Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Ibu Hamil Makan Durian, Apa Boleh ?

Siapa yang tidak kepincut dengan kenikmatan buah durian? Hampir bisa dipastikan bahwa pasti setiap pembaca menyukai buah berduri ini bukan? Namun tidak bisa menikmati kelezatannya karena hamil?

Memang benar ada anggapan bahwa ibu hamil makan durian adalah sebuah pantangan yang wajib untuk dihindari jika tidak ingin ada kontraksi hebat pada janin bunda dan membahayakan keberlangsungan kehamilan.

Anggapan tentang kekhawatiran bunda tentang dampak berbahaya makan durian ketika hamil memang tidak sepenuhnya salah, namun juga anggapan tersebut juga tidak seratus persen benar. Tapi apa iya, sama sekali tidak boleh mencicipinya?

Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba untuk mengulas tentang so-called pantangan ibu hamil satu ini. Check this out!

Boleh Ga Sih Ibu Hamil Makan Durian?

Makan durian ketika hamil pada dasarnya tidak memberikan dampak yang membahayakan kesehatan bayi bunda namun memang buah durian ini mempunyai dua kandungan yang tidak terlalu baik efeknya apabila dikonsumsi bunda ketika sedang mengandung si kecil, kedua kandungan ini adalah alkohol dan asam arachidonat.

baca: Keputihan Saat Hamil (Gejala, Penyebab, Obat keputihan yang Aman)

Kandungan alkohol pada buah durian diketahui berdampak pada perkembangan janin bunda yang apabila terlalu banyak alkohol yang bunda konsumsi dapat menyebabkan bayi bunda lahir prematur dan dalam banyak kasus terlahir dengan berat badan kurang dari berat normal.

Ibu hamil makan durianIbu hamil makan durian

Sedangkan asam arachidonat-nya berpengaruh pada kemungkinan pembentukan prostaglandin yang sering kita kenal sebagai senyawa yang diketahui berperan aktif merangsang kontraksi yang menyebabkan bunda keguguran atau melahirkan secara prematur ketika usia kandungan bunda memasuki trimester terakhir.

Jika sudah begini biasanya ibu-ibu hamil akan berpindah pada produk olahan dengan rasa durian karena begitu ngidam-nya untuk makan durian. Namun tahukah bunda, ternyata produk olahan justru tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terlalu banyak ketika bunda sedang hamil. Karena perasa duriannya?

baca: Pantangan Ibu Hamil (Makanan, Minuman, Adat/Pamali)

Sayang sekali bukan, produk olahan menjadi sangat berbahaya untuk dikonsumsi karena zat kimia yang dikandungnya tidak dapat ditolerir oleh janin bunda yang masih lemah, terutama ketika bunda sering mengonsumsinya.

Pertanyaan berikutnya kenapa bukan perasa duriannya ya? Pada dasarnya kandungan durian yang terdapat pada produk olahan levelnya justru lebih rendah daripada jika bunda makan langsung dari buah durian segar.

Jadi kesimpulan yang dapat kita tarik dari ulasan ini adalah ibu hamil makan durian sah-sah saja selama masih dalam batas wajar tentang porsi konsumsinya. Cukuplah makan satu biji saja untuk mengurangi food-cravings bunda pada buah satu ini.

baca: Buah yang Dapat Menggugurkan Kandungan

Tapi apabila bunda masih khawatir dengan kesehatan janin, penulis pribadi menyarankan untuk berpuasa dulu dari buah durian ini selagi hamil. Agar apa? Agar resiko keguguran dan lahir prematur buah hati bunda dapat diperkecil. Be a smart expectant and have a safe delivery, moms to be!

baca: Senam Hamil di Rumah (Cara dan Contoh Gerakan)