Daftar isi [720+ Artikel]

Hamil 33 Minggu, Apa yang Harus Diketahui Ibu Hamil

Janin yang berada di dalam rahim ketika usia hamil 33 minggu mengalami perkembangan yang luar biasa. Terutama pada indera kulit/perasa/pendengaran/penglihatan.

Istilahnya belajar kilat dimana ia sudah dapat merasakan dunia cair di sekitarnya seperti mengecap rasa air ketuban, mencoba menghisap ibu jari tangannya, dan menarik ibu jari kakinya.

Bayi juga mulai dapat merasakan detak jantung ibunya. Tidak hanya pada janin yang akan mengalami banyak perkembangan dan semakin tumbuh besar, sang bunda pun juga akan mulai merasakan maupun mengalami berbagai macam hal.

Anda bisa merasakan bayi mulai menendang-nendang dan bergerak makin aktif di dalam kandungan Anda dan pastinya hal tersebut merupakan suatu momen yang membahagiakan.hamil 33 minggu gambar janin 33 minggu ilustrasi

Perkembangan janin di usia hamil 33 minggu

Apa yang dirasakan ibu hamil ketika memasuki masa kehamilan 33 minggu? Ada banyak hal yang terjadi pada tubuh Anda ketika usia janin sudah menginjak 8 bulan seperti:

  • Jadi sering buang air kecil dan merasa dehidrasi
  • Bengkak di kedua kaki
  • Anda akan merasakan bahwa kepala bayi berada di posisi panggul, sedangkan bagi ibu yang sudah pernah mengalami kehamilan berkali-kali maka hal tersebut bisa terjadi seminggu sebelum proses persalinan
  • Anda akan bertambah berat sekitar 0,45 kilogram per minggu dan nanti akan masih terus bertambah sampai menjelang HPL (Hari Perkiraan Lahir) atau proses melahirkan

Jangan pernah berusaha untuk mengurangi berat badan Anda ataupun memperlambat berat badan sebab bayi di dalam kandungan Anda memang membutuhkan berat ekstra tersebut. Jadi, jangan lakukan diet semasa kehamilan, Anda masih punya kesempatan di lain waktu setelah bayi lahir ke dunia untuk mengurangi berat badan.

Selain hal-hal tersebut di atas, Anda mungkin juga akan mulai mengalami yang rasanya sakit di pergelangan. Pergelangan tangan menjadi bengkak, tetapi janganlah khawatir karena hal tersebut hanya sementara dan akan menghilang dengan sendirinya terutama setelah Anda melahirkan.hamil 33 minggu USG 4 Dimensi

Posisi janin atau bayi usia hamil 33 minggu

Janin usia 33 minggu sudah masuk panggul karena dia bersiap-siap untuk dilahirkan. Ia akan makin aktif bergerak dan melakukan hal-hal seperti: berputar-putar dan bergerak aktif, posisinya juga suka terbalik-balik, dan kepala bayi akan sering berada di bawah atau menunjuk ke bawah. Pada waktu-waktu ini bidan atau dokter kandungan Anda akan melakukan pengecekan serta pengawasan tentang pergerakan bayi Anda selama beberapa minggu.

Berat dan panjang bayi

hamil 33 minggu janin tersenyum tertawa bahagia gambar lucu gemesJanin akan memiliki berat sekitar 1,8 kg sampai dengan 2,2 kg sedangkan panjangnya yang diukur dari kepala sampai kaki sekitar 41 cm sampai 44 cm. Berat tersebut akan digandakan lebih lagi dalam masa tujuh minggu ke depan sehingga jangan heran juga apabila berat badan Anda juga akan ikut bertambah.

Organ-organ luar dan dalam bayi juga berkembang makin sempurna seperti, tengkoraknya yang terus bertumbuh meskipun masih lentur akan tetapi pelat tengkorak akan menyatu satu dengan yang lainnya. Tidak hanya itu, tulang-tulang bayi Anda yang lainnya juga semakin mengeras.

Kondisi tulang tengkorak yang belum mengeras ini justru akan memudahkan si bayi untuk keluar saat proses persalinan. Jangan khawatir karena seiring berjalannya waktu, lama kelamaan tengkoraknya juga makin mengeras.hamil 33 minggu ukuran berat panjang janin dalam kandungan

Kondisi perkembangan janin di masa hamil 33 minggu juga ditandai dengan adanya pertumbuhan lemak pada bayi. Lemak di bawah kulit si bayi akan menebal sehingga dia tidak akan nampak keriput lagi. Memasuki periode ini pun syaraf-syarafnya juga makin berkembang secara sempurna seperti indera pendengaran, begitu pula dengan otak besar si buah hati akan terus terbentuk dan juga semakin berkembang.

Apa yang harus dilakukan oleh sang ibu di hamil 33 minggu ini?

Jika Anda tidak berencana untuk melahirkan secara caesar, maka inilah saatnya Anda mulai melakukan persiapan melahirkan secara normal. Misalnya saja mengikuti senam hamil dengan dukungan pasangan Anda ketika dia sedang tidak sibuk, begitu juga kelas persiapan melahirkan.

Sebetulnya hal tersebut bisa dilakukan sejak kehamilan 7 bulan. Selain itu, perhatikan juga nutrisi yang Anda makan karena kebutuhan lemak serta protein bagi sang bayi harus tetap terjaga.

Berikut ini merupakan keluhan, kendala dan permasalahan yang sering dirasakan oleh ibu hamil yang memasuki usia kehamilan 33 minggu. Disertakan pula solusi dan penanganan yang bisa ibu hamil dan suami lakukan agar permasalahan itu teratasi, mari disimak.




Sesak Nafas ketika Sedang Hamil 33 Minggu

Sesak Nafas selama kehamilan umumnya dianggap normal, kecuali jika sang Ibu sudah memiliki penyakit yang diderita sejak sebelum kehamilan, misalnya Pneumonia, TBC, atau kanker Paru-paru.

Umumnya sesak nafas ini disebabkan oleh adanya penekanan dinding dada akibat ukuran rahim yang membesar, dan sesaknya lebih kearah kedalaman dari nafas, bukan dari kapasitas tubuh untuk menerima oksigen. Biasanya kondisi ini dimulai pada Trimester ketiga.

Namun, ada beberapa Ibu hamil yang terkadang tidak memiliki keluhan ini. Jadi sebaiknya kondisi ini jangan dijadikan acuan, dan untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman, anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter Kandungan.

Pemijatan yang dilakukan pada ibu hamil harus diwaspadai, terutama pada usia kehamilan muda. karena Perlekatan janin ke dinding rahim belum terlalu kuat. jadi sebaiknya jika anda atau saudara anda hamil muda, hindari melakukan pemijatan, terutama dengan penekanan yang kuat. hal ini untuk mencegah terjadinya lepasnya janin dari dinding rahim.

Keluar Cairan Bening Saat Hamil 33 Minggu

Beberapa wanita hamil mengalami keluarnya cairan MissV yang lebih sering ketika hamil. Hal ini merupakan sesuatu yang normal. Selama kehamilan, leher rahim dan dinding rahim menipis dan melunak sehingga akibatnya produksi cairan missV meningkat untuk mencegah penjalaran infeksi dari MissV ke rahim.

Selain itu, seiring dengan perkembangan janin, janin akan menekan leher rahim sehingga hal ini juga dapat menimbulkan keluarnya cairan MisV yang lebih sering. Menjelang masa akhir kehamilan, ibu hamil juga dapat menjumpai keluarnya cairan missV yang bercampur dengan bercak darah atau berupa lendir kental dengan sedikit darah.




Perut Kencang dan Mengeras saat Hamil 33 Minggu

Keluhan tersebut dapat terjadi akibat: kontraksi, gerakan janin di dalam rahim, gas berlebih dalam saluran cerna. Dengan bertambahnya usia kehamilan, kontraksi dapat makin sering terjadi. Kontraksi palsu tidak membuat ibu hamil mengalami sakit.

Kontraksi palsu tidak memburuk saat digunakan untuk berjalan dan tidak semakin kuat. Perlu diwaspadai dengan kontraksi persalinan, yang ditandai dengan terjadinya kontraksi yang makin lama makin sering, makin kuat, dan makin lama.

Usahakan tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi. Kurangi konsumsi makanan yang banyak menghasilkan gas seperti kol, bawang, kacang-kacangan. Memiliki waktu istirahat yang cukup. Hindari stres. Untuk mengetahui kondisi lebih lanjut, sebaiknya Anda periksa ke dokter.

Nyeri Bagian Dada Saat Hamil 33 Minggu

Nyeri dada pada umumnya disebabkan oleh: Cedera pada otot atau rongga dada, Inflamasi tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk dan tulang dada, Sakit asam lambung/ GERD, Batu empedu atau gangguan pada kandung empedu, Gangguan saat menelan, Peradangan pada payudara, Fibromyalgia.

Untuk memastikan keadaan yang Anda alami sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter agar dokter dapat memeriksa keadaan Anda secara langsung dan melakukan berbagai pemeriksaan tambahan seperti USG, pemeriksaan darah, EKG dan pemeriksaan lainnya.

Bunda juga dapat melakukan tips-tips berikut ini: Makan teratur dengan mengkonsumsi makanan tinggi gizi ddan nutrisi, Mengompres bagian yang nyeri dengan kompres hangat, Konsumsi air mineral 2-2,5 liter dalam 1 hari, Hindari mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter.

Keputihan saat Hamil 33 Minggu

Keputihan yang normal umumnya tidak bewarna, tidak gatal, tidak bau. Perubahan suasana dan pH missV selama hamil memang mempermudah wanita terkena infeksi (bakteri, jamur, parasit) yang menyebabkan keputihan.

Sebaiknya kunjungi dokter kandungan , jika diperlukan perlu dilakukan pemeriksaan pada cairan keputihan tersebut untuk memastikan penyebab pastinya sehingga dapat diberikan terapi yang sesuai karena berbeda penyebabnya akan berbeda pengobatan yang dilakukan.

Jangan dibiarkan karena jika benar ada gangguan seperti infeksi yang menyebabkan keputihan tersebut jika dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi seperti radang panggul yang juga bisa menyebabkan nyeri perut bawah. Konsultasi ke dokter juga berguna untuk menyingkirkan kemungkinan itu.

Baca: Hamil 34 Minggu

Demikian hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan pada saat hamil 33 minggu, semoga bermanfaat.