Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Hipertensi Pada Ibu Hamil, Sebab & Solusinya

Hipertensi adalah salah satu penyakit yang dapat dikatakan membahayakan tubuh. Hipertensi yang sering disebut juga dengan tekanan darah tinggi ini bisa dibilang adalah pemicu penyakit berbahaya dalam tubuh, seperti jantung dan stroke. Tahukah anda bahwa ibu hamil juga sangat rentan dengan resiko tekanan darah tinggi.

Biasanya ibu hamil akan terserang darah tinggi jika ia terlalu banyak mikir pada saat hamil atau terlalu memikirkan proses persalinan yang akan dilaluinya. Lalu bagaimana cara mengatasi hipertensi pada ibu hamil? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Solusi Hipertensi pada Ibu Hamil

Olahraga

Jangan salah olahraga tentu saja aktivitas yang harus sering dilakukan oleh ibu hamil. Mungkin beberapa dari anda sering mendengar bahwa olahraga bisa membahayakan kesehatan bumil, tetapi sebenarnya olahraga adalah salah satu cara untuk mengatasi hipertensi pada ibu hamil.

Dengan melakukan olahraga paling tidak 30 menit setiap hari, maka metabolisme dalam tubuh akan berjalan dengan lancar dan peredaran darah bisa kembali normal. Jadi, lakukan olahraga yang tidak membutuhkan tenaga banyak, seperti jogging jika ibu hamil tak ingin terkena hipertensi.

Pola makan yang sehat

Sudah banyak yang tahu bahwa ibu hamil harus selalu memperhatikan makanan yang masuk dalam perutnya. Selain untuk membuat janin dalam kandungannya sehat, makanan yang sehat dan pola makan yang teratur akan menghindarkan ibu hamil dari serangan darah tinggi.

Bagi anda ibu hamil yang ingin mencegah hipertensi pada bumil, mulai sekarang hindari makanan yang berlemak dan usahakan secara rutin mengkonsumsi buah dan sayur karena kedua makanan tersebut bisa menstabilkan tekanan darah pada ibu hamil.

Hipertensi Pada Ibu Hamil

Jangan Stress

Memang benar jika kehamilan adalah anugerah bagi setiap pasangan. Tetapi, terkadang, ada pula ibu hamil yang mengalami stress karena ia sangat takut menghadapi proses persalinannya.

Stress yang dialami oleh bumil ini jika tidak segera diatasi ternyata bisa menyebabkan hipertensi pada ibu hamil. Makanya, bagi ibu hamil yang tak ingin tekanan darah tinggi membahayakan kandungan dan kesehatan, usahakan untuk berpikir positif dan jangan terlalu stress.

Jika anda mampu melakukannya, maka anda bisa selalu sehat sampai proses persalinan berlangsung.

Hindari kebiasaan Buruk

Dalam bungkus rokok pastinya anda sudah sering membaca bahwa ada peringatan yang menuliskan bahwa rokok membahayakan kesehatan ibu hamil. Hal tersebut memang kenyataan karena rokok adalah salah satu penyebab tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

Ibu hamil yang tidak bisa menghentikan kebiasaan merokok pada saat hamil, jangan mengeluh dan kaget saat hipertensi menyerang mereka. Tak hanya rokok saja, minuman beralkohol juga bisa menyebabkan hipertensi pada ibu hamil.

Jadi, hindari kebiasaan buruk merokok dan minum miras saat anda ingin kehamilan baik-baik saja. Semoga informasi tentang atasi hipertensi pada ibu hamil di atas bermanfaat bagi para pembaca!