Kapan Sel Telur Keluar ? Apa Kaitanya dengan Gender Janin ?

Jika siklus haid teratur, yaitu selama 24-38 hari, maka sel telur akan sempurna pada pertengahan siklus atau 14 sebelum keluar haid dan 14 hari setelah hari pertama haid yang terdahulu. Namun, ketika siklus haid berlangsung hingga 35 hari, maka waktu antara masa-masa subur dan haid tetap di angka 14 hari, dan masa subur terjadi 21 hari setelah haid sebelumnya.

Wanita yang mengalami siklus haid tidak teratur tidak dapat mengetahui kapan haid yang akan datang dan kapan masa subur tiba. namun, bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menghitung hari-hari subur melalui metode manual oleh dokter SpOg.


Namun ada beberapa usaha dan ikhtiar yang bisa dilakukan oleh beberapa  pasangan untuk memilih jenis kelamin bayi. Alasan utama yaitu sudah mempunyai anak pertama lelaki kemudian ingin anak kedua berjenis kelamin perempuan atupun sebaliknya.kapan sel telur keluar kapan sel telur keluar dari ovarium kapan sel telur keluar setelah mens kapan sel telur keluar setelah haid waktu sel telur keluar kapan sel telur wanita keluar kapan waktu sel telur keluar kapan sel telur itu keluar kapan sel telur akan keluar pada saat kapan sel telur keluar

Hal hal yang bisa di usahakan untuk menentukan jenis kelamin berdasarkan kapan sel telur keluar:

  1. Mulai dari posisi saat berhubungan (usahakan tidak melakukan lebih dalam, hal ini disebabkan sifat spermaX yang membawa gen perempuan lebih lambat )
  2. periode saat melakukan hubungan (jika menginginkan bayi berjenis kelamin perempuan, maka hubungan dilakukan H-4 sebelum subur, jika menginginkan bayi lelaki maka dilakukan saat masa subur atau setelah masa subur),
  3. mengatur waktu or9a5me (jika ingin bayi perempuan maka suami harus terlebih dahulu eja–kula-si agar didapatkan kondisi masih asam di organ intim wanita, kondisi yang masih asam bisa membuat sper-ma-X bisa bertahan lebih lama dan berpeluang mendapatkan kehamilan bayi perempuan,
  4. jenis makanan yang dikonsumsi istri atau suami (memakan makanan  kaya akan magnesium dan kalsium, contohnya sayur-sayuran, buah-buahan akan menghasilkan bayi perempuan, sebaliknya jika mengkonsumsi proten speri ikan/daging makan berpeluang menghasilkan bayi laki-laki)
  5. proses inseminasi buatan dan Preimplantation Genetic Diagnosis ( PGD ) yang mebutuhkan bantuan dokter dan berbiaya mahal. Tingkat keberhasilan nya bisa 80 hingga 90 persen.

Cara Melihat Jenis Kelamin Janin yang Dikandung

Jenis kelamin janin ditentukan setelah pembuahan. Kurang lebih separuh spermatozoa yang dihasilkan pria mengadung kromosom laki-laki dan separuh yang lain mengandung kromosom perempuan. Sel-sel spermatozoa menembus ovum dengan kromosom laki-laki dan perempuan tergantung pada kemampuan/kualitas/gerak spermatozoa itu sendiri. Tidak ada satu cara pasti yang menjamin 100% seorang bayi itu akan terlahir dengan jenis kelamin laki-laki atau perempuan

Pengambilan sampel selaput janin bisa dilakukan pada permulaan kehamilan dengan mikroskopik yang diambil pada leher rahim, menggunakan gelombang ulrasonik dan di analisis secara genetis untuk mengetahui jenis kelamin janin. Analisis ini tidak bisa digunakan untuk mengetahui janin secara rutin, karena hanya bisa dilakukan di pusat-pusat khusus analisa genetis, tetapi bisa digunakan untuk mengetahui dan mengobati penyakit-penyakit bawaan atau genetis yang bisa menyerang kesehatan janin. Meskipun analisa genetis ini efektif, namun masih ada kemungkinan terjadinya keguguran, disamping itu proses analisa memakan biaya yang relatif mahal.

Mengetahui jenis kelamin janin bisa dilakukan oleh orang tua (Bunda dan pasangan) selama paruh kedua masa kehamilan, yakni usia 5 bulan keatas, dengan menggunakan USG sebagai alat bantu dokter untuk mengikuti perkembangan kehamilan.

Kadang dokter kandungan maupun bidan juga bisa mengalami kesalahan dalam menentukan jenis kelamin janin karena tali pusar melingkar di kedua kaki janin perempuan, sehingga seolah-olah menyerupai alat kelamin laki-laki. Jika kondisi demikian maka bisa di ulang lagi untuk scanning 2 atau 3 hari setelahnya dengan harapan tali pusar tidak menghalangi kelamin janin.

Demikianlah artikel ini membahas tentang kapan sel telur keluar dan bagaimana cara menetukan jenis kelamin janin, semoga bermanfaat untuk bunda dan pasangan.

TAGs: cara mengetahui wanita mengeluarkan sel telur, kapan sel telur keluar, cara sel telur keluar, apakah sel telur bisa keluar, cara mengeluarkan sel telur, ovum wanita keluar, keluar sel telur, sel telur cewek keluar, sel telur bisa keluar?, kapan sel telur wanita keluar, cara keluarin sel telur, cara melihat kelamin sel telur, bagaimana akan mengetahui kalau sel telur wanita akan keluar, cara mengeluarkan sel telur cewek, cara mengeluarkan sel telur keluar, apakah wanita bisa mengeluarkan telur, wktu sek telur keluar