DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Ibu Menyusui Minum Es, Bolehkah ?

Ada beberapa pantangan yang harus dipatuhi oleh ibu menyusui. Salah satunya adalah ibu menyusui tidak boleh minum es karena dapat membuat sang bayi pilek. Namun, ternyata, hal tersebut hanyalah mitos. Ibu menyesui minum es bukanlah masalah, karena flu atau pilek disebabkan oleh virus, bukan disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi ibu.

Selain larangan bagi  ibu menyusui minum es, ada juga beberapa mitos tentang pantangan bagi ibu menyusui

  • Ibu menyusui dilarang makan cabai.

Ada anggapan bahwa ibu yang menyusui tidak diperbolehkan makan cabai karena dapat menyebabkan buah hatinya terkena diare. Namun, ternyata tidak semua bayi akan terserang diare apabila sang ibu makan cabai. Sebaiknya para ibu tidak mengkonsumsi cabai dalam jumlah yang besar, namun tidak perlu juga untuk takut makan cabai meskipun hanya sedikit.

Ibu Menyusui Minum Es 2

  • Menyusui tidak boleh sambil berbaring karena dapat mengakibatkan bayi tersedak.

Menyusui boleh dilakukan dalam posisi apa saja. Sang ibu bisa menyusuI dengan posisi duduk, berdiri, atau terlentang. Yang harus diperhatikan saat menyusui adalah peletakan yang benar. Badan bayi harus selalu menghadap sang ibu begitupun sebaliknya. Ketepatan peletakan tersebut dapat mencegah bayi tersedak ataupun membuat hidung bayi terhalangi payudara ibu sehingga membuatnya sulit bernafas. Peletakan payudara yang pas dengan posisi bayi akan membuat bayi dapat meminum ASI dengan nyaman.

  • Ibu menyusui tidak boleh memakan makanan yang terlalu banyak mengandung protein karena dapat membuat sang bayi alergi.

Ada pendapat bahwa sang ibu menyusui harus menghindari makanan berprotein tinggi seperti jenis-jenis ikan laut dan telur. Kasus makanan yang berprotein ini sama halnya dengan kasusu cabe. Tidak semua bayi akan mengalami alergi bila ibunya gemar memakan makanan tinggi protein. Namun, untuk berjaga-jaga, tetap batasi konsumsi protein berlebihan untuk mencegah terjadinya alergi pada buah hati.

Ibu Menyusui Minum Es

  • Ibu yang tengah menyusui tidak boleh tidur siang.

Siapa bilang ibu yag menyusui tidak boleh tidur siang. Justru, istirahat siang sangat diperlukan sang ibu karena seringkali sang ibu harus terjaga di malam hari untuk menunggui bayinya.

  • Menyusui harus terjadwal dengan pasti agar bayi tidak kelaparan atau kekenyangan.

Tidak perlu menyusun jadwal untuk menyusui bayi Anda. Bila sang anak telah menangis kelaparan, segera saja beri mereka ASI. Bayi Anda juga pasti akan berhenti menyusu jika ia telah kenyang.

Selain mitos mengenai tidak baik bagi ibu menyusui minum es, itulah tadi mitos tentang mengenai pantangan bagi ibu yang tengah menyusui. Menjaga agar sang bayi mendapatkan ASI yang optimal memang benar. Namun, tidak perlu terlalu berhati-hati atau membuat pantangan yang mengada-ada bagi ibu yang sedang menyusui.