Kapan Sebaiknya Periksa Kehamilan Pertama Kali ?

Menjaga kesehatan dengan baik selama masa kehamilan sangat penting dan wajib bagi bunda dan kesehatan janin Anda. Hilangkan sikap cuek dan acuh pada kondisi selama hamil dan kondisi janin Bunda. Ketika menyadari bahwa diri anda sedang hamil, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter, bahkan ketika bunda sedang mengira sedang hamil atau tidak. Tidak perlu menunggu hingga telat haid beberapa hari, atau sudah mengelami mual-mual baru memeriksakan ke dokter kandungan atau bidan.

Lho, kan orang jaman dahulu nggak seribet itu dalam masa hamil ? kan jaman dulu wanita hamil fine-fine aja saat hamil ?


Bunda, buang jauh mindset seperti demikian, lebih baik mencegah dari pada mengobati, dan juga perkembangan jaman telah ada begitu juga berbagai macam radiasi dan polusi yang bisa mempengaruhi kesehatan janin bunda. Ada beberapa pengalaman pasangan yang berganti-ganti memilih bidan, pindah dari satu bidan ke bidan lain dalam 1 kota.  Tidak dipungkiri bahwa dalam memilih dokter kandungan cocok-cocokan, terkadang ada yang sreg dengan nasehat mapun penjelasan nya, kadang juga membuat bunda tidak nyaman selama masa konsultasi karena diagnosa nya irasional dan cenderung membuat cemas ibu hamil.

kapan sebaiknya periksa kehamilan pertama kali kapan sebaiknya periksa kehamilan ke dokter kapan sebaiknya periksa kehamilan ke dokter kandungan kapan sebaiknya cek kehamilan kapan sebaiknya cek kehamilan ke dokter kapan harus periksa kehamilan kapan harus periksa kehamilan ke dokter kapan sebaiknya periksa hamil kapan sebaiknya mulai periksa kehamilan kapan sebaiknya periksa awal kehamilan

Pertama kali periksa ke dokter kandungan biasanya lebih lama dan pemeriksaan kandungan dilakukan secara menyeluruh dibandingkan pemeriksaan-pemeriksaan selanutnya. karena, periksa ke dokter/bidan yang pertama kali sangat penting untuk merawat kesehatan ibu hamil dan janin, pemeriksaan yang dilakukan lebih kompleks dan detail.

Pemeriksaan kehamilan oleh dokter meliputi :

1. Mencari tahu hari pertama dari akhir haid untuk menghitung usia kehamilan pada waktu itu.
2. Memeriksa benar tidaknya kehamilan dengan melakukan deteksi kehamilan atau dengan menggunakan gelombang ultrasonik.
3. Penggunaan gelombang ultrasonik pada waktu pemeriksaan dini sangat bermanfaat untuk mentukan kondisi berat janin secara tepat dan juga bisa digunakan untuk menentukan tanggal kelahirannya (HPL=Hari perkiraan lahir)
4. Dokter/bidan akan merunut riwayat kesehatan bunda dan keluarga anda, misal apakah bunda menderita asam lambung, punya anemia, apakah menderita diabetes, apakah ada penyakit tertentu dan lain sebagainya.
5. Pada pemeriksaan pertama, dokter akan memeriksa secara keseluruhan mulai dari jantung, dada, dan tulang punggung. Pengukuran tekanan darah dan berat badan seiring dengan perkembangan kehamilan.
6. Mendiskusikan agenda khusus perawatan kesehatan pada bulan-bulankehamilan dan persalinan.
7. Dokter akan memeriksa darah guna mengetahui : golongan darah dan RH, kadar hemoglobin darah. kandungan gula dalam darah, membantu bunda ketika ada zat-zat antibodi dalam mengatasi beberapa penyakit atau meneliti ada tidaknya penyakit seperti campak jerman, infeksi hati, hepatitis B yang bisa menular ke janin, sifilis, toksoplasma yang bisa menyebabkan keguguran
8. Memeriksa air seni untuk mengetahui kandungan gula dalam air seni karenadanya hal tersebut merupakan tanda awal dari munculnya keracunan kehamilan.

Demikianlah pembahasan hamilplus.com mengenai pentingnya pemeriksaan kehamilan ke dokter kandungan sejak dini. Semoga bermanfaat!

TAGs: kapan sebaiknya periksa kehamilan pertama kali, periksa kehamilan pertama kali, kapan periksa kehamilan pertama, periksa kehamilan, kapan harus periksa kehamilan, pemeriksaan awal kehamilan, periksa kehamilan pertama, kapan sebaiknya periksa kehamilan pertama, cara periksa kandungan pertama kali, apakah perlu periksa kehamilan, kandungan usia berapa mulai periksa ke bidan, hamil pertama kali, dokter perikaa kandungan, cek kehamilan pertama di bidan, cek ke dokter baiknya saat hamil muda, wktu periksa kehmiln, cara periksa ke dokter saat tahu hmil