Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat? Ini Dia Tipsnya!

Bolehkan ibu hamil naik pesawat ? Pertanyaan tersebut seringkali diajukan oleh bumil karena khawatir dengan keadaan janinnya pada saat ia akan naik pesawat. Seperti yang kita ketahui, saat take off dan landing ada getaran yang lumayan untuk seorang wanita hamil.

Sebenarnya, naik pesawat tak menjadi permasalahan bagi bumil asalkan kandungannya dalam keadaan baik.Biasanya, ibu hamil yang tidak diperbolehkan naik pesawat adalah bumil yang memiliki kandungan yang tak sehat, misalnya terjadi komplikasi pada kehamilannya.

Tentu saja, hal tersebut menyebabkan bumil dilarang naik pesawat. Namun, jika kehamilan anda masih di bawah 34 minggu dan bumil ingin naik pesawat, tentunya diperbolehkan.

Ada beberapa maskapai yang mengharuskan ada surat keterangan dokter jika harus beli tiket, namun seiring dengan persaingan bisnis dan target profit, maka ibu hamil masih boleh.

Saat bumil masih merasa khawatir, inilah beberapa tips naik pesawat untuk ibu hamil.

Tips Untuk Ibu Hamil Yang Naik Pesawat

  1. Memilih Tempat Duduk Dekat Lorong

Ibu hamil yang naik pesawat tentunya harus memperhatikan tempat duduk. Sebaiknya, ibu hamil yang ingin berpergian menggunakan pesawat memilih tempat duduk yang dekat lorong. Tempat duduk yang didekat lorong akan mempermudah bumil ketika ia ingin pergi ke toilet. Bukankah bumil dikatakan hobi pergi ke toilet.

Jika pada trisemester awal bumil rajin bolak balik ke toilet karena mual dan ingin muntah. Tetapi, jika kehamilan semakin besar, bumil bolak balik ke toilet karena bumil sering merasa ingin buang air kecil. Jadi, tempat duduk dekat lorong dirasa pas untuk ibu hamil yang naik pesawat.Ibu hamil naik pesawat

Ibu hamil naik pesawat

  1. Hindari Duduk Terlalu Lama

Ibu hamil memang dianjurkan untuk jangan terlalu lama duduk. Lebih baik bumil sering berjalan-jalan agar otot dalam tubuhnya tidak mengalami kram dan peredaran darahnya juga bisa berjalan dengan lancar. Begitupun ketika ibu hamil naik pesawat, bumil tak boleh duduk terlalu lama. Bumil sebaiknya memilih tempat duduk dekat lorong agar ia bisa berjalan-jalan, walaupun jalan-jalannya hanya pergi ke toilet.

  1. Minum Air Putih

Tahukah anda bahwa bumil sering merasa haus. Oleh karena itu, anda tak usah heran jika ibu yang sedang hamil sering kali bolak balik ke dapur hanya untuk minum. Tentunya, minuman yang sehat untuk bumil dan janinnya adalah air putih.

Tetapi, bagaimana jika bumil sedang berada dalam pesawat? Tentu saja bumil harus tetap minum dan jangan menunda saat ia merasa haus. Air mineral pilihan yang terbaik, mengingat ibu hamil mudal mual dengan rasa/bau tertentu.

Alangkah baiknya bumil menyediakan air putih sehingga pada saat haus ia bisa langsung meminumnya dan tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi pada bumil tak hanya akan membahayakan tubuhnya saja, tetapi juga bayi yang ada dalam kandungannya.

  1. Mengenakan Pakaian Yang Nyaman

Pakaian adalah salah satu hal yang menentukan kenyamanan orang yang sedang mengandung saat bumil ingin naik pesawat. Walaupun naik pesawat, pakaian tetap harus diperhatikan oleh wanita hamil. Pilihlah pakaian yang tidak ketat dan nyaman saat bumil duduk dalam pesawat.

Bisakah anda bayangkan jika ibu hamil memakai pakaian ketat dalam pesawat, pastilah ia akan merasa sangat tak nyaman karena perutnya yang besar akan terasa sesak akibat pakaian yang dikenakannya.

Jadi, pakailah pakaian yang longgar agar bumil bisa duduk dengan nyaman dalam pesawat. Semoga tips untuk ibu hamil naik pesawat di atas bermanfaat bagi para pembaca.