Makanan 4 Sehat 5 Sempurna, Jenis & Manfaatnya

Makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan komposisi makanan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Namun, mungkin masih banyak yang kurang mengetahui mengenai komposisi makanan sehat ini. Untuk itu, simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Yang termasuk makanan 4 sehat 5 sempurna

4 sehat 5 sempurna adalah komposisi makanan sehat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Manfaat makanan 4 sehat 5 sempurna adalah untuk melengkapi zat-zat yang dibutuhkan tubuh dalam bentuk asupan makanan. Lalu apa saja isi dari makanan 4 sehat 5 sempurna?

  1. Makanan pokok sehat

Makanan pokok adalah makanan yang mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan tenaga. Karbohidrat adalah sumber energi terbaik bagi tubuh karena akan dicerna menjadi gula, lalu kemudian diubah menjadi energi untuk melakukan segala kegiatan sehari-hari. Beberapa jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat antara lain:

  • Nasi
  • Gandum
  • Umbi-umbian
  • Sagu
  • Jagung
  • Tepung
  • Kentang

Makanan 4 sehat 5 sempurna contoh gambar

Makanan 4 sehat 5 sempurna contoh gambar

  1. Lauk pauk sehat

Lauk pauk merupakan salah satu jenis makanan pendamping dari makanan pokok yang harus memenuhi nutrisi untuk kesehatan tubuh. Kandungan utama dari lauk pauk ini adalah protein. Protein dapat diperoleh dari hewan maupun tumbuh-tumbuhan.

Protein dari hewan disebut protein hewani, sedangkan protein dari tumbuhan disebut protein nabati. Manfaat dari protein itu sendiri adalah untuk membentuk sistem kekebalan tubuh serta menstabilkan kerja hormon di dalam tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung protein antara lain daging (seperti ayam, sapi, ikan, bebek, dan kambing) dan telur. Sedangkan untuk protein dari tanaman, biasanya makanan berupa kacang-kacangan mengandung protein yang baik. Makanan olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe juga mengandung protein yang baik.

  1. Sayuran sehat

Jenis makanan ketiga sehat adalah sayuran. Sayuran biasanya mengandung banyak mineral dan serat yang dibutuhkan untuk memperlancar sistem dan metabolisme di dalam tubuh. Serat dapat memperlancar sistem pencernaan.

Sedangkan mineral merupakan zat-zat yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi, antioksidan, dan mineral lainnya. Mineral yang baik bisa membantu mencegah penyakit dan memperkaya asam amino. Beberapa jenis sayuran sehat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah sawi, wortel, bayam, kangkung, kol, brokoli, kacang panjang, kubis, dan masih banyak lagi.

  1. Buah-buahan sehat

Jenis makanan keempat yang perlu dikonsumsi adalah buah-buahan. Buah merupakan jenis makanan yang mengandung mineral dan serat.

Sama seperti sayur, buah-buahan juga berfungsi untuk memperlancar sistem dan metabolisme di dalam tubuh. Buah-buahan juga mengandung berbagai vitamin yang dapat membantu menyehatkan tubuh.

Buah dibagi menjadi 4 jenis berdasarkan warnanya, antara lain:

  • Hijau – yang mengandung vitamin C, folat, kalsium, dan beta karoten.
  • Kuning – yang mengandung kalium serta vitamin C.
  • Ungu – yang mengandung magnesium
  • Merah – yang mengandung hesperidin dan ellagic

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

  1. Susu

Susu merupakan jenis makanan penyempurna yang kelima. Susu bisa berasal dari hewan dan juga bisa berasal dari tumbuhan. Fungsi dari susu adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, karena susu mengandung banyak sekali kalsium. Beberapa jenis susu yang bisa dikonsumsi adalah susu sapi, susu kedelai, susu kambing, dan juga susu almond.

Itulah beberapa makanan 4 sehat 5 sempurna beserta manfaatnya yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang baik khususnya bagi pemenuhan kebutuhan gizi serta nutrisi demi menjaga kesehatan tubuh.