Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Ibu Hamil Makan Mie Instan, Bolehkah ?

Mie instan adalah salah satu makanan yang populer dan sering dikonsumsi oleh pria dan wanita untuk mengganjal perutnya saat merasa lapar. Makanan kemasan ini pada dasarnya tidak akan berbahaya bagi wanita yang sedang hamil.

Seorang ibu yang sedang hamil makan mie instan bisa saja asal tidak menjadikannya sebagai menu makanan pokok pada tiap hari. Jadi bolehkah ibu hamil makan mie instan? Pasti itu yang sering dipertanyakan anda bukan ?.

Kandungan tepung yang ada di mie instan memiliki kalori, berbagai vitamin, mineral, lemak, protein yang rendah dan serat yang sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil. Akan tetapi, yang membahayakan dari ibu hamil makan mie instan tersebut adalah kandungan garam yang terlalu tinggi di dalam mie tersebut.

baca: Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Pedas, Makan Sate KambingBuah Durian, Buah Nangka dan Minum Air Es?

Dengan kejadian ini maka tekanan darah ibu hamil jika memakannya akan menjadi tinggi dan memicu keluhan pada kaki serta berdampak buruk bagi kesehatannya.
Mono Sodium Glutamat (MSG) yang terkandung didalam mie instant juga akan bisa mencetus reaksi penyakit hipersensitif pada ibu hamil. Reaksi tersebut seperti muntah, lemas, nyeri kepala, mual, dll.

Mie instan yang dimakan ibu hamil memang bisa disajikan dengan cepat dan praktis. Akan tetapi jika melihat kandungan zat kimia yang ada didalamnya pasti akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatannya.

Ibu hamil yang makan mie instan bisa saja terkena kandungan vetsin yang ada didalamnya. Vetsin dalam mie instan akan dapat membuat keluhan pada ibu hamil seperti gangguan tidur, mual, dan mengalami gangguan pada lambungnya jika dikonsumsi 12 gram lebih pada tiap harinya.

Untuk menghindari akan bahaya yang terkandung dalam mie instan, ibu hamil sebaiknya tidak sering-sering dalam mengkonsumsinya. Malahan kalau bisa ibu hamil yang suka makan mie instan harus bisa mengurangi, menjauhkan diri dari yang namanya makanan mie instan.

baca: Keputihan saat Hamil (Gejala, Penyebab, Obat Keputihan)

Berikut ini akan diberikan beberapa resiko yang akan diderita ibu hamil yang makan mie instan, sehingga dengan informasi dan wacana tersebut akan dapat membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatannya.

Resiko dari Ibu Hamil Makan Mie InstanIbu Hamil Makan Mie Instan

  1. Mengalami Keguguran

Kandungan zat kimia yang ada didalam mie instan akan menyebabkan bahaya pada kandungan berserta dengan perkembangannya. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil harus bisa menghindari dari makanan mie instan. Sesekali atau 2 kali dalam sebulan boleh ibu hamil makan mie instan.

  1. Kandungan MSG pada Mie Instan Bahaya untuk Janin

Bahan MSG yang ada pada mie instan akan menimbulkan rasa sakit pada kepala, ibu hamil akan merasa mual, muntah dan lemas. Bahkan jika ibu hamil sering mengkonsumsinya maka akan sangat bahaya bagi kondisi si janin.

  1. Terpaksa makan mie instan saat kondisi Hamil

Nah, jika keadaan ini terjadi pada anda maka sebaiknya anda tidak menggunakan bumbu dalam mie instan. Anda bisa membuat bumbu sendiri sehingga makanan mie instan akan bisa memiliki gizi yang baik bagi anda dan kesehatan si janin. Bumbu tambahan tersebut bisa ditambah dengan telur, wortel, atau kacang-kacangan.

  1. Bahaya Juga Mie Instan untuk Balita

Sama halnya dengan anak-anak yang masih dibawah usia 5 tahun, mie instan juga akan berbahaya bagi kondisi kesehatan serta akan memberikan efek yang buruk pada nutrisi serta penyerapannya.

  1. Mengganggu Metabolisme Tubuh

Bahan pengawet serta warna yang ada didalam mie instan juga akan mengganggu metabolisme tubuh sehingga dapat menyebabkan penyakit degenerative seperti diabetes, kanker, stroke, dll.

  1. Melemahkan Sistem Kekebalan pada Tubuh

Untuk menjaga kelembaban serta menghindari kerusakan pada mie instan, mie instan memiliki zat kimia bernama propylene glycol, yang mana bahan kimia ini mampu merusak hati, ginjal, dan jantung anda. Bahan zat kimia tersebut dapat merusak penangkal racun yang ada pada organ tubuh sehingga jika penangkal racun tersebut hilang maka sistem imun pada tubuh akan menjadi lemah.

  1. Dapat Menyebabkan Obesitas

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat mie instan memiliki kandungan garam dan lemak yang sangat tinggi. Kedua zat ini adalah pemicu utama terjadinya obesitas pada anda.

Setelah mengetahui akan bahaya yang terkandung dalam mie instan, pastinya anda yang sedang hamil khususnya harus bisa menghindari dari makanan ringan yang dikemas ini. Sesekali ibu hamil boleh makan mie instan yaitu 1 atau 2 kali dalam tiap bulannya, akan tetapi jangan sampai keterusan dan bahkan menjadi makanan pokoknya karena itu akan sangat berbahaya bagi janin.

baca: Cara Senam Hamil di Rumah (Contoh Gerakan dan Video Senam Hamil)

Itulah informasi dan wacana tentang ibu hamil makan mie instan, semoga wacana dan informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.