Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Keutamaan Surat Al Waqiah

Setiap surat dalam Al Quran memiliki asababun nuzul, begitu juga dengan surat Al Waqiah. Surat Al Waqiah merupakan surat ke 56 dalam urutan surat-surat di Al Quran.

Perisitiwa yang melatarbelakangi turunnya surat Al Waqiah antara lain, dalam suatu kisah diriwayatkan oleh Ahmad, Ibnu Munzir, dan Ibnu Abi Hatim dikemukakan ketika turunnya ayat ini (Al Waqiah ayat 11-14) kaum muslimin merasa tidak gembira.

Maka, turunlah ayat berikutnya (Al Waqiah 39-40) yang menceritakan sejak zaman kemunculan Isalm hingga di akhirat nanti kaum muslimin banyak yang menjadi ahli surga.

Dalam riwayat lain diceritakan, ketika Rasulullah memberi izin kepada orang-orang Taif untuk menguasai lembah yang indah dan bersarang madu, mereka mendengar bahwa surga serba indah. Mereka pun berkeinginan memiliki lembah di surga seperti apa yang mereka miliki sekarang.

Maka turunlah Surat Al Waqiah ayat 27-29 tentang kehidupan di surga Naim yang disediakan untuk golongan kanan. Kisah ini sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dan Urwah bin Rawaim.keutamaan surat al waqiah 2 keutamaan surat al waqiah 2 keutamaan surat al waqiah 2 keutamaan surat al waqiah 2

Keutamaan Surat Al Waqiah dikenal memiliki sejumlah manfaat terhadap Umat Muslim

Surat Al Waqiah sebagai pemudah rizki

Berbicara tentang rizki, manusia hanya bisa berusaha dan lagi-lagi Allah SWT yang menentukan. Keyakinan manusia diperlukan dalam berikhtiar meminta kepada-Nya.membaca surat Al Waqiah secara istiqamah, sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW, mampu membawa seseorang kepada kemudahan rizki. Sebab Tuhan memberikan kemudahan dan ketentraman manusia dalam menjalani hidup.

Surat Al Waqiah sebagai penolak kefakiran hidup

Membaca dan mengamalkan surat Al Waqiah dengan segenap iman akan menghantarkan manusia pada hal-hal baik, misalnya fakir dari nikmat Allah. Pernah diketahui sebuah riwayat, dari Abu Ubaid: Abdullah bin Masud RA berkata, saya mendengar Rasulullah SAW bersabda barang siapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, ia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya,’.

Surat Al Waqiah mengingatkan manusia kepada hari akhir

Sebagaimana maknanya, surat Al Waqiah menceritakan peringatan tentang hari akhir. Manusia diajak untuk mengingat Allah SWT dan meyakini bahwa akan ada hari pembalasan.

Surat AL Waqiah mengingatkan manusia untuk beramal saleh

Surat Al Waqiah mengingatkan orang-orang golongan kanan yang akan berbahagia saat hari akhir tiba. Orang-orang mukmin kemudian akan mendapatkan surga-surga yang dijanjikan Allah SWT. Orang-orang yang masuk surga kemudian dijelaskan adalah sebagian besar mereka orang-orang terdahulu dan sebagian kecil mereka orang-orang yang hidup di zaman terakhir.

Maha benar Allah yang Maha Agung. Begitu banyak keutamaan yang ada dalam AL Quran, terutama surat-surat tertentu yang senantiasa diamalkan dengan istiqamah dan keyakinan hanya kepada Allah SWT. Semoga kita yang mengamalkan surat Al Waqiah senantiasa diberikan kekuatan untuk istiqamah dan mendapatkan keridhaan-Nya.