>>> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < <<<

Inisiasi Dini Sesaat Bayi Baru Lahir

Sakit yang dirasakan oleh sang ibu saat proses melahirkan tidak akan terasa ketika telah melihat anaknya lahir dengan selamat serta sehat. Sesaat setelah bayi baru lahir ke dunia, biasanya pihak rumah sakit atau siapapun yang membantu persalinan akan meletakkan bayi di dada ibu. Tindakan ini merupakan salah satu bentuk inisiasi dini. Inisiasi dini merupakan usaha pertama yang dilakukan untuk mengenalkan si bayi dengan ibunya atau bisa dibilang kontak pertama antara ibu dengan bayi setelah lahir kedunia. Inisiasi dini sesaat bayi baru lahir biasanya dilakukan untuk menjalin hubungan dengan meletakkan bayi pada dada ibunya.

Berikut merupakan macam – macam inisiasi dini sesaat setelah melahirkan :

  • Inisiasi Menyusui Dini (IMD) yaitu meletakan bayi di dada sang ibu dan membiarkannya mencari puting si ibu ketika dia sudah siap untuk menyusui. Bayi biasanya membutuhkan waktu setengah sampai sejam sampai dia ingin menyusu.
  • Inisiasi dini ketika anda melahirkan dengan proses caesar, tidak jauh berbeda dengan inisiasi dini menyusui. Namun jika ibu masih dalam pengaruh obat bius total, maka kontak pertama bayi bisa dilakukan oleh sang ayah sambil menunggu si ibu sadar, jika ibu sudah mulai sadar ayah bisa meletakan bayinya di perut atau dada si ibu bila memungkinkan.
  • Inisiasi dini untuk bayi kembar. inisiasi dapat dilakukan dengan sang ayah memegang salah satu bayinya, sedangkan yang lain berada di atas perut ibu. Namun jika ibu menginginkan ikatan yang kuat antara anak kembarnya maka inisiasi dapat dilakukan secara bersama sama meletakkan si bayi di atas perut si ibu.

Inisiasi Dini Sesaat bayi Baru Lahir 2

Pada dasarnya ketiga inisiasi dini sesaat bayi baru lahir diatas memiliki persamaan yaitu memberikan kontak pertama pada bayi yang selanjutnya memberikan asi pertama pada bayi atau merujuk pada Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Manfaat inisiasi menyusui dini adalah:

  • Melepaskan hormon oksitosin

Hormon oksitosin adalah hormon yang berpengaruh untuk mengembalikan ukurannya ke semula setelah melakukan kontraksi hebat. Hal ini juga akan meminimalisir pendarahan pasca persalinan.

  • Mengurangi stres pada bayi

Lingkungan dunia yang berbeda dengan lingkungan rahim dapat membuat bayi stres, dengan inisiasi dini sambil menyusui maka bayi dapat lebih tenang dalam beradaptasi dengan suhu ruangan yang ada.

  • Menghindari hipotermia serta Menjalin ikatan yang kuat

Meletakkan bayi pada kulit ibu dapat memberikan kehangatn bagi bayi, kontak pertama antar ibu dan bayi dapat pula menjadi permulaan ikatan yang kuat antara ibu dan si bayi.

  • Memberikan makanan pertama bagi byi yang penuh nutrisi

ASI merupakan makanan yang kaya akan nutrisi khususnya kolostrum yang dapat memberikan kekebalan tubuh bagi si bayi yang masih sangat rentan terkena infeksi.

Inisiasi Dini Sesaat bayi Baru Lahir 2

Demikian ulasan mengenai inisiasi dini sesaat bayi baru lahir, semoga bermanfaat ya mom !.