Daftar isi [720+ Artikel]

Jenis Makanan Untuk Kecerdasan Anak

Memiliki anak yang sehat adalah do’a setiap orang tua. Namun memiliki anak yang sehat dan cerdas adalah anugrah bagi orang tua. Kecerdasan anak dapat di turunkan oleh orang tuanya melalui gen bawaan. Selain itu kecerdasan anak juga dapat dipengaruhi oleh aktivitas fisik, stimulasi yang diberikan dari masa bayi serta asupan makanan.

Makanan memegang pengaruh penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama perkembangan otak si anak. Jenis Makanan untuk kecerdasan anak dapat di berikan mulai dari bayi. Jenis makanan ini biasanya mengandung nutrisi seperti protein yang sangat berguna bagi perkembangan otak anak.

Makanan Untuk Kecerdasan Anak 2

Berikut adalah jenis makanan untuk kecerdasan anak

  1. Ikan salmon

Asam lemak omega-3, EPA dan DHA yang terkandung dalam ikan salmon merupakan lemak esensial yang berfungsi untuk membantu pembeetukan sel, mengatur sel saraf serta membantu tubuh untuk menyerap nutrisi secara sempurna. Berdasarkan penelitian, anak yang mengonsumsi omega 3 lebih mempunyai kemampuan berpikir tajam.

  1. Telur

Salah satu bahan yang dapat membantu perkembangan memori adalah senyawa yang terkandung dalam kuning telur. Makanan yang biasa di konsumsi sehari – hari ini merupakan sumber protein yang harganya cukup terjangkau. Selain itu bahan makanan ini dapat diolah menjadi berbagai menu makanan yang dapat menambah nafsu makan anak anda.

  1. Biji bijian

Makanan jenis biji- bijian mengandung serat yang berfungsi untuk mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh . salah satu jenis biji- bijian adlah gandum. Gandum merupakan biji- bijian yang tinggi serat sehingga baik juga untuk pencernaan serta tinggi vitamin B yang menjaga fungsi sistem saraf.

  1. Buah buahan

Buah yang mengandung vitamin C seperti jenis berries mengandung antioksidan yang tinggi, serta omega -3 yang berfungsi untuk kecerdasan otak. Menurut penelitian, strawberry serta blueberry juga mampu memperbaiki fungsi daya ingat.

  1. Kacang-kacangan

Jenis kacang yang mengandung asam lemak omega -3 lebih tinggi dari kacang lainnya  adalah kacang merah. ALA yang terdapat dalam kacang merah merupakan senyawa yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.

  1. Sayur – Sayuran

Sayuran merupakan sumbernutrisi yang penting bagi tubuh. Wortel, bayam, brokoli adalah sayuran yang mengandung anti oksidan tinggi yang menyehatkan otak. Variasi menu masakan untuk sayuran sangat di perlukan, karena kebanyakan anak – anak tidak menyukai sayuran.

  1. Susu dan yogurt

Susu yang di olah menjadi makanan mengandung protein, vitamin B serta kalsium yang tinggi. vitamin B merupakan nutrisi penting bagi pertumbuhan otak anak.

 

Jenis makanan untuk kecerdasan anak dapat anda berikan sesering mungkin dengan berbagai varian penyajian. Jangan lupa untuk memilih bahan makanan yang memiliki kualitas terbaik agar terhindar dari bahaya bahan kimia yang dapat merusak otak.