>>> >> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < << <<<

Keutamaan Surat Al Ikhlas Jika Sering Dibaca dan Diamalkan

Membaca Al Quran merupakan suatu keharusan bagi umat muslim. Selain menambah pahal, Al Quran merupakan sumber pengetahuan. Ajaran-ajaran Al Quran begitu mendasar, misalnya saja tentang penciptaan bumi dan tentang siapa yang menciptakan bumi.

Dalam Al Quran, Tuhan berfirman dan menjelaskan bahwa Dia-lah Allah yang Maha Esa. Semua itu termaktub dalam firman Allah surat Al Ikhlas. Al Ikhlas merupakan salah satu surat dalam Quran yang memiliki banyak keutamaan. Keutamaan Surat Al Ikhlas yang berbagai macam mampu menghantarkan seorang hamba lebih dekat dengan Tuhannya.

Berikut ini keutamaan membaca surat Al Ikhlas dan berbagai hkmah yang bisa kita peroleh:

Manfaat dan Keutamaan Surat Al Ikhlas

Surat urutan ke-112 berjumlah empat ayat ini memiliki sejumlah keutamaan. Surat yang tergolong dalam surat Makiyyah ini jika diamalkan membawa pembacanya dalam kebaikan. Salah satu hadits riwayat Ahmad, menyebutkan: “Barang siapa yang membaca Qul Huwallahu Ahad sepuluh kali, Allah akan bangunkan rumah di surga.

Al Ikhlas juga disebutkan sebagai sepertiga Al Quran. Oleh sebab itu, jika seseorang membacanya tiga kali maka nilainya sama dengan mengkhatamkan Al Quran. Hal pernah diriwayatkan dalam suatu kisah, di mana Rasulullah pernah memberi tantangan kepada para sahabat untuk mengkhatamkan Quran dalam satu malam. Tidak ada sahabat yang berani. Saat itu Ali bin Abi Thalib yang usianya masih muda menyanggupi tantangan tersebut, ia pun membaca surat Al Ikhlas sebanyak tiga kali, dan Rasulullah SAW membenarkan apa yang dilakukan Ali.keutamaan surat al ikhlas fadhilah surat al ikhlas manfaat surat al ikhlas keutamaan surat al ikhlas keutamaan surat al ikhlas fadhilah surat al ikhlas manfaat surat al ikhlas keutamaan surat al ikhlas keutamaan surat al ikhlas fadhilah surat al ikhlas manfaat surat al ikhlas keutamaan surat al ikhlas

Keajaiban lain surat Al Ikhlas adalah membuat seorang hamba yang membaca surat ini semakin dicintai Allah. Dalam sebuah kisah diriwayatkan, Aisyah RA, beliau mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah mengutus seseorang kepada seorang budak.

Dalam solatnya bersama-sama sahabatnya budak tersebut sering mengakhiri bacaan suratnya dengan surat AL Ikhlas. Kemudian orang yang diutus Rasul pun menceritakan hal ini kepada Rasululullah.

Rasul pun meminta orang tersebut untuk menanyakan kepada budak, mengapa budak tersebut melakukan hal itu. Si budak pun menjawab, karena surat Al Ikhlas berisi sifat Ar Rahman, itulah alasan mengapa budak tersebut sangat suka membaca surat tersebut.

Ar Rahman kita ketahui sebagai sifat Allah yang Maha Pengasih. Rasul kemudian mengatakan, “Kabarkan padanya bahwa Allah mencintainya,” HR Bukhari no. 7375 dan Muslim no. 813.

“Katakanlah (Muhammad), ‘Dialah Allah yang Maha Esa’.  Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu pun yang setara denganDia.”

Surat ini benar-benar mengajarkan keesaan dan sebagai sumber ilmu bagi manusia untuk menolak segala bentuk menyekutukan Allah.

Masya Allah. Begitu banyak keutamaan dalam surat  Al Ikhlas ini. Setelah lebih mengetahui, mari kita tingkatkan amalan terntang surat Al Ikhlas.