Daftar isi [720+ Artikel]

Gejala dan Ciri Ciri Kanker Ovarium

Kanker ovarium merupakan salah satu jenis kanker yang cukup banyak diderita oleh kaum wanita. Pada penelitian yang dilakukan tahun 2012, tercatat ada sekitar 239 ribu wanita yang terserang penyakit atau kanker ganas ini ini. Penyakit ini tergolong sebagai penyakit kanker yang tidak pandang usia. Meskipun kebanyakan penderita kanker ini merupakan wanita yang sudah lanjut usia, akan tetapi dalam beberapa kasus juga ditemui wanita muda yang terserang penyakit ini.

Kanker ovarium merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang menyerang organ dalam wanita, di ovarium wanita. Penyakit atau kanker ini biasanya lebih banyak diderita oleh wanita yang telah berusia lebih dari 50 tahun. Penyebab utama timbulnya penyakit ini adalah faktor keturunan. Sekitar 6 dari 10 penderita kanker ini biasanya merupakan keturunan dari penderita kanker ovarium.

kanker ovarium

Selain faktor keturunan, kanker ini juga dapat disebabkan oleh berbagai macam hal seperti endometriosis, menopause, proses pengobatan kesuburan, penggunaan alat kontrasepsi yang salah, dan juga aktivitas buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol.

Tercatat, ada 3 jenis kanker sel telur yang menyerang kaum wanita yaitu Tumor Epitelial, Tumor Stromal dan Tumor Sel Germinal.

Jenis – jenis Kanker Ovarium

  1. Tumor Epitelial

Tumor Epitelial merupakan salah satu jenis kanker ovarium yang paling banyak menyerang kaum wanita. Tercatat, sekitar 9 dari 10 kasus kanker ovarium merupakan jenis kanker ini. Tumor Epitelial sendiri merupakan jenis kanker sel telur yang menyerang bagian jaringan pembungkus ovarium.

  1. Tumor Stromal

Tumor Stromal merupakan jenis kanker ovarium yang meyerang bagian organ ovarium yang berkaitan dengan jaringan penghasil hormon. Berbeda dengan jenis kanker yang sebelumnya, Tumor Stromal merupakan jenis kanker ovarium yang sangat jarang ditemukan. Dari sekitar 100 kasus kanker sel telur, jenis ini hanya menyumbang sekitar 7 kasus saja.

kanker sel telur

  1. Tumor Sel Germinal

Tumor Sel Germinal merupakan jenis kanker ovarium yang menyerang sel – sel dalam ovarium yang bertugas menghasilkan sel telur. Berbeda dengan dua jenis kanker sel telur yang sebelumnya, Tumor Sel Germinal biasanya hanya menyerang para wanita muda saja.