Hamil 38 Minggu Agar Cepat Kontraksi dan Melahirkan

Dalam kalender kehamilan, hamil 38 minggu sudah memasuki masa trimester terakhir dan bayi di dalam kandungan akan memasuki usia penyempurnaan atau persiapan sebelum dilahirkan ke dunia.

Di kehamilan yang kesembilan bulan ini, biasanya merupakan periode yang mendebarkan dimana calon ibu akan sering mengalami tanda-tanda mau melahirkan seperti kontraksi.

Bisa jadi ini merupakan kehamilan yang pertama, sehingga harus siap sedia dan was-was ketika memasuki minggu ke-38. Selalu ada cerita, fakta dan mitos yang akan ibu hamil dengar, namun dengan open minded dan positif thinking maka semua akan bisa dilalui dengan baik

Rata-rata hanya sekitar 5% saja bayi dapat lahir tepat pada waktu yang telah diperkirakan. Ketika Anda sudah memasuki minggu-minggu terakhir ini disarankan untuk tetap tenang dan jangan panik karena bayi dapat lahir kapan saja: bisa lebih cepat ataupun lebih lama. Selain itu, saat memasuki usia kehamilan trimester terakhir posisi kepala bayi normalnya adalah menghadap ke bawah untuk siap dilahirkan.

Perkembangan janin pada usia hamil 38 minggu

hamil 38 mingguMemasuki masa kehamilan 38 minggu ini, maka janin atau bayi akan mulai melepaskan rambut-rambut halus yang melekat di tubuhnya. Rambut-rambut yang disebut lanugo ini berfungsi untuk melindungi si buah hati selama berada di dalam bayi Anda. Tapi, mungkin setelah dilahirkan pun masih aka nada rambut-rambut halus yang tersisa entah di bagian leher, pundak, maupun dahinya. Selain itu, pelumas yang melindunginya dari air ketuban ibu atau disebut juga vernix juga sedikit demi sedikit akan makin menghilang.

usia hamil 38 minggu, berat normal janin 38 minggu, janin hamil 38 minggu, hamil 38 minggu sering bab, hamil 38 minggu perut kencang, hamil 38 minggu selangkangan sakit buat jalan, hamil 38 minggu perut bawah sakit, hamil 38 minggu perut belum turun, hamil 38 minggu keluar lendir, hamil 38 minggu gerakan janin berkurang, hamil 38 minggu operasi caesar, hamil 38 minggu keputihan, hamil 38 minggu janin belum masuk panggul, hamil 38 minggu air ketuban sedikit, hamil 38 minggu asi belum keluar, hamil 38 minggu air ketuban berkurang, hamil 38 minggu agar cepat kontraksi dan melahirkan, hamil 38 minggu anak kedua, hamil 38 minggu air ketuban keruh

— just for fun :) —

Lanugo dan vernix yang hilang kemudian terbuang itu biasanya akan berakhir di usus yang menyatu juga pada meconium. Meconium ini merupakan sebuah zat atau cairan berwarna hijau kehitaman yang akan dibuang oleh buah hati Anda ketika dia lahir ke dunia. Apa saja yang ada di dalam meconium ini? Cairan seperti zat ter yang terbuang itu akan membawa cairan ketuban, sel-sel mati, dan kotoran bayi yang bersumber dari pankreas, kantong empedu, juga hatinya.

Posisi janin atau bayi 38 minggu

Meski bayi di dalam lahir masih 2 minggu lahir untuk dilahirkan ke dunia, tetapi posisi bayi Anda dengan kepala berada di bawah sudah siap untuk dilahirkan. Meskipun masa kelahiran bayi masih sekitar 2 minggu lagi, rata-rata sekitar 85% bayi terlahir antara 2 minggu dari masa perkiraan atau HPL-nya (Hari Perkiraan Lahir). Bisa jadi bayi Anda lahir dalam kisaran waktu sekitar 4 minggu ke depan. Kelahiran janin hamil 38 minggu ini memang tidak mudah untuk diperkirakan secara tepat.

hamil 38 minggu USG 3Dimensi

hamil 38 minggu USG 4D

Berat dan panjang janin 38 Minggu

Umumnya saat Anda memasuki usia kehamilan trimester akhir ini, berat normal janin 38 minggu si bayi rata-rata sekitar 3 kilogram, tapi ada juga yang lebih dari itu sekitar 3,2 kilogram. Sedangkan untuk panjang badan mereka diukur dari kepala sampai kaki-kakinya yang mungil adalah sekitar 39 cm.

Mulai memasuki masa 9 bulan ini, pertumbuhan bayi akan dirasakan melambat, tapi akan tetap terus berkembang dan bisa jadi panjang bayi akan mencapai 49,5 cm sampai dengan 50,8 cm. Bayi laki-laki pun bisa memiliki badan yang lebih besar daripada bayi perempuan.

Di sini paru-paru mereka sudah terbentuk secara sempurna dan dapat bekerja untuk bernafas, siap menunggu dia dilahirkan kemudian merasakan momen bernafas pertama kali ketika sudah dilahirkan. Janin usia 38 minggu masih aktif bergerak bahkan mereka juga mulai dapat merespon sentuhan dan cahaya. Posisi bayi juga sudah merasa nyaman dengan posisi menggantung di area bawah rahim.hamil 38 minggu ukuran berat panjang

Apa yang harus dilakukan ibu hamil 38 minggu?

Ketika memasuki usia hamil 38 minggu, berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Minumlah banyak air

Ibu akan jadi sering buang air kecil sebab janin yang makin membesar akan memberikan tekanan pada kandung kemih Anda. Hindari dehidrasi dengan meminum air putih.

  1. Berkendara secara nyaman dan aman

Saat ingin bepergian, pastikan kenyamanan posisi Anda khususnya ketika berkendara. Aturlah kursi depan agar lebih menghadap ke belakang, apalagi ketika Anda sudah melahirkan dan membawa si bayi yang baru lahir. Anda bisa melahirkan kapan saja di luar HPL, jadi aturlah mulai dari sekarang.

  1. Tentukan posisi ternyaman

Dari kelas persiapan kelahiran yang sudah Anda jalani, tentukan posisi ternyaman apakah duduk, merangkak, atau berdiri. Pikirkan posisi yang sesuai bagi Anda.

Berikut ini merupakan keluhan, kendala, permasalahan dan yang sering dirasakan oleh ibu hamil yang memasuki usia kehamilan 38 minggu. Disertakan pula solusi dan penanganan yang bisa ibu hamil dan suami lakukan agar permasalahan itu teratasi, mari disimak.




hamil 38 minggu sering BAB

Umumnya pada trisemester ketiga, kehamilan seorang wanita hamil akan mengalami susah BAB (sembelit) karena penekanan rahim ke dubur dan usus besar. Pada trimester terakhir pula seorang wanita hamil akan jauh lebih sering mengalami kontraksi perut yang palsu (berasa mulas seperti ingin melahirkan namun hanya timbul sesekali ).

Jika rasa mulas yang Anda alami memang seperti ingin BAB namun tidak bisa BAB maka kemungkinan ini terjadi karena : Konstipasi, Kurang makan serat, Pola makan yang kurang sehat, Dehidrasi, dll. Perbaiki pola makan Anda, makanlah makanan yang matang dan perbanyak minum air putih serta sayur dan buah. Minum yogurt dan probiotik juga bisa membantu melancarkan pola defekasi Anda.

hamil 38 minggu perut kencang

Usia kandungan 38 minggu sudah memasuki usia aterm / cukup bulan untuk melahirkan. Saat usia kehamilan mendekati persalinan, tidak jarang ibu hamil merasakan perutnya kencang. Perut kencang saat hamil merupakan kondisi yang umum terjadi yang dapat disebabkan oleh pergerakan pada janin, perut kembung / ada gas berlebih dalam perut, kontraksi palsu ataupun kontraksi persalinan. Untuk mempersiapkan persalinan, ibu hamil sebaiknya mengetahui tanda-tanda persalinan yaitu:

  • Nyeri pada punggung atau kram seperti saat akan menstruasi
  • Sulit tidur
  • Frekuensi buang air kecil meningkat dibanding biasanya
  • Keluar lendir bercampur darah dari vag1na
  • Merasakan kontraksi palsu sebelum kontraksi sungguhan.
  • Adanya pembukaan berdasarkan pemeriksaan vag1nal touche oleh tenaga medis
  • Air ketuban pecah, berupa rembesnya air ketuban seperti buang air kecil tetapi tidak disadari.

hamil 38 minggu selangkangan sakit buat jalan

Adalah wajar bagi ibu hamil merasakan nyeri punggung, merasa cepat lelah, dan mulai kesulitan berjalan ketika memasuki usia kehamilan 8 bulan. Kondisi ini disebabkan oleh semakin membesarnya perut. Pada usia kehamilan ini, berat badan Anda akan bertambah sekitar 11-13,5 kg, bahkan lebih. Sebaiknya hindari aktivitas yang terlalu berat.

Berjalan kaki masih diperbolehkan, namun hindari jarak tempuh yang terlalu jauh. Ketika memasuki usia kehamilan 8 bulan, Anda dan pasangan harus mulai merencanakan metode dan tempat bersalin. Dokter mungkin meminta Anda melakukan kunjungan rutin lebih sering, yaitu dua minggu sekali, yang bertujuan memantau perkembangan dan persiapan persalinan.

hamil 38 minggu perut bawah sakit

Tanda tanda persalinan akan segera dimulai bisa ditandai dengan : Rasa mulas (perut terasa menegang dan kencang) yang semakin lama semakin sering, semakin ritmis dan semakin pendek intervalnya, Keluar lendir darah, Keluar cairan ketuban. Kesemuanya belum tentu akan muncul dalam 1 waktu, namun jika ada salah satu dari gejala diatas maka ini merupakan tanda bahwa persalinan akan segera dimulai. Apalagi jika usia kandungan Anda sudah mencapai masa viable (38-40 minggu).

Kram perut yang ibu hamil rasakan bisa saja merupakan reaksi kontraksi palsu yang biasanya menghilang segera dan tidak diikuti adanya kontraksi yang ritmis dan berulang secara rutin. Maka dari itu segera periksakan diri Anda ke dokter kandungan / bidan/ RS terdekat. Dengan pemeriksaan seksama akan lebih diketahui secara pasti kondisi Anda dan bayi Anda.

hamil 38 minggu perut belum turun

Jika yang di maksudkan mengenai perut yang belum turun meski usia kehamilan sudah tua adalah bayi yang belum memposisikan kepala masuk kepanggul sehingga masih melayang maka kondisi ini dapat merupakan hal yang wajar atau bisa merupakan tanda adanya gangguan tertentu.

Umumnya, pada kehamilan pertama, kepala bayi akan mulai memposisikan diri dan masuk kepanggul sejak usia kehamilan 37 minggu. Sedangkan pada kehamilan ke-2 dan seterusnya, biasanya kepala bayi baru turun kepanggul mendekati waktu persalinan. Bahkan tidak jarang pada minggu ke 38/39 kepala janin masih tampak melayang diatas tulang simfisis/panggul. Selama tidak ada kondisi yang merupakan kontraindikasi untuk dilakukan persalinan normal, maka kemungkinan persalinan normal masih ada.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu kepala masuk kedalam panggul, antara lain:

  • Rutin olahraga ringan sekita 20-30menit tiap hari
  • Melakukan senam hamil dengan rutin
  • Melakukan posisi nungging atau sujud selama 10-15menit dilakukan rutin 2 kali sehari.

Konsultasilah dengan bidan atau dokter mengenai cara yang benar dan aman untuk melakukan gerakan-gerakan diatas.

hamil 38 minggu keluar lendir

Keluarnya cairan dari jalan lahir menjelang kehamilan minggu-minggu akhir patut diwaspadai sebagai pecah ketuban. Pecah ketuban, tergantung usia kehamilan, bisa merupakan proses persalinan normal atau malah pecah ketuban dini (usia kehamilan di bawah 37 minggu). Diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Spesialis Kebidanan (Sp. OG) untuk mengetahui secara pasti usia kehamilan Anda (bisa saja Anda salah mengingat hari pertama haid terakhir).

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan USG untuk mengukur janin yang mengisyaratkan usia kehamilannya. Dari situlah baru bisa ditentukan apakah cairan tersebut merupakan ketuban yang pecah secara normal (sebagai awal proses persalinan) atau malah ketuban pecah dini, yang perlu ditindaklanjuti guna mencegah infeksi janin dan ibu.

Biasanya, pada pecah ketuban akan diikuti dengan rasa mulas teratur yang semakin lama semakin sering dan kuat disertai nyeri pinggang yang tak hilang dengan perubahan posisi, bisa diikuti dengan keluarnya lendir bercampur darah melalui jalan lahir (persalinan sejati).




hamil 38 minggu gerakan janin berkurang

Merasakan gerakan janin yang berkurang dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti ukuran janin mmbesar di rahim, janin yang memang kurang bergerak karena tidak selamanya janin akan selalu aktif, namun dapat juga disebabkan oleh hal yang berbahaya seperti gawat janin. Oleh sebab itu lakukan lah pemeriksaan rutin dengan dokter kandungan agar keadaan janin Anda selalu terkontrol dan dapat dilalukan tindakan tertentu jika memang diperlukan. Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini:

  • Hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat
  • Kontrol tekanan darah secara rutin dan kontrol keadaan janin secara rutin
  • Mengkonsumsi banyak makanan berserat
  • Konsumsi makanan tinggi gizi dan nutrisi

hamil 38 minggu operasi caesar

Hanya sekitar 5% bayi yang lahir sesuai dengan tanggal perkiraan kelahirannya (usia kehamilan 40 minggu). Memasuki usia kehamilan 38 minggu sebenarnya janin yang berada dalam rahim telah siap untuk dilahirkan karena proses perkembangan bayi telah sempurna.

Namun perlu diingat bahwa penghitungan usia kehamilan harus dilakukan secermat mungkin, terkadang untuk memastikan apakah benar janin telah mengalami proses perkembangan yang sempurna diperlukan konfirmasi berupa pemeriksaan USG, terutama jika terdapat rencana untuk terminasi kehamilan pada masa tersebut.

Apabila memiliki keadaan kesehatan tertentu yang tidak menyarankan proses kelahiran normal, biasanya memang Dokter Kandungan akan mengatur jadwal kelahiran secara caesar pada usia kehamilan 38-39 minggu, salah satu alasannya adalah untuk mencegah terjadinya proses persalinan alami (dimulai dengan kontraksi serta pembukaan) yang memang biasa terjadi pada usia kehamilan di atas 38 minggu.

hamil 38 minggu keputihan

Keputihan pada kehamilan merupakan hal yang normal terjadi selama lendir keputihan berwarna bening keputihan, tidak berbau, tidak disertai gatal maupun nyeri. Berikut beberapa kondisi keputihan yang tidak normal:

  • Keputihan dengan lendir merah muda(normal pada wanita paska melahirkan),
  • Keputihan coklat kemerahan (terdapat kemungkian kanker serviks),
  • Keputihan nyeri atau dan berdarah (infeksi Gonore atau Chlamydia)
  • Keputihan berbuih, berbau, nyeri, berwarna hijau atau kuning (infeksi Trikomoniasis),
  • Keputihan dengan luka melepuh pada sekitar vag1na(infeksi herpes),
  • Keputihan disertai rasa gatal dengan lendir cair atau berwarna keputihan(infeksi jamur),
  • Keputihan berbau amis, dengan keputihan berwarna putih atau abu-abu(infeksi vaginosis bakteri),

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke spesialis kandungan bila mengalami keputihan yang tidak normal seperti kejelasan diatas. Diperlukan anamnesa/wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap maupun pemeriksaan lendir keputihan. Guna mencegah keputihan tidak normal dapat dilakukan beberapa tips berikut ini:

  • Hindari menggunakan sabun beraroma,
  • Cuci vagggina dengan air hangat dengan sabun khusus vag1na,
  • Hindari melakukan hubungan seksual selama keputihan,
  • Menghindari diri dari hubungan seeeksual beresiko atau dengan meminta pasangan menggunakan k0nd0m,
  • Hindari menggunakan celana ketat,
  • Hindari penggunaan celana dalam yang lembab atau basah,
  • Kompres dingin guna mengurangi rasa gatal maupun bengkak.

hamil 38 minggu janin belum masuk panggul

Beberapa kondisi kepala bayi belum masuk panggul bisa disebabkan karena : Panggul ibu kecil (CPD), Tali pusat terlalu pendek, Kepala terlilit tali pusat, Ukuran bayi terlalu besar, Ada tumor pada jalan lahir bayi yang menghalangi bayi “turun”, dll.

Jika ternyata setelah pemeriksaan dipastikan ukuran janin normal (tidak besar) dan panggul ibu tidak sempit maka Anda bisa melakukan beberapa gerakan senam sederhana seperti : Bersujud, Banyak jalan, Hindari duduk terlalu lama, Beraktivitas, senam hamil / yoga.

hamil 38 minggu air ketuban sedikit

Kondisi itu disebut dengan oligohidramnion, kondisi ini sangat perlu diperhatikan dan dikonsultasikan ke dokter kandungan agar proses persalinan normal bisa berjalan dengan baik, jika memungkinkan. Kandungan yang berusia 38 minggu maka ini menandakan bayi Anda sudah matang dan bisa dilahirkan namun berat bayi yang masih dibawah 2,5 kg menandakan bahwa bayi Anda berat rendah. Hal ini akan menyulitkan karena sangat diharapkan berat bayi >= 2,5 kg untuk menghindari resiko kesulitan pernafasan saat lahir nanti.

Maka dari itu sangat disarankan bagi ibu untuk mengkonsumsi banyak air putih, minum air kelapa, minuman ion(pocari), makan gizi seimbang dan sedikit berkalori tinggi agar berat bayi cepat naik serta mengkonsumsi makanan yang bisa membuat berat bayi lebih cepat naik seperti es krim, durian ( batasi konsumsi, jangan berlebihan), susu kehamilan, dll.

hamil 38 minggu asi belum keluar

ASI sudah mulai diproduksi saat hamil, namun belum dapat keluar akibat dari hambatan hormon kehamilan. Sesaat pada saat melahirkan, maka terjadi perubahan hormonal tersebut dan ASI langsung dapat keluar sehingga ibu dapat langsung menyusui sesaat setelah melahirkan dengan menaruh bayi pada dada ibu untuk sehingga bayi akan mencari puting ibu dan langsung menyusui. Proses ini disebut sebagai IMD (inisiasi menyusui dini).

Baca: Hamil 39 Minggu

Demikian informasi penting masa hamil 38 minggu yang harus calon ibu sekalian tahu. Semoga bermanfaat.