DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Tips Memilih Keramik Dinding Teras Minimalis

Keramik dinding teras saat ini cukup sering dijadikan bahan pelingkup atau dekorasi muka bangunan bagian luar alias eksterior. Hal ini dikarenakan rumah akan lebih terlihat lebih menarik serta megah. Selain itu keramik juga lebih mudah dibersihkan. Namun tentu pengaplikasiannya tidak boleh sembarangan. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa tips memilih keramik desain dinding teras minimalis.

Tips memilih keramik dinding teras minimalis

  • Warna keramik

Tips pertama pemilihan keramik dinding untuk teras minimalis adalah dengan memilih warna keramik yang tepat. Sebisa mungkin pilih warna keramik yang sesuai dengan karakter atau konsep minimalis itu sendiri. Jika ingin memberikan sentuhan warna yang lebih hidup, maka kombinasikan warna minimalis yang lembut dengan warna yang lebih mencolok seperti merah, kuning, dan sebagainya.

  • Motif atau corak keramik

Motif keramik dinding teras yang baik adalah yang sesuai dengan konsep minimalis, yaitu yang polos. Namun, jika ingin memberikan sentuhan selain keramik jenis polos, bisa juga dipilih keramik dengan motif tertentu. Lebih baik gunakan motif keramik yang lebih alami dan tidak begitu mencolok. Tujuannya untuk mengesankan penegasan minimalis yang elegan, namun tetap sederhana.

  • Tekstur keramik

Pemilihan tekstur keramik untuk bagian teras bisa dipilih yang bertekstur kasar. Hal ini dilakukan karena rumah bagian depan seperti teras akan lebih mudah terkena paparan sinar matahari. Maka dari itu, untuk menghindari efek silau atau terlalu terang saat siang, gunakan model keramik untuk dinding teras yang teksturnya sedikit kasar atau yang tidak berpotensi menciptakan kilauan atau kilapan yang berlebihan. Kilauan berlebihan akan mengganggu mata orang lain yang melihat ke arah rumah.

  • Ukuran keramik

Ukuran keramik untuk dinding teras juga perlu diperhatikan dengan seksama. Sesuaikan ukuran keramik dengan ukuran bidang dinding teras. Jika teras sempit, maka gunakan saja ukuran keramik yang kecil. Sebaliknya jika ukuran bidang dinding teras luas, maka penggunaan keramik ukuran lebar juga tidak menjadi masalah.

  • Nuansa alami

Tidak menutup kemungkinan bahwa konsep rumah minimalis yang akan digunakan adalah konsep yang alami. Untuk konsep ini, maka pemilihan keramik bermotif batu alam yang bertekstur kasar akan lebih menarik dan cocok. Saat ini ada banyak keramik motif batu alam dengan berbagai warna yang bisa dipilih untuk melengkapi kebutuhan dinding luar atau dinding teras rumah. Namun, perhatikan juga kekasaran dari keramik ini. Jangan terlalu kasar dan terlalu lembut.keramik dinding teras

keramik dinding teras

keramik dinding teras

keramik dinding teras

keramik dinding teras

keramik dinding teras

keramik dinding teras

keramik dinding teras

keramik dinding teras

  • Bahan berkualitas

Ingatlah selalu bahwa teras dinding adalah bagian rumah yang selalu terkena sinar matahari maupun hujan. Oleh karena itu kekuatan bahan dari keramik yang dipasang pada bagian tersebut haruslah yang berkualitas. Jangan menggunakan keramik yang mudah pecah. Jangan juga menggunakan bahan keramik yang mudah rapuh. Biasakan memilih bahan berdasarkan kualitas. Walau harganya sedikit lebih mahal, hal ini akan lebih awet daripada bahan yang kualitasnya rendah.

  • Bidang yang dilapisi keramik

Sebelum membeli keramik, hitung juga seberapa luas bidang yang akan dilapisi keramik. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan jumlah pembelian dari keramik itu sendiri. Hitung luas dinding yang akan dilapisi keramik, lalu tentukan berapa jumlah keramik yang akan dibeli nanti. Hal ini juga akan memudahkan dalam perhitungan biaya pengeluaran pembelian keramik.

Tips Memilih 2 Pintu Besar Kecil

Demikianlah beberapa tips pemilihan keramik dinding teras yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tampilan eksterior rumah yang menarik dan elegan. Semoga artikel ini bermanfaat.