Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Merk Pelembab dan Kosmetik Untuk Ibu Hamil yang Aman

Anda termasuk wanita yang suka mengenakan kosmetik? Perubahan hormon saat hamil tak jarang menimbulkan masalah kulit sehingga saat hamil Anda juga harus lebih cermat memilih kosmetik.

Permasalahan kulit kering, kulit berminyak, bercak di sekitar leher dan juga jerawat menjadi masalah kulit yang sering dialami ibu hamil. Ada mitos menyatakan bahwa ibu hamil yang mengandung anak laki laki jadi males dandan.

Oleh karena itu kosmetik untuk ibu hamil juga tidak boleh sembarangan, ibu perlu memilih kosmetik yang  aman agar tidak membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Memilih Kosmetik Yang Aman Untuk Ibu Hamil:

Identifikasi permasalahan Anda untuk menentukan jenis kosmetik apa yang Anda butuhkan, tidak perlu menggunakan kosmetik yang berlebihan guna mengurangi resiko buruk penggunaan kosmetik terhadap janin Anda.

Memilih kandungan kosmetik yang aman, gunakan kosmetik dengan bahan alami. Anda bisa membaca kandungan bahan kosmetik yang tertera di keterangan produk. Pastikan kosmetik tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri,vitamin A yang tinggi pada anti-aging, Asam retinoat pada obat jerawat, Partikel ultrafine, Ftalat dan Paraben.

Sesuaikan dengan jenis kulit. Ibu yang sudah mengetahui alerginya pada produk dengan kandungan tertentu harus lebih berhati-hati untuk memilih produk, karena alergi terhadap produk kosmetik tidak hanya mempengaruhi kesehatan ibu namun juga pada pertumbuhan janin. Jika perlu ibu dapat memeriksakan jenis alergi.

Hindari kosmetik yang dapat menimbulkan alergi. Sebelum membeli produk kosmetik, ibu dapat mencobanya dulu dengan mengoleskan produk pada punggung tangan, jika terasa gatal/ pedih berarti ibu harus mencari produk lain.

kosmetik untuk ibu hamil source bbc co uktips memilih pakaian saat hamil

Tips Memilih Baju Hamil (Formal / Kasual)

Kosmetik Untuk Ibu Hamil Berdasarkan Masalah Kulit

Pengunaan  bahan alami lebih dianjurkan sebagai kosmetik aman ibu hamil. Saat hamil ibu mengalami permasalahan kulit yang tidak jarang mengganggu. Perubahan hormon saat hamil menimbulkan permasalahan kulit seperti:

  1. Kulit Berjerawat

pilihlah bahan alami, pilih pelembab yang tidak mengandung minyak dan bahan pewangi. Gunakan juga obat jerawat yang dioleskan (topical berdasarkan anjuran dan resep dokter). Yang juga menjadi perawatan penting adalah untuk selalu cuci muka minimal 3 kali sehari. Pastikan kosmetik atau obat jerawat yang digunakan tidak mengandung Retin A atau tetrasilikin, karena dapat menimbulkan efek buruk bagi janin.

  1. Kulit Kering

Kulit kering saat kehamilan disebabkan karena peregangan yang terjadi selama kehamilan, ibu hamil biasanya juga akan merasakan gatal pada kulit bagian tertentu. Untuk mengatasi kulit kering saat terpapar sinar matahari langsung atau ketika berada dalam ruangan ber-AC, maka dapat menggunakan krim tabir surya dengan kadar SPF yang sesuai dengan aktivitas (SPF 15 atau lebih).

Jika kulit sangat merasa kering dan gatal maka ibu hamil harus menanganinya dengan cermat, pertama cucilah kulit dengan sabun bayi atau sabun yang mengandung pelembab alami, kemudian oleskan krim pelembab yang mengandung vitamin E ataupun minyak zaitun.

  1. Kulit Rambut Berminyak Dan Rambut Rontok

Permasalahan rambut rontok dan kulit rambut juga menjadi masalah tersendiri, perawatan rambut juga harus diperhatikan sebagai penggunaan kosmetik untuk ibu hamil.

Perawatan rambut yang aman harus dilakukan, cucilah rambut dengan sampo herbal yang dapat digunakan setiap hari, kandungannya yang lembut dan tidak berbahaya akan aman bagi ibu dan janin.

Hindari senyawa Methylisothiazolinone (MIT) yang biasanya terkandung pada sampo, karena dalam kadar yang tinggi senyawa tersebut dapat mengganggu pertumbuhan janin.

Cara Memakai EyeLiner Sesuai Bentuk Mata

Tips lain yang tidak kalah penting dan patut dicoba untuk merawat kulit ibu saat hamil adalah dengan minum air putih yang cukup, serta sempatkan diri untuk berjemur  di bawah sinar matahari pagi untuk mengaktifkan sel-sel kulit Anda. Dengan begitu  akan lebih meminimalisir munculnya permasalahan  kulit yang muncul saat masa kehamilan.

Tips dan Cara Menggunakan Eyeshadow

Pelembap

Tinted moisturizer adalah produk alas bedak sekaligus pelembap. Teksturnya ringan dan kurang bertahan lama di wajah namun cukup aman untuk ibu hamil. Situs Total Beauty memberi rekomendasi merk Juice Beauty SPF 30 Tinted Moisturizer, karena selain melembapkan juga melindungi dari bahaya UV. Gunakan tipis saja, bantu dengan pemakaian topi lebar dan sunglasses agar Mama tidak terlalu bergantung pada produk.

Tabir Surya

Pilih yang memiliki kandungan zink oksida (zinc oxyde) dan titanium yang tidak menembus kulit, namun dapat menyaring sinar ultraviolet. Merk Badger Sunblock for Face and Body bisa jadi pilihan karena komposisinya dari bahan natural dan teksturnya juga ringan bila dibandingkan dengan produk sejenisnya.

Pelembap & Pemulas Bibir. Situs Smart Mommy Healthy Baby menyarankan produk Burt’s Bee. Merk ini menyediakan produk bibir, seperti lip balm, lip shimmer, dan lip gloss. Semua kosmetik bibir Burt’s Bee adalah natural, juga tidak mengandung paraben, petrochemical, atau bahan sintetik lainnya.

Bedak. Merk Pürminerals seperti yang direkomendasikan situs Smart Parenting dapat jadi pilihan karena produk-produknya bebas paraben, SLS, lanolin, mineral oil, petrolatum, DEA, formaldehyde, dan hydroquinone.

Anti-stretch Mark. Biasanya muncul pada usia kehamilan 4-5 bulan. Pilih produk yang mengandung alpha hydroxy acid atau AHA yang fungsinya sama dengan kebanyakan exfoliant, yaitu melenyapkan kulit yang mati dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru.