Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Hamil 40 Minggu Belum Ada Tanda Tanda Persalinan ?

Penting bagi calon ibu untuk mengetahui perkembangan janin saat hamil 40 minggu agar Anda dapat mengetahui apakah tumbuh kembang jabang bayi sehat atau terdapat masalah.

Dalam masa kehamilan yang sudah memasuki minggu-minggu terakhir sebelum melahirkan ini, bayi di dalam janin Anda sudah hampir tumbuh secara sempurna. Inilah waktu yang tepat untuk persalinan.

Namun, ibu hamil harus terus menerus secara rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan dan juga mendukung tumbuh kembang bayi melalui asupan makanan bernutrisi. Awal Kandungan 1x sebulan, pertengan kehamilan 2minggu sekali, menjelang persalinan 1 minggu sekali dan untuk case tertentu 3 hari sekali.

Tumbuh kembang janin di masa hamil 40 minggu

hamil 40 minggu ilustrasiPerkembangan janin 40 minggu merupakan masa-masa terakhir dalam kehamilan, bisa disebut sebagai masa penyempurnaan atau masa penyelesaian. Pada minggu-minggu ini buah hati Anda sudah memiliki organ luar dan organ dalam yang hampir sempurna. Oleh karena itu, minggu-minggu terakhir hanya dipakai untuk menyempurnakan perkembangan si bayi sampai ia siap dilahirkan ke dunia.

Yang dirasakan sang ibu ketika hamil 40 minggu

Biasanya pada masa ini calon ibu sudah sering mengalami berbagai kontraksi, maka apabila ibu hamil belum merasakan adanya tanda-tanda kehamilan lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter. Berikut yang dirasakan ibu hamil saat memasuki kehamilan 40 minggu:

  • Kontraksi
  • Perut terasa mulas
  • Punggung pegal
  • Air ketuban pecah

Posisi janin atau bayi saat hamil 40 minggu

hamil 40 minggu USG 4Dimensi

hamil 40 minggu USG 3DimensiBiasanya calon ibu yang hamil 40 minggu akan deg-degan menunggu kontraksi. Pada trimester terakhir ini atau kehamilan 8 bulan, bayi seharusnya sudah berada di posisi siap lahir yaitu kepala berada di bawah dan menggulung ketat di dalam rahim Anda.

Tapi hanya sepersekian persen bayi dapat lahir tepat pada waktunya, jika bayi berada pada posisi duduk manis (kaki dan pantat berada di posisi bawah), maka dokter biasanya akan berusaha untuk membalikkannya. Akan tetapi, jika usaha tersebut tetap tidak bisa membalikkan si bayi, maka dokter akan mendiskusikan kepada Anda tentang proses melahirkan secara caesar. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk rutin melakukan pengecekan agar mengetahui posisi buah hati.

Berat dan panjang bayi 40 minggu

Penting bagi Anda untuk mengetahui perkembangan janin saat hamil 40 minggu agar dapat mengetahui apakah tumbuh kembang bayi sehat, simak infonya!Ukuran dan panjang bayi di dalam rahim sudah hampir sempurna, biasanya rata-rata bayi akan memiliki berat sekitar 3 kilogram (3,4kg – 3,8kg), sedangkan panjangnya sudah mencapai sekitar 51 cm atau 52 cm.

Tetapi mungkin bagi si bayi untuk memiliki berat dan panjang yang lebih besar atau bahkan lebih kecil. Dan sebagai catatan, bayi laki-laki biasanya akan memiliki ukuran lebih besar dibandingkan bayi perempuan.

Pipi bayi akan kelihatan montok karena lima belas persen dari berat badan si bayi adalah lemak yang fungsinya untuk menjaga bayi Anda tetap hangat khususnya nanti saat buah hati telah dilahirkan. Pada fase ini cairan ketuban juga telah terbentuk secara sempurna, sedangkan organ juga sudah lengkap sehingga dia siap untuk dilahirkan.

Meskipun hari kelahiran bagi bayi sudah hampir tiba, akan tetapi pada masa hamil 40 minggu ini tulang tengkoraknya masih belum menyatu secara sempurna. Jadi tulang-tulang mereka mungkin bisa tumpang tindih ketika mereka bergerak, apalagi saat mereka bergerak keluar saat persalinan.

Hal tersebut umum dinamakan sebagai molding, dimana menjadi asalan kenapa kepala bayi kelihatan mengkerut atau mengerucut tepat setelah ia dilahirkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut hanyalah sementara sebelum tulang-tulangnya mengeras dan mulai membentuk secara sempurna.

Apa yang sebaiknya dilakukan ibu ketika memasuki masa hamil 40 minggu?

Pada masa kehamilan 40 minggu ini, ibu sebaiknya mulai memanjakan diri sebelum menunggu persalinan. Karena nanti setelah bayi lahir, Anda tidak memiliki waktu lagi untuk mengurus diri sendiri dan harus 24 jam siap sedia bagi sang buah hati.

Tidak terlambat untuk sedikit bersenang-senang seperti menonton film, bersantai membaca buku, dan duduk menonton televisi atau mendengarkan musik sambil merasakan si bayi aktif bergerak di dalam kandungan Anda. Perkembangan janin 40 minggu ini biasanya bayi yang sudah terbentuk hampir sempurna sangatlah aktif bergerak-gerak.

Ingat pada masa-masa hamil 40 minggu ini Anda akan sering mengalami kontraksi, tetapi jangan khawatir ataupun panik. Cobalah untuk tetap tenang dan jangan langsung menelepon dokter maupun bidan Anda karena bisa jadi itu kontraksi palsu (Braxton Hick Contraction). Anda bisa saja disarankan untuk menunggu terlebih dahulu supaya melihat apakah kontraksi yang dialami betul-betul kontraksi asli.

Berikut ini merupakan keluhan, kendala dan permasalahan yang sering dirasakan oleh ibu hamil yang memasuki usia kandungan 40 minggu. Disertakan pula solusi dan penanganan yang bisa ibu hamil dan suami lakukan agar permasalahan itu teratasi, mari disimak.




hamil 40 minggu perut sering kencang

Hal alami yang dirasakan ibu hamil mulai trimester 2. Apabila ditanyakan ke dokter kandungan atau bidan pasti jawabannya tidak apa-apa, normal, selama tidak diiringi nyeri hebat. Perut kencang selama kehamilan merupakan pertanda bagus, ada aktivitas didalam rahim, misal janin sedang bergerak, atau debay sedang mencari jalan lahir. Tak jarang bahwa perut kencang juga di iringi ngilu di missV.

Perut kencang biasa terjadi kapanpun, bisa pagi, siang atau malam. Beberapa saran yang bisa kami anjurkan adalah bersandar atau rebahan miring ke kiri maupun miring ke kanan, atur posisi senyaman nya bunda dan jangan memaksakan kalau sudah terasa capek/letih.

hamil 40 minggu keluar lendir

Hal yang normal bahwa saat trimester ketiga, ibu hamil mengalami keputihan. Keputihan yang normal adalah yang tidak berbau/berwarna/tidak lengket. Biasanya setelah keluar lendir, di ikuti rembesan ketuban dan kemudian proses lahiran.

hamil 40 minggu belum ada tanda melahirkan, belum lahiran, belum melahirkan

Batas maksimal melahirkan yang ideal adalah 38-41 minggu. Jika >42 minggu itu yang dinamakan Kehamilan Lewat Waktu. Perbanyak gerak, misal jalan-jalan pagi keliling komplek rumah, menyapu dan mengepel dengan posisi jongkok, perbanyak posisi sujud. Lakukan hubungan intim, karena speerma mengandung zat prostaglandin yang memicu kontraksi persalinan.

hamil 40 minggu perut sering mengeras

Perut terasa keras saat hamil tua merupakan hal yang wajar. Terlebih setelah hubungan badan karena dipicu zat prostaglandin. Ada tiga ciri-ciri mendekati persalinan, yaitu : keluarnya lendir (tanda pembukaan), kontraksi terasa konsisten/teratur yang disertai mulas/nyeri, pecahnya membran atau ketuban.

hamil 40 minggu keluar lendir bening

Pertama periksa dan cek baunya, kalau barbau pesing, berarti urine. terkadang Bumil ga bisa nahan pipis lama karena tekanan rahim ke kandung kemih. Kedua bisa jadi itu keputihan. Kemungkinan yang ketiga adalah air ketuban, ketuban yang merembes. Ciri-cirinya adalah ketika sedang beraktifitas entah itu duduk, berdiri, jalan, keluar dikit-dikit tp sering tanpa bisa ditahan. Ketuban pecah tidak bisa ditahan, bila pecah berbunyi ‘pyok’.

Kemungkinan itu merupakan keputihan berlebihan. Biasanya dokter kandungan akan memberikan antiseptik untuk obat dalam, dan juga memberi saran untuk cebok ditambah sedikit takaran dettol agar lebih higienis namun masih aman.




hamil 40 minggu keluar keputihan

Pada saat hamil akan terjadi peningkatan pengeluaran cairan missv daripada biasanya yang disebabkan karena adanya perubahan hormonal selama kehamilan. Bentuk dari cairan missv, selama kehamilan berwarna bening atau putih susu , encer, tidak lengket/kental dan tidak berbau. Ini adalah normal yang terjadi karena perubahan hormon tubuh selama kehamilan.

Intensitas cairan akan meningkat dengan bertambahnya usia kehamilan. Tips yang bisa ibu hamil lakukan : menjaga kebersihan missV, rajin ganti CD, sebaiknya Celdam berbahan katun. Bila keputihan berubah menjadi berwarna/berbau/kental segera konsultasi kedokter untuk penanganan lanjut. Pengananan nya bervariasi, ada yang cukup dengan cara alami, engan obat, atau konsultasi dengan dokter.

hamil 40 minggu berapa bulan

Terkadang untuk mengira usia kehamilan yang pasti, menjadi polemik jika tidak tahu HPHT (hari pertama haid terakhir). Untuk menghitung HPHT akan akurat jika siklus haidnya teratur. Pakai rumus 7-3-1. Tanggal ditambah 7, bulan dikurangi 3, tahun ditambah 1. contoh:
Jika HPHT anda adalah 1 November 2016 , maka:
01-11-16
+     –    +
7     3    1
8 – 08 – 17 (ini tanggal HPL)

Usia kehamilan

  • 1 bulan = 4 minggu 2 hari
  • 2 bulan = 8 minggu 4 hari
  • 3 bulan = 12 minggu 4 hari
  • 4 bulan = 17 minggu 1 hari
  • 5 bulan = 21 minggu 3 hari
  • 6 bulan = 24 minggu 5 hari
  • 7 bulan = 30 minggu
  • 8 bulan = 34 minggu 2 hari
  • 9 bulan = 38 minggu 4 hari
  • 9 bulan 10 hari – 40 minggu

hamil 40 minggu perut bawah nyeri

Nyeri perut bagian kiri bawah (terkadang kanan bawah perut) biasa terjadi pada ibu hamil, baik itu hamil muda atau hamil tua. Terkadang rasa nyeri dibarengi dengan mual dan pusing. Nyeri muncul tiba-tiba dan juga cepat hilang, istilahnya timbul tenggelam.

Jika pada hamil muda, rasa nyeri itu akibat dari perkembangan rahim yang semakin hari semakin membesar dan normal selama tidak keluar yang aneh-aneh dari missv. Sedangkan pada kehamilan trimester ketiga, nyeri perut bagian bawah disebabkan karena kepala debay sedang melakukan penyesuaian di panggul dengan jalan lahir atau bisa juga karena kondisi badan yang letih dan dianjurkan bedrest.

hamil 40 minggu air ketuban kurang

Ibu hamil memiliki volume air ketuban yang berbeda-beda, sama seperi ibu menyusui yang volume ASI nya berbeda satu sama lain. Penyebabnya adalah kecapekan, stess, dehidrasi dan diare. Perbanyak minum air mineral dan ion seperti pocari sweat, minum air kelapa muda, makan makanan bergizi tanpa pengawet tanpa penyedap rasa.

hamil 40 minggu belum ada mules

Saat hamil trimester 3, bisa jadi mulas merupakan hal yang ditunggu-tunggu, karena merupakan ciri-ciri mau lahiran dan pembukaan persalinan. Mules bukan mau BAB, tapi mules sperti mau haid. Pengalaman dari sebagian bunda, mules yang teratur dan konstan merupakan sinyal kuat debay mau lahir.

Lalu bagaimana cara untuk memancing proses persalinan dan mempercepat pembukaan ? Perbanyaklah jalan kaki di dalam rumah, sekitar komplek rumah, jalan kaki saat subuh, meningkatkan frekuensi HB dengan suami, ajak janin berkomunikasi juga sugesti yang bagus.

hamil 40 minggu bayi masih aktif

Pada usia ini, kondisi bayi sudah 99,99% sempurna. Semua organ nya sudah optimal, baik itu organ dalam, pendengaran maupun penglihatan. Penyebab bayi yang masih aktif di penghujung kehamilan adalah bayi merespon rangsangan dari luar berupa suara/cahaya, atau juga respon bila ibu hamil sedang merasakan feel tertentu, entah itu cemas/stress, bahagia, takut, dll. Ketika janin sedang aktif, ajaklah berkomunikasi guna memperkuat ikatan dan hubungan ibu dan anak.

hamil 40 minggu belum ada pembukaan

Banyak pertanyaan tentang hal ini, sudah kontraksi tapi belum ada pembukaan, sudah keluar lendir tapi belim juga ada pembukaan, dsb. Solusinya adalah tetap tenang, dibawa aktivitas bunda, jalan2 selama ketuban belum pecah sangat dianjurkan, karena pd yg hamil pertama untuk pembukaan 1-3 itu lama, kecuali kontraksi sudah adekuat tiap 5menit, durasi 60-90 detik, teratur, makin lama makin kuat dan memanjang durasinya. Tetep makan dan minum  agar tenaganya cukup, gak lemes, karena masih lama.

hamil 40 minggu belum ada tanda persalinan

persalinan yg ideal di usia 38-40 masih bisa dikatakan bagus. Tetap tenang dan jaga asupan gizi utnuk janin sembari diiringin intensitas HB dengan suami, jalan kaki, dan latihan pernafasan

hamil 40 minggu keluar cairan bening/cairan putih

Keputihan merupakan hal normal pada ibu hamil selama tidak berbau, berwarna, tidak kental dan tidak menyebabkan gatal.

hamil 40 minggu keluar flek coklat / lendir campur darah

Jika keluar flek coklat disertai kontraksi rutin/konstan dan perut kencang merupakan pertanda proses lahiran segera dimulai.

hamil 40 minggu diare

Beberapa hari sebelum persalinan, seluruh otot yang ada di rahim sudah melemas untuk mempersiapkan diri terhadap persalinan, termasuk  di rektum (ujung saluran pencernaan yang berakhir di anus). Akibat dari pelemasan adalah ibu hamil jadi mudah diare. Gejala ini merupakan salah satu hal penting yang menjadi tanda bahwa ibu hami akan melahirkan dalam beberapa hari lagi. Agar tidak dehidrasi karena terlalu sering pup, perbanyak konsumsi air putih, jauhi makanan asam, pedas dan susu

hamil 40 minggu di induksi

Induksi merupakan opsi terakhir bila kondisi ibu hamil mengalamai gangguan hebat dan eselamatn janin terancam. Dokter akan melakukan pemeriksaan non-invasif dan profil biofisika untuk memeriksa kondisi kehamilan dan kesehatan janin. Jika kondisi baik, maka disarankan untuk meneruskan ke persalinan spontan.

Teknik induksi ada 2, yakni induksi kimia dan induksi mekanik. Cara kerja 2 metode ini sama, yaitu memancing zat prostgalandin yang memicu kontraksi. Resiko terburuk induksi adalah kontraksi rahim berlebihan, gawat janin/fetal disterss, merobek bekas jahitan caesar, emboli (air ketuban masuk ke peredaran darah dan menyangkut di otak/paru-paru)

hamil 40 minggu keluar darah

Ciri akan dimulainya persalinan diantaranya adalah kontraksi yang teratur, makin sering, makin kuat, dan makin lama,,,,serviks (leher rahim) yang melunak dan lebih elastis ,,,,ketuban pecah,,,,lendir yang disertai darah. Serviks yang melebar akan membuat jalan sehingga lendir tersebut keluar melalui missV. Penyebab keluar darah bisa dikarenakan tanda melahiran, setelah berhubunan intim, atau kecapekan. Pada proses persalinan yang pertama, proses pembukaan berlangsung lama

hamil 40 minggu makan durian

Lakukan konsultasi ke dokter kandungan/ bidan terlebih dahulu mengingat kandungan ibu yang satu dengan lainnya berbeda. Ada yang aman mengkonsumsi, ada pula yang keluar flek setelah mengkonsumsi durian.

Hamil 40 minggu belum keluar ASI

Dari pengalaman sebagian besar ibu hamil, ASI baru keluar 1-2 hari setelah persalinan. Selalu lakukan relaksasi, perawatan kebersihan pada payuuddara, dan positive thinking untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI. Hari 1-3 setelah melahirkan bayi hanya butuh kolostrum, jangan bayangkan kolostrum ini bakal 1-2 botol, volume kolostrum sedikit. Meski sedikit, kolostrum maha penting kandungannya buat bayi, ada Immunoglobin yg bantu kekebalan.

Baca: Tips Melahirkan / Foto Orang Melahirkan

Itulah beberapa info yang kami rangkum di usia kehamilan 40 minggu. Sebaiknya ibu hamil senantiasa mencari second opinion (pendapat lain) mengingat kehamilan bumil yang satu dengan dengan bumil bisa berbeda penanganannya. Semoga bermanfaat