Daftar isi [720+ Artikel]

Ini Perbedaan Mual Hamil atau Maag !

Mual Hamil atau Maag – Bagi para pasangan muda yang baru menikah, masa kehamilan merupakan salah satu masa yang paling dinanti-nanti. Berbagai daya dan upaya dilakukan demi datangnya masa kehamilan.

Setelah berbagai upaya dilakukan, akhirnya tanda-tanda kehamilan pun tiba. Mual, muntah dan morning sickness mungkin itu yang paling sering dirasakan oleh ibu muda di masa-masa awal kehamilannya.

Sayangnya, tidak jarang mual yang dirasakan bukan merupakan pertanda kehamilan dan hanya gejala dari sakit maag yang diderita. Hal ini tentunya sangat mengecewakan, terutama untuk para wanita yang sangat mendambakan masa kehamilan.mual hamil atau maag

Kejadian ini biasanya sering terjadi di kalangan para ibu muda yang minim pengalaman dan informasi seputar kehamilan. Lantas bagaimana kah cara membedakan antara mual hamil atau maag yang terjadi pada wanita?mual hamil atau maag biasa

 

Perbedaan antara Mual Hamil dengan Mual karena Maag

Mual hamil disebabkan oleh pengaruh hormonal. Di masa-masa awal kehamilan, hormon dalam tubuh wanita cenderung tidak stabil sehingga berujung pada tersumbatnya saluran pencernaan dan pada akhirnya mengakibatkan mual. Hal ini sangat berbeda dengan mual yang dirasakan ketika maag, dimana penyebab utamanya adalah tingginya kadar asam yang ada pada lambung.
Mual hamil hanya terjadi di awal-awal kehamilan, sedangkan mual karena maag dapat terjadi kapan saja baik di saat awal kehamilan maupun di waktu-waktu lainnya.
Mual hamil biasanya hanya terjadi di waktu pagi hari ataupun malam hari. Hal ini berbeda dengan mual karena maag yang dapat terjadi kapan saja, tergantung kepada kondisi asam dalam lambung.
Mual karena hamil biasanya sangat sensitif terhadap bau-bauan, sedangkan mual karena maag cenderung lebih sensitif terhadap jenis makanan yang dikonsumsi.
Mual karena hamil biasanya disertai dengan rasa pusing, sedangkan mual karena maag cenderung disertai dengan rasa nyeri di bagian ulu hati.
Mual karena hamil dapat mengakibatkan infeksi di bagian saluran tenggorokan dan juga lambung, sedangkan mual karena maag tidak.

mual hamil atau maag biasa

Itulah beberapa perbedaan antara mual hamil atau maag yang dapat kami informasikan untuk Anda. Untuk lebih memastikan mual yang anda rasakan merupakan mual hamil atau mual maag, Anda kami sarankan untuk melakukan tes kehamilan dengan testpack ataupun dengan berkonsultasi ke dokter kandungan ataupun bidan.