Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Kesehatan Ibu Hamil : Tips Jitu

Kesehatan ibu hamil menjadi sangat penting untuk dijaga. Pasalnya, ibu hamil juga turut membawa anaknya kemanapun ia pergi. Sehingga apapun yang terjadi kepada sang ibu, akan dirasakan pula oleh sang anak. Sering kita mendengar berita mengenai anak yang lahir cacat atau kurang sempurna. Hal ini sebenarnya bisa jadi diakibatkan karena kelalaian sang ibu ketika masih hamil.

Bisa jadi ibu tidak menjaga kesehatannya sehingga berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya. Untuk menghindari hal tersebut, ada berbagai macam tips yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatannya. Khusus anda ibu hamil, silahkan simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui tips jitu menjaga kesehatan ketika sedang mengandung.

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ketika hamil, memang banyak sekali perubahan yang terjadi pada fisik wanita. Salah satunya adalah wajah yang timbul flek-flek berwarna gelap atau bintik coklat. hal tersebut disebabkan karena terjadinya perubahan hormon yang kemudian merangsang munculnya pigmentasi pada wajah serta leher. Tetapi hal tersebut diatasi dengan menggunakan krim penghilang flek hitam.

Menjaga kesehatan ibu hamil juga termasuk ke dalam menjaga kebersihan. Ibu hamil wajib mandi dengan teratur untuk menjaga kebersihan kulitnya. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan agar kuman yang biasanya masuk dari ujung kuku bisa hilang. Keadaan sekitar juga penting untuk diperhatikan, karena jika kurang bersih bisa mengundang bakteri serta virus.Kesehatan Ibu Hamil

Kesehatan Ibu Hamil

Tubuh ibu hamil juga turut mengalami perubahan. Biasanya ketika hamil wanita akan mudah merasa lelah. Ini disebabkan karena beban yang harus dibawa kemana-mana setiap harinya. Karena itu perjuangan seorang ibu ketika sedang hamil begitu besar. Meskipun tidak diperbolehkan untuk melakukan hal-hal yang berat, tetapi ibu hamil tetap dianjurkan untuk melakukan olahraga. Salah satu olahraga yang dianjurkan adalah yoga. Biasanya banyak perkumpulan ibu hamil yang melakukan senam yoga atau sekedar relaksasi. Olahraga dengan sekedar berjalan-jalan saja di pagi hari juga dianjurkan untuk dilakukan. Mungkin bisa dilakukan sambil ditemani dengan suami atau teman.

Olahraga dilakukan dengan tujuan agar otot dasar panggul tetap kuat. Selain itu juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya lebih sehat dan juga memperlancar sistem peredaran darah. Manfaat berolahraga tidak hanya itu saja, ibu hamil juga bisa melatih pernafasan. Menjaga kesehatan ibu hamil juga berarti dengan tetap tenang hingga waktu lahir tiba. Karena itu anda tidak perlu khawatir dan tegang. Justru anda harus tetap tenang dan rileks hingga saatnya tiba nanti. Jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan tetap berkonsultasi dengan dokter anda hingga waktu melahirkan tiba nanti. Kesehatan ibu hamil yang dijaga akan memberikan dampak positif untuk sang bayi.