Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Kelebihan Sekolah Nasional Plus

Kelebihan sekolah nasional plus memang ada banyak. Sekolah nasional plus atau sering kita kenal sebagai sekolah nasional berstandar internasional atau SBI ini diketahui sebagai sekolah yang bebasis kurikulum nasional dengan dua aliran. Penambahan kata ‘plus’ ini sebenarnya sudah mulai marak sekitar 12 tahun yang lalu.

Ternyata penambahan kata ‘plus’ tersebut bukan berasal dari pemerintah melainkan kriterianya ini dibentuk oleh suatu organisasi yaitu Association of National and Private Schools (ANPS). Organisasi tersebut berdiri sejak tahun 2000 dan telah menetapkan kriteria resmi Sekolah Nasional Plus. Kemudian ANPS ini yang menetapkan akreditasi sebagai sekolah nasional plus.

Namun, sejatinya sekolah tersebut harus tetap mengikuti kurikulum dasar yang sudah ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Metode pengajaran yang ada pada sekolah nasional plus ini adalah menjadikan murid untuk lebih aktif serta berani mengemukakan pendapatnya di depan umum. Terdapat pula sistem reward dan punishment untuk menjadikan murid lebih tertib terhadap peraturan yang ada.kelebihan sekolah nasional plus 2

Kelebihan Sekolah Nasional Plus dan Ciri-cirinya

Diketahui ada dual aliran Sekolah Nasional Plus ini yakni yang pertama adalah aliran mengadopsi sistem pendidikan internasional atau dikenal dengan International Baccalaureate (IB), Cambridge International Examination (CIE), dan lain sebainya.

Selain menerapkan kurikulum nasional, beberaoa mata pelajaran juga menggunakan kurikulum internasional. Aliran yang kedua adalah sistem pendidikan nasional untuk semua tingkat pendidikan. Diketahui kelebihan atau keunggulan dari Sekolah Nasional Plus ini adalah kemampuan anak didiknya yang jauh lebih baik dari sekolah biasanya, mendapatkan kemampuan komputer yang lebih tinggi, mendapatkan tambahan ekstrakurikuler khusus seperti renang, piano, dan bahasa mandarin, serta masih banyak lagi.

Keunggulan lainnya adalah hubungan yang harmonis antara guru dengan murid yang akan terjalin dengan baik sehingga semua murid akan senang bersekolah dan berani untuk bertanya kepada guru serta menjadikan sekolah menjadi a happy palce. Ada beberapa ciri khas dari sekolah nasional plus ini antara lain seperti:

  • Beberapa mata pelajarannya diajarkan dengan menggunakan bahasa inggris
  • Tersedia guru native speaker untuk dapat menerapkan kurikulum internasinal
  • Mengadakan ujian yang sudah berstandar internasional
  • Terdapat program ekstrakurikuler yang beragam
  • Menerapkan kurikulum nasional dan juga internasional secara bersamaan

Dari sekian kelebihan sekolah nasional plus yang sudah dijelaskan di atas, ternyata ada pula kekurangannya seperti belum adanya aturan pemerintah untuk menerapkan aturan sekolah ini.

Akibatnya adalah ada beberapa sekolah yang langsung menyatakan diri sebagai Sekolah Nasional Plus padahal sekolah itu hanya mengajarkan satu mata pelajaran dengan menggunakan pengantar bahasa inggris saja.

Oleh sebab itu, untuk Anda yang sedang akan mencari sekolah harus rajin bertanya pada orang lain maupun orang tua yang telah berpengalaman untuk menyekolahkannya di sekolah nasional plus. Nantinya dengan begitu akan dapat diketahui apakah sekolah pilihannya tersebut sekolah yang tepat atau bukan.

Selain itu, Anda juga bisa menghadiri acara-acara open house yang sering diadakan oleh berbagai sekolah untuk bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan sebanyak-banyaknya. Pastikan pula sekolah nasional plus ini sesuai dengan kemampuan orang tua karena biasanya biaya yang dibutuhkan lebih dari sekolah biasanya.