Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Infeksi Toksoplasma Pada Ibu Hamil

Infeksi toksoplasma pada ibu hamil dapat terjadi kerena beberapa faktor. Faktor paling utama yang dapat menyebabkan infeksi ini ialah dari kucing. Penyebab ini merupakan penyebab utama infeksi dapat terjadi. Memang penyakit yang ditimbulkan tidak begitu serius.

Gejalanya antara lain flu, demam, hingga infeksi pada kelenjar getah bening. Namun jika infeksi ini menyerang pada ibu hamil, dampak yang terjadi juga dapat menyerang kepada sang janin. Bukan hanya menyebabkan sang janin mengalami beberapa gangguan otak saja, tetapi juga bisa menyebabkan sang ibu mengalami keguguran.

Penyebab terjadinya infeksi toksoplasma pada ibu hamil

Toksoplasma merupakan penyakit yang perlu waspadai. Seringkali infeksi ini juga dikaitkan dengan penyakit lain, seperti Rubella, Harpes, Cytomegalovirus. Namun, virus toksoplasma juga tidak sama dengan virus ketiga penyakit tersebut. Toksoplasma ini merupakan jenis hewan bersel satu atau biasa disebut protozoa, sehingga toksoplasma bukan virus.

Toksoplasma ini berasal dari hewan kucing, sehingga untuk ibu hamil disarankan untuk menghindari kontak langsung dengan hewan yang lucu tersebut. Namun, data rumor tersebut juga tidak selalu benar 100%. Infeksi Toksoplasma pada ibu hamil juga dapat terjadi dari beberapa faktor lainnya.Infeksi Toksoplasma Pada Ibu Hamil

Infeksi Toksoplasma Pada Ibu Hamil

Faktor yang dapat menimbulkan taksoplasma dapat menginfeksi ialah dari hewan berdarah panas. Selain hewan kucing, hewan berdarah dingin yang bisa mengakibatkan infeksi toksoplasma juga terdapat pada hewan yang disekitar manusia, seperti ayam, bebek, kambing, kerbau, dll. Sehingga bagi ibu hamil, bukan hanya menghindari kontak dengan kucing dan unggas saja, banyak hewan di sekitar yang dapat menyebabkan infeksi ini.

Memang dampak yang dihasilkan tidak begitu besar, tetapi infeksi ini juga dapat menyerang kelenjar getah bening. Infeksi ini memang sering menyerang kaum laki-laki, tetapi untuk ibu hamil juga perlu waspada. Selain itu, infeksi tersebut juga dapat berdampak pada kemandulan. Bagi wanita ini sangat berbahaya jika sudah terjangkit virus ini secara akut.

Kemandulan juga bukan hanya menyerang kaum wanita, tetapi untuk infeksi yang menyerang kaum pria juga dapat mengakibatkan kemandulan, karena infeksi ini dapat menyebabkan gangguan pada sper-ma. Infeksi dapat menyebabkan peradangan pada sper-ma, sehingga bisa menyebabkan kemandulan.

Bukan hanya peradangan saja, tetapi juga bisa menyebabkan penyempitan atau bahkan penutupan saluran sper-ma. Jika sudah demikian pria tersebut menjadi mandul, karena sper-ma tidak dapat dilarikan untuk membuahi telur. Di samping itu, jika sang pria mengalami infeksi ini, secara terus menerus juga dapat menyerang sel telur wanita, sehingga wanita juga menjadi mandul.

Infeksi ini yang lebih berbahaya ialah berpengaruh terhadap janin. Janin akan mengalami berbagai gangguan. Misalnya saja gangguan otak, akibatnya pertumbuhan otak janin semakin terhambat. Sehingga berdampak besar akibat infeksi toksoplasma pada ibu hamil.