah lender dalam serviks atau mulut rahim. Cara ini bisa dilakukan oleh setiap wanita namun akan membutuhkan wktu untuk terbiasa. Ada baiknya untuk memeriksakan mukus langsung di laboratorium agar hasilnya benar-benar pasti. Satu lagi cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan alat tes masa kesuburan yang tersedia di apotek terdekat. Cara yang satu ini terbilang masih baru dan banyak yang masih belum familiar namun patut untuk dicoba juga.