DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Keutamaan Surat Ar Rahman

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? Ayat tersebut berkali-kali disebutkan dan ditanyakan dalam surat Ar Rahman. Ar Rahman merupakan surat urutan ke-55 dalam mashuf Al Quran.

Surat ini merupakan surat yang paling banyak digemari untuk dibaca karena kandungan maknanya yang menyentuh hati dan rima ayat-ayatnya yang mengalun indah. Dalam Ar Rahman manusia berkali-kali ditanya mengenai nikmat Tuhan yang mana kah yang masih manusia dustakan?

Sedangkan begitu banyak nikmat yang sudah Tuhan berikan, sebagaimana disebutkan dalam Ar Rahman, seperti nikmat adanya balasan surga yang di dalamnya terdapat buah-buahan, mengalir sungai-sungai yang airnya bisa diminum, bidadari-bidadari surga, buah-buahan, dan minuman dan makanan yang baik di surga, atau pun mutiara di lautan. Nikmat itu dikaruniakan Allah kepada manusia, khususnya surga dikaruniakan bagi orang-orang yang taat kepada Tuhannya.

Karena keindahannya pula, Surat Ar Rahman pun sering kali dijadikan mahar dalam pernikahan. Surat Ar Rahman menjelaskan bagaiamana sifat Ar Rahman Allah Aza wa Jalla melalui nikmat-nikmat yang berlimpah yang Allah berikan kepada manusia.

Bahkan, dalam suatu kisah, Abdullah bin Umar RA berkata, Rasulullah SAW membacakan surat Ar Rahman kepadanya. Setelah selesai Nabi SAW bertanya, “Mengapa aku mendengar jawaban jin atas pertanyaan Rabb-ya lebih baik daripada kalian?”.

Para sahabat itu pun bertanya, jawaban apa yang disampaikan jin ketika mendengar bacaan surat Ar Rahman. Nabi SAW menjawab, “Mereka berkata ‘Kami tidak mendustakan apapun dari kenikmatan yang Engkau berikan’,”

Di balik itu semua, banyak sekali keutamaan surat Ar Rahman yang perlu diketahui seorang hamba.

Keutamaan Surat Ar Rahman

Surat Ar Rahman membantu manusia memperbanyak memuji Allah, mengingat Allah akan sifat pengasihnya tersebut. Hal tersebut semakin menguatkan manusia agar menjadi pribadi yang bersyukur dan tidak kufur nikmat.

Sering membaca surat Ar Rahman dan memaknai maknanya menjadikan rizki manusia bertambah lapang, sebab manusia diajak berkali-kali untuk bersyukur. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?keutamaan surat ar rahman keutamaan surat ar rahman keutamaan surat ar rahman

keutamaan surat ar rahman keutamaan surat ar rahman keutamaan surat ar rahman

Keutamaan membaca surat Ar Rahman juga membuat hati manusia luluh dan tidak keras. Sebab surat Ar Rahman menjadikan manusia ebrpikir bahwa nikmat Tuhan, rizki yang Tuhan berikan selalu ada, bertebaran di muka bumi, dan semua yang hidup di dunia ini pasti sudah di atur rejekinya. Dengan hati yang mampu menerima itulah hidayah Tuhan dengan mudahnya masuk ke sanubari manusia sehingga manusia menjadi lebih baik lagi.

Maha benar Allah dengan segala firmannya.Surat-surat di dalam Al Quran begitu banyak menyimpan fadhilah, salah satunya surat Ar Rahman. Membaca Al Quran merupakan hal yang harus dilakukan setiap muslim. Membaca dan paham makna Al Quran merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim.