Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil, Solusinya ?

Permasalahan kaki bengkak sering kali dialami ibu hamil, terutama pada trisemester kedua dan ketiga atau usia kandungan lebih dari tujuh bulan. Berat badan yang bertambah seiring semakin tuanya usia kandungan membuat kaki bengkak pada ibu hamil. Sebagian ibu hamil mengeluhkan hal tersebut karena tidak jarang kaki dan pergelangan kaki yang membengkak membuat ibu tidak nyaman bahkan dapat mengakibatkan permasalahan serius bagi kesehatan ibu dan janin.

Kaki bengkak pada ibu hamil lebih bersifat efek fisiologis bukan karena penyakit. Peningkatan hormon progesteron yang menahan cairan dan tubuh yang menahan cairan 30% lebih banyak dari kondisi normal menjadi penyebab kaki bengkak pada ibu hamil.

Aliran darah pada kaki dapat terhambat jika kaki harus menopang berat badan yang bertambah, selain itu cairan tubuh juga akan banyak tertimbun di bagian kaki. Hal tersebut dapat memicu resiko kesehatan seperti terganggunya pembuluh darah ke jantung.

Ibu yang mengalami kaki bengkak dan disertai dengan hipertensi/ tekanan darah tinggi  maka juga perlu berhati-hati dengan resiko kesehatan akibat kaki bengkak. Jika kaki yang membengkak disertai rasa nyeri dibagian betis dan paha maka ibu hamil perlu segera memeriksakan keluhannya tersebut ke dokter karena bisa terjadi penggumpalan darah.

Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil?

Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil. Hal ini juga dapat dilakukan untuk mencegah atau mengurangi resiko terjadinya pembengkakan kaki saat kehamilan. Beberapa cara tersebut yaitu:kaki bengkak pada ibu hamil source obatradanglambung web id

kaki bengkak pada ibu hamil source obatradanglambung web id

   Kurangi konsumsi garam

   Biarkan peredaran darah tetap lancar dengan posisi tubuh yang rileks dan jangan duduk atau berdiri terlalu lama.

   Saat berbaring Anda harus meletakkan kaki diatas tumpukan bantal yang tinggi agar posisi kaki, pinggul, dan punggung dalam posisi yang sejajar, ini akan membantu ibu hamil merasa nyaman dan tidak mudah lelah.

Saat duduk juga usahakan untuk tidak menyilangkan kaki Anda. Selain itu agar peredaran darah lancar maka Anda harus lebih sering untuk meregangkan kaki ketika duduk, lalu memijat pergelangan kaki dalam posisi kaki lurus sejajar.

   Jangan terlalu banyak aktifitas mobile atau aktifitas fisik yang cenderung berat, istirahatlah yang cukup dan ajak kaki untuk berjalan-jalan kecil. Istirahat yang teratur juga dapat membantu tubuh untuk tidak mudah lelah.

   Sebagai ganti dari pengurangan aktifitas dan gerak tubuh, ibu hamil pada usia triwulan kedua hingga ketiga dapat mengikuti senam kehamilan.hal itu akan sangat membantu untuk melancarkan aliran darah yang baik untuk mencegah atau mengurangi pembengkakan pada kaki.

   Kenakan sepatu atau alas kaki yang nyaman, dengan berat badan berlebih yang harus ditopang oleh kaki maka penting bagi ibu hamil untuk memilih bahan yang nyaman untuk alas kakinya. Selain itu juga jangan memakai kaos kaki yang ketat.

   Minumlah banyak air putih dan hindari makanan siap saji/ junk food

   Saat terasa pegal akibat indikasi kaki yang bengkak, ibu hamil dapat memberikan pijitan pada kaki dan merendamnya dengan air hangat yang direndam dengan campuran garam, jeruk nipis dan baby oil.

Masalah kaki bengkak pada ibu hamil akan segera membaik saat ibu melewati masa persalinan, berat badan yang turun akibat berkurangnya kandungan air dalam tubuh lambat laun akan membantu ibu untuk memperoleh ukuran kaki yang normal.