Kemuliaan dan Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi

Al Quranul karim memberikan hikmah kepada siapapun yang membacanya. Amalan-amalan ketika membaca Al Quran ternyata membawa seorang hamba kepada kebaikan ketika hari akhir datang. Di anataranya, untuk memperoleh itu semua, seorang hamba dianjurkan untuk istiqamah melakukan amalan-amalan baik, misal membaca surat Al Kahfi.

Surat Al Kahfi merupakan surat ke-18 dalam Al Quran. Surat ini diriwayatkan menghantarkan manusia kepada beberapa keutamaan. Nama surat ini diambil dari isinya yang menceritakan tentang para pemuda penghuni goa dan seekor anjing.

Kahf atau goa merupakan tempat berlindung para pemuda tersebut ketika dikejar oleh seorang raja zalim yang menyuruh mereka untuk ingkar kepada Allah. Apa saja keutamaan membaca surat Al Kahfi yang bisa kita peroleh? Berikut beberapa kemuliaan yang dapat seorang hamba peroleh ketika mengamalkan dan membaca surat Al Kahfi.keutamaan surat al kahfi keutamaan surat al kahfi keutamaan surat al kahfi keutamaan surat al kahfi keutamaan surat al kahfi

Keutamaan Surat Al Kahfi membuat seseorang terhindar dari fitnah dajjal

Sebuah riwayat pernah disampaikan, “Siapa yang berada di zaman dajjal, hendaknya membaca ayat-ayat pertama di surat AL Kahfi,” (HR Muslim). Ada juga yang menyebutkan, “Barang siapa yang menghafal sepuluh ayat dari permulaan surat Al Kahfi maka ia dilindungi dari dajjal,” Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Darda.

Oleh sebab itu penting bagi kseorang hamba untuk berlindung kepada Allah SWt dari kesesatan dan malapetaka yang bisa hadir karena dajjal.

Membaca Surat Al Kahfi salah satu sebab turunnya malaikat

Hal ini pernah diriwayatkan dalam sebuah kisah, suatu waktu seorang laki-laki membaca surat Al Kahfi. Saat itu, di smaping laki-laki itu terdapat seekor kuda yang ditambatkan dengan sebuahtali yang panjang. Lalu ada awan yang menaunginya, lalu makin lama awan itu pun semakin mendekat dan kudanya pun lari. Laki-laki tersebut pun menceritakan hal itu kepada nabi SAW. Rasulullah pun berkata, “Itu adalah malaikat yang turun karena adanya bacaan Al Quran,” (HR Muslim).

Menenangkan Kalbu dan diliputi cahaya

Abu Said Al Khudri RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, “siapa yang membaca surat AL Kahfi sebagaimana ayat itu diturunkan, maka pada hari kiamat surat itu akan menjadi cahaya yang menuntunnya dari tempat tinggalnya menuju Mekkah. Dan siapa yang membaca sepuluh ayat terakhir dari surat tersebut maka ia tidak akan dikuasai oleh Dajjal pada saat dajjal itu keluar,” hadits riwayat Hakim.keutamaan surat Al Kahfi ayat 1-10

Membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat juga membawa keutamaan tersendiri. Dari Abu Said Al Khudri RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh dirinya dan Baitul ‘atiq.

Selain itu, kisah lain yang juga diriwayatkan oleh Abu Said AL Kudri RA, “Barang siapa membaca Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jumat,”