Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Jadwal Imunisasi Bayi Anda Kapan ?

Jadwal imunisasi bayi sudah seharusnya ayah bunda ketahui. Imunisasi itu bayi akan mendapatkan kekebalan tambahan agar tercegah dari berbagai macam penyakit sehingga dapat memiliki sistem tubuh yang kuat ketika menjadi anak, remaja dan dewasa. Saat bayi dilahirkan, pada dasarnya bayi memang sudah mendapatkan perlindungan atau kekebalan alami dari sang ibu.

Kekebalan alami yang dimiliki sang bayi didapatkan pada saat dilakukkanya proses inisiasi dini. Akan tetapi kekebalan itu masih bersifat sementara dan hanya bisa untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan kekuatan sistem imun sang ibu.

Pentingnya memperhatikan jadwal imunisasi bayi

Antibody yang alami tidak bertahan lama, maka seorang bayi sangat rentan untuk mengidap penyakit. Maka dari itu lah imunisasi itu diperlukan. Imunisasi akan berguna sebagai penerus kekebalan alami sang bayi yang diterima oleh ibunya. Pada bayi, imunisasi dilakukan dengan cara memberikan suntikan atau meneteskan vaksin tertentu ke dalam tubuh bayi. Vaksin yang diinjeksikan merupakan sejenis bakteri atau kuman yang telah diproses agar menjadi lemah.Jadwal Imunisasi Bayi

Jadwal Imunisasi Bayi

Pada dasarnya pemberian imunisasi ialah bertujuan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh sang bayi. Jadi cara kerjanya ialah, kuman yang masuk ke dalam tubuh bayi nantinya akan memicu terbentuknya antibody anak secara alami, dan antibody itu nantinya akan menyerang kuman tersebut. Apabila nanti bayi terkena atau terserang kuman yang tidak lemah, maka tubuh bayi sudah memiliki antibody untuk melawan kuman-kuman tersebut.

Dengan imunisasi, bayi akan terlindungi dari penyakit – penyakit yang bisa dikatakan cukup fatal apabila dideritanya. Penyakit tersebut diantaranya aialah difteri, pertusis, measles/campak, pneumonia/radang paru-paru, polio, diare, tetanus dan rubella. Tercatat di tahun 2013, 5000 kematian anak di Indonesia diakibatkan oleh penyakit pneumonia, dan diare yang biasa dianggap penyakit remeh ternyata merupakan penyakit penyebab kematian ke dua terbesar di Indonesia pada tahun 2013. Maka dari itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia memberikan jadwal imunisasi bayi yang baru di tahun 2014, yakni imunisasi influenza.

Kini penyakit flu pun tidak bisa dianggap remeh, maka dari itu vaksin influenza menjadi penting karena pada dasarnya anak atau bayi merupakan umur yang rentan terhadap berbagai penyakit. Selain itu, vaksi influenza juga nantinya akan memberikan kekebalan terhadap strain virus influenza yang sedang mendunia.

Di Indonesia vaksin flu yang ada berupa vaksin trivalent yaitu vaksin yang memiliki 3 manfaat untuk melindungi dari virus influenza tipe A H1N1, A H3N2, dan Influenza subtibe B. dan lamanya vaksin bekerja selama 1 tahun. Bila ayah bunda masih bingung dengan masalah imunisasi anak, ada baiknya ayah bunda untuk berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui lebih lanjut apa saja imunisasi yang diperlukan oleh dan jadwal imunisasi bayi.