DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Makam Nabi Muhammad, Fakta Unik dan Menarik

Setiap orang punya cita-cita untuk mengunjungi suatu tempat. Begitu pun dengan sejumlah umat muslim yang berkeinginan menunaikan ibadah haji dan mengunjungi kota-kota suci, di antaranya Mekkah dan Madinah. Mengunjungi makam nabi Muhammad Rasulullah seakan menjadi suatu hal yang harus dilakukan apabila mengunjungi kota Madinah. Berziarah ke makam nabi merupakan perjalanan spiritual yang luar biasa berkesan.

Makam Rasulullah SAW terletak di dalam masjid Nabawi, di bawah naungan kubah hijau. Tak pernah sepi hadir di makam Rasulullah SAW. Setiap hari pasti ada saja yang berkunjung ke makam nabi rahtaman alam semesta tersebut.

Tak heran, Rasulullah SAW merupakan junjungan manusia. Rasulullah SAW lahir di Mekkah pada 12 Rabbiul Awal tahun Gajah. Ibunda Rasulullah SAW bernama Aminah dan ayahandanya bernama Abdullah. Rasulullah SAW sudah ditinggal sang ayah sejak ia masih di dalam kandungan. Tak lama, ketika masih kanak-kanak pun sang ibu pegi menghadap ilahi. Sifat-sifat nabi pun patutuntuk diteladani yaitu sidiq, fathanah, amanah, dan tabligh.

Berkunjung ke makam Rasulullah seakan sebagai bentuk upaya mengobati rindu bagi para umat Islam yang mungkin tidak bisa bertemu Rasulullah sepanjang kehidupan karena berbeda zaman. Selalu ramai orang-orang berdoa di makam Rasulullah SAW.

Ruangan Makam Nabi Muhammad saw

Ada empat pintu masuk yang disediakan untuk masuk ke makam Rasulullah SAW. Pertama pintu At Taubah di kiblat, pintu At Tahajud di utara, pintu Ar Raudah di barat,dan pintu Fathimah di timur. Pengunjung makam Rasulullah pun tidak pernah sepi setiap harinya. Sebab setiap hari pasti ada sejumlah umat muslim yang menunaikan ibadah umrah, terlebih di musim-musim haji, kunjungan ke makam Rasulullah semakin banyak.Makam Rasulullah SAW merupakan salah satu harta yang paling berharga bagi umat muslim. Makam itu pun dijaga oleh “juru kunci”.makam nabi muhammad makam nabi muhammad makam nabi muhammad makam nabi muhammad

Ada sejumlah kisah dalam sejarah yang mewarnai keberadaan makam Rasulullah. Mulai dari upaya pencurian, penggalian makam, hingga isu pembongkaran. Beberapa tahun lalu pun isu pembongkaran makam nabi SAW oleh pemerintah Arab Saudi pun sempat menggemparkan media.

Umat Islam pun bereaksi dengan adanya kabar tersebut. Sejarah-sejarah lalu pun menceritakan, beberapa upaya orang-orang yang berusaha membongkar makam Rasulullah SAW pun mendapat teguran dari Allah melalui alam semesta, ada juga yang ditangkap. Sungguh makam itu pun rupanya turut dijaga oleh semesta.

Selain makam Rasulullah SAW. Di kompleks pemakaman tersebut pun terdapat makam dua sahabat nabi SAW. Mereka adalah Abu Bakar Ash Shidiq dan Umar bin Khattab RA.

Setiap orang yang diberikan kesempatan untuk mengunjungi makam Rasulullah SAW pun meneteskan air mata. Terharu dengan kesempatan dan nikmat yang Allah berikan untuk mengunjungi makam Rasulullah. Suasana di makam pun begitu teduh menambah kekhusyukan.