Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Jenis Imunisasi untuk Bayi yang Wajib

Jenis imunisasi untuk bayi itu apa saja sih? Kapan sih sebaiknya imunisasi dilakukan? Mengapa imunisasi perlu dilakukan? Beberapa pertanyaan tersebut merupakan sebagian kecil pertanyaan yang sangat banyak digelontorkan oleh para orang tua, khususnya para orang tua yang baru memiliki anak untuk pertama kali.

Imunisasi merupakan sebuah tindakan preventif yang diberikan kepada bayi untuk menghindari serangan berbagai macam bibit penyakit di masa mendatang. Pemberian imunisasi biasanya dilakukan pada waktu bayi (imunisasi wajib) dan juga pada waktu – waktu khusus tertentu (imunisasi tambahan).

Imunisasi wajib untuk bayi pada dasarnya terdiri dari 5 buah imunisasi yang dimaksudkan untuk menangkal sekitar 7 macam virus penyakit. Berikut ini merupakan penjelasan untuk ke 5 jenis imunisasi tersebut :

Beberapa Jenis Imunisasi untuk Bayi

  1. Imunisasi untuk Bayi BCG

Imunisasi BCG diberikan secara langsung sesaat setelah bayi lahir. Imunisasi ini ditujukan untuk melawan bibit-bibit penyakit tubercolosis (TBC). Batasan pemberian imunisasi ini adalah 3 bulan. Setelah bayi berusia 3 bulan dan belum diberi imunisasi BCG, maka sebelum pemberian dilakukan, bayi harus diuji tuberkulin terlebih dahulu. Jika hasilnya negatif, maka imunisasi bisa dilakukan.

jenis imunisasi untuk bayi 2

  1. Imunisasi Hepatitis B

Imunisasi Hepatitis B diberikan sebanyak tiga kali yaitu pada waktu 12 jam setelah bayi lahir, saat bayi berusia 1 bulan, dan saat bayi berusia 3 hingga 6 bulan. Imunisasi Hepatitis B dimaksudkan untuk menciptakan antibodi terhadap bibit virus hepatitis B.

jenis imunisasi untuk bayi 2

  1. Imunisasi Polio

Imunisasi Polio biasanya diberikan sebanyak 6 kali yaitu saat bayi baru lahir, saat bayi berusia 2, 4, dan 6 bulan, serta saat bayi berusia 18 bulan dan 5 tahun. Imunisasi Polio diberikan secara berulang agar tingkat efektifitasnya bisa lebih baik. Seperti yang kita ketahui, virus Polio merupakan salah satu virus yang sangat berbahaya dan banyak menyerang anak – anak khususnya di negera – negara miskin dan berkembang.

jenis imunisasi untuk bayi 2

  1. Imunisasi DTP

Imunisasi DTP merupakan imunisasi yang ditujukan untuk melawan tiga macam bibit penyakit sekaligus yaitu Difteri, Tetanus, dan juga Pertusis. Imunisasi DTP biasanya diberikan sebanyak 5 kali yaitu pada waktu bayi berusia 6 minggu, 4 bulan, 6 bulan, 18 bulan, serta 5 dan 12 tahun.

  1. Imunisasi Campak

Jenis imunisasi untuk bayi yang terakhir ini diberikan sebanyak 2 kali yaitu pada saat bayi berusia 9 bulan dan 6 tahun. Imunisasi campak ditujukan untuk menangkal dan membetuk antibodi terhadap serangan virus campak.