Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Kedung Tumpang TulungAgung, Destinasi Wisata yang Eksotis

Tulungagung Kedung Tumpang merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok untuk anda yang ingin nikmati suasana pantai. Memang, pesona pantai Indonesia tidak akan pernah ada habisnya termasuk di Pantai Kedung Tumpang ini. Berada di Provinsi Jawa Timur tepatnya di Tulungagung, anda para wisatawan lokal maupun luar daerah dapat menikmati keindahan dari pantai yang satu ini.

Keindahan pantai inilah yang nantinya akan membantu anda untuk melepaskan sejenak semua beban anda terkait dengan berbagai masalah hidup. Oleh karenanya, anda jangan sampai melewatkan pantai ini sebagai destinasi wisata anda saat berkunjung ke Tulungagung.

Kemudian, apa hal berbeda dari pantai ini? Untuk anda yang senang traveling, anda tentu paham bukan bagaimwna tampilan sebuah pantai yaitu hamparan pasir dan debur ombak. Kedua hal tersebut memang akan anda temukan disana. Namun ada hal yang unik dari pantai ini. Inilah kolam Kedung Tumpang yang ada di sekitar pantai. Tentu saja hal ini adalah daya tarik tersendiri dari tempat wisata di Tulungagung tersebut.

Mengenai mulai dikenalnya pantai tersebut,  banyak warga sekitar yang telah tahu adanyna pantai sejak zaman dahulu. Hanya saja memang baru akhir-akhir ini saja tempat tersebut mulai dikenal banyak orang dan akhirnya menjadi cukup ramai pengunjung.

Lokasi Kedung Tumpang

Tentang lokasi dari pantai di Tulungagung ini, anda bisa menemukannya di Desa Pucunglaban, Kecamatan Pucunglaban, Kabupaten Tulunggagung, Jawa Timur. Berada di daerah Jawa Timur, anda tentu saja bisa mampir ke tempat wisata ini saat anda sedang dalam acara liburan bersama teman atau pun keluarga. Keindahan alam yang disajikan tentu saja akan membuat anda tidak akan menyesal setelah melihat bagaimana cipta karya Yang Maha Kuasa.

kedung tumpang, pantai kedung tumpang, kedung tumpang tulungagung, wisata pantai kedung tumpang, lokasi kedung tumpang, lokasi pantai kedung tumpang, rute menuju pantai kedung tumpang

Rute Menuju Kedung Tumpang

Lalu, bagaimana cara untuk sampai ke Pantai Kedung Tumpang? Agar anda nantinya tidak salah jalan saat berkunjung kesana, ada baiknya anda simak ulasan yang satu ini mengenai rute yang dapat anda lewati.

Dalam hal ini, anda bisa gunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi pantai, entah itu mobil atau pun sepeda motor. Rutenya dapat anda tempuh mulai dari Terminal Tulungagung yang kemudian anda ambil arah timur dan lewati kampus IAIN Tulungagung. Anda harus masih lurus ke arah timur hingga menemukan adanya lampu lalu lintas di kelokan.

Disini, anda ambil arah kanan menuju Desa Jabon di Dusun Njerok, Kalidawir. Ambil lurus hingga ada pertigaan lalu anda ambil arah kiri ke Pantai Molang. Dari pantai Molang inilah lokasi wisata tujuan anda cukup dekat. Anda cukup lanjutkan perjalanan dengan lurus lalu belok ke kanan. Sampailah anda di tempat tujuan.

kedung tumpang, pantai kedung tumpang, kedung tumpang tulungagung, wisata pantai kedung tumpang, lokasi kedung tumpang, lokasi pantai kedung tumpang, rute menuju pantai kedung tumpang

snorkling di pantai kedung tumpang

berendam di kedung tumpang

tempat wisata kedung tumpang Harga Tiket Masuk Kedung Tumpang

Jika bicara mengenai harga tiketnya, bisa dikatakan bahwa harga tiket untuk masuk ke area pariwisata pantai ini cukuplah terjangkau. Hal ini disebabkan karena wisata ini belum begitu dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah setempat sebagai daerah wisata. Anda yang ingin berkunjung pun biasanya cukup membayar biaya parkir dengan harag Rp 5.000,- untuk sepeda motor dan Rp 10.000,- hingga Rp 15.000,- untuk mobil.

Tips Wisata di Kedung Tumpang

Apabila anda ingin datang ke pantai yang satu ini, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan. Pertama ialah anda sebaiknya datang di pagi hari sebelum air laut pasang. Dengan begitu anda bisa berenang di kolamnya yang masih jernih dan ombak yang belum terlalu besar.

Selain itu, daerahnya yang curam harus membuat anda ekstra hati-hati, apalagi jika anda membawa anak-anak, pengawasan wajib anda lakukan. Kemudian, karena di sekitar Pantai Kedung Tumpang belum terlalu banyak dibangun fasilitas pendukung wisata seperti tempat makan, maka anda harus siap-siap membawa bekal dari rumah.

Tips kedua adalah membawa sandal/sepatu yang kuat dan anti slip mengingat kontur medan jalan kesana maupun di lokasi. Tips selanjutnya adalah jauhi saat periode air pasang laut. Ketika anda sudah capek-capek nyampe disana dan setibanya dilokasi air laut sedang pasang, maka boleh dikatakan anda sedang kurang beruntung :). Boleh dikatakan, tempat wisata ini khusus orang dewasa, kalaupun membawa anak-anak perlu pengawasan super ketat karena beberapa waktu lalu ada korban, itupun karena kelalaian pengunjung sendiri.

Dari penjelasan di atas, itulah beberapa hal terkait dengan salah satu tempat wisata di Tulungagung yang dapat anda kunjungi ketika liburan di Kabupaten ini. Keasrian alam yang sudah tidak perlu diragukan lagi ditambah dengan adanya kolam di pantai tersebut membuat Pantai Kedung Tumpang sangat menarik agar tidak anda lewatkan.