>>> >> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < << <<<

Hamil 32 Minggu, Apa Saja yang Harus Dilakukan Ibu Hamil ?

Jika Anda telah memasuki usia hamil 32 minggu, maka mungkin pergerakan bayi di dalam kandungan mulai semakin aktif.

Tentunya ibu akan senang melihat perkembangan anaknya yang tumbuh dengan cepat dari minggu ke minggu. Lalu, apa yang diharapkan terjadi oleh buah hati saat ia menginjak masa 32 minggu?

Karena pergerakan bayi yang makin aktif ini, pastinya Anda juga dapat mulai merasakan pola pergerakan si bayi dalam waktu tertentu. Selain itu, perkembangan berat serta panjang tubuhnya juga akan bertambah, bahkan lebih pesar daripada sebelumnya.hamil 32 minggu

Perkembangan janin di usia hamil 32 minggu

Perkembangan janin 32 minggu akan sangat pesat dibandingkan sebelumnya terutama pertumbuhan pada organ-organnya seperti kulit bayi yang semakin menebal tetapi juga lembut dan halus. Jika bayi Anda perempuan, maka labia mulai berkembang sedikit demi sedikit.

Sedangkan pada bayi laki-laki akan mengalami perkembangan organ yaitu buah zakarnya akan turun dari perut menuju ke skrotum. Tetapi pada beberapa kasus tertentu, ada juga bayi laki-laki yang belum mengalami penurunan buah zakar atau testis hingga ia berumur satu tahun.

Tidak hanya bayi Anda yang akan mengalami perkembangan di usia hamil 32 minggu, tetapi calon ibu juga pastinya akan ikut merasakan perkembangan seperti benjolan perut yang semakin membesar dibandingkan sebelumnya serta berat badan yang makin bertambah.

Berat badan Anda mungkin akan bertambah sekitar 450 gram selama seminggu dan akan terus naik di minggu-minggu berikutnya seiring berjalannya waktu. Tetapi jangan sampai Anda sengaja memperlambat kenaikan berat badan atau bahkan sampai melakukan diet, karena bayi di dalam rahim Anda memang membutuhkan kenaikan berat badan tersebut.
hamil 32 minggu ukuran berat panjang tinggi janin gambar ilustrasi

Posisi janin atau bayi di usia hamil 32 minggu

Posisi janin atau bayi Anda akan mengalami naik dan turun. Normalnya kepala bayi sudah berada di bawah saat memasuki bulan ini dan akan begitu seterusnya sampai hari kelahiran tiba. Tetapi ia mungkin juga masih bisa bergerak dan berpindah-pindah posisi beberapa kali sebelum lahir.

Hal tersebut semakin dipermudah dengan adanya jumlah air ketuban yang makin bertambah di dalam rahim sehingga bayi akan mudah bergerak dari yang awalnya posisi kepala di atas menjadi di bawah, begitu pula sebaliknya.

Namun, jangan khawatir karena delapan minggu mendatang jumlah air ketuban lama kelamaan semakin berkurang seiring ukuran bayi yang semakin membesar hingga hari kelahiran tiba.hamil 32 minggu gambar ilustrasi rahim di dalam kandungan

Berat dan panjang badan bayi

Berbicara tentang berat bayi 32 minggu, pada pekan ini maka berat badannya rata-rata akan berkisar 1,6 kg sampai dengan 1,8 kg sedangkan panjang bayi dari kepala sampai kakinya sekitar 43,2 cm atau 45,7 cm. Tentu berat dan panjang akan akan makin bertambah di minggu-minggu mendatang.

Janin di dalam kandungan Anda akan mulai memiliki rambut yang tumbuh semakin lebat sehingga ia akan mengelus-eluskan rambutnya pada dinding rahim sang ibu. Untuk bayi dengan rambut halus, maka hanya ada beberapa helai rambut saja yang tumbuh.hamil 32 minggu ukuran berat panjang tinggi janin gambar ilustrasi

Apa yang harus dilakukan oleh ibu di usia hamil 32 minggu?

Pada masa kehamilan 32 minggu, maka mungkin Anda akan mulai merasakan pukulan-pukulan kecil ataupun tendangan di bagian rusuk. Agaknya sedikit menyakitkan sehingga cobalah untuk mencari posisi berbaring yang nyaman bagi Anda, misalnya dengan cara berbaring miring atau posisi lain untuk merangsang arah gerakan si bayi ke posisi lainnya.

hamil 32 minggu lahir prematur 1,8kg

contoh hamil 32 minggu lahir prematur 1,8 kg, jaga baik-baik kandungan nya ya bunda :D

Ketika Anda telah memasuki usia 32 minggu pada masa kehamilan, biasanya bidan atau dokter kandungan akan menganjurkan Anda untuk memeriksakan diri sekali tiap 2 minggu. Hal tersebut diperlukan sebab mereka harus mengamati dan memeriksa apakah ada tanda-tanda preeclampsia atau tanda-tanda melahirkan begitu pula dengan apakah ada tanda-tanda infeksi yang sekiranya membahayakan.

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan sebelum memasuki bulan terakhir di masa kehamilan Anda adalah mengenal lebih lagi tentang proses melahirkan, baik secara normal maupun caesar. Tidak hanya itu, Anda juga harus tahu kemana harus pergi dan apa yang harus dilakukan seperti rute tercepat maupun terdekat menuju rumah sakit. Persiapan matang bisa dilakukan memasuki usia hamil 32 minggu ini.

Berikut ini merupakan keluhan, kendala dan permasalahan yang sering dirasakan oleh ibu hamil yang memasuki usia kehamilan 32 minggu. Disertakan pula solusi dan penanganan yang bisa ibu hamil dan suami lakukan agar permasalahan itu teratasi, mari disimak.




Berapa TFU/Tinggi Fundus Uteri Yang Normal Saat Hamil 32 Minggu

Pengukuran normal tidaknya kandungan bunda tidak hanya berdasarkan tingginya fundus uteri. Tetapi juga meliputi aspek lain seperti USG, pemeriksaan leopold, dll. Tinggi fundus uteri untuk kehamilan 32 minggu setinggi 31 cm adalah normal. Setelah kehamilan berusia diatas 16 minggu, biasanya tinggi fundus uteri akan mengikuti usia kehamilannya ( kurang lebih).

Tinggi fundus uteri sangat dipengaruhi oleh faktor seperti : Kegemukan / BMI, Anda sedang hamil kembar, Banyaknya cairan ketuban dalam rahim (oligo / polyhidramnion), Kandung kemih yang sedang dalam kondisi penuh, Posisi bayi dalam kandungan, dll.

Keputihan Saat Hamil 32 Minggu

Ketika Sedang hamil, normal terjadi keputihan, yang disebabkan oleh: Lendir dari cerviks (leher rahim), Peningkatan pembuluh darah cerviks, Perubahan hormonal. Ciri dari keputihan normal, adalah Jernih, sedikit, Tidak berbau, Tidak disertai nyeri dan gatal.

Nyeri saat kencing Ketika Hamil 32 Minggu

Bila disertai nyeri saat buang air kecil, ada kemungkinan disebabkan oleh infeksi saluran kemih yang juga disertai infeksi pada organ wanita. Infeksi dapat disebabkan oleh: bakteri, jamur, virus atau parasit.

Gejala dari infeksi saluran kemih, antara lain: Nyeri saat buang air kecil (BAK), Terasa anyang-anyangan, tidak tuntas saat BAK, BAK lebih sering dan terkadang sulit ditahan, Nyeri pada perut bagian bawah.

Penyebab lain dari nyeri saat buang air kecil: Iritasi akibat sabun, pembersih, dll, Kurang asupan cairan, sehingga urin menjadi pekat dan nyeri saat BAK, Luka/lecet pada ujung saluran kemih, misal akibat hubungan intim, Batu saluran kemih.

Ganguan Plasenta ketika Hamil 32 Minggu

Plasenta berfungsi untuk menghubungkan janin dengan dinding rahim ibu, sehingga janin mendapatkan nutrisi dan oksigen, serta untuk mengangkut zat-zat buangan dari janin. Gangguan pada plasenta misalnya:

  • plasenta previa, di mana plasenta menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir bayi
  • solusio plasenta, di mana sebagian atau seluruh plasenta terlepas sebelum proses persalinan, biasanya disertai nyeri perut, perdarahan organ intim, atau kontraksi

Untuk mengetahui kondisi kehamilan yang lebih pasti, sebaiknya Anda periksa ke dokter spesialis kandungan. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan, termasuk USG, untuk mengetahui kondisi janin.

Sakit Perut Sebelah Kanan Saat Hamil 32 Minggu

Nyeri perut pada ibu hamil sebagian besar bukanlah suatu masalah yang serius. Namun untuk sebagian lainnya , rasa nyeri mungkin dapat menjadi gejala dari masalah yang cukup serius. Beberapa penyebab yang dapat menimbulkan kondisi ini diantaranya : Pre eklampsia, Sindrom HELLP (Hemolysis, elevated liver enzymes, and Low Plateled Count), Kelahiran prematur, Batu empedu, Radang usus buntu, Masalah pencernaan dan Gas, Sembelit, dll.

Oleh karena penyebab yang sangat beragam. Beberapa Tips yang bisa bunda lakukan : Makan makanan yang bergizi dan kaya serat tepat waktu, Tidur dan istirahat yang cukup, Minum air putih minimal 2 liter perhari, Konsumsi banyak buah, Lakukan senam hamil dengan rekomendasi dokter, Kelola stress psikologis, dll.

Nyeri diatas MissV ketika hamil 32 Minggu

Nyeri diatas miss V pada usia kehamilan 32 minggu mungkin disebabkan posisi bayi dalam kandungan. Perhatikan dengan baik adakah gejala lain selain nyeri tersebut, seperti flek perdarahan, rasa mulas seperti ingin buang air besar, kencing yg tiba tiba banyak dan tidak bisa ditahan. Jika terdapat salah satu keluhan diatas segeralah periksakan diri Anda ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi bayi Anda dalam keadaan baik-baik saja. Perhatikan juga gerakan bayi, normalnya gerakan bayi terasa > 10 kali dalam sehari.




Payudara Belum Membesar padahal Sedang Hamil 32 Minggu

Bertambah besar atau tidaknya payudara seorang ibu hamil sangat bergantung pada keadaan hormonalnya saat itu. Hal ini menyebabkan tidak semua wanita akan mengalami perubahan payudara yang sama seperti dengan ukuran dan perubahan-perubahan lainnya.

Ukuran payudara wanita yang kecil atau besar pada dasarnya tidak memiliki sangkut-paut dengan jumlah ASI yang keluar setelah ibu melahirkan. Ukuran payudara wanita yang tidak hamil sebagian besar ditentukan oleh berapa banyak lemak yang ada. Dan lemak ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan jumlah ASI. Jumlah ASI yang diproduksi seorang ibu biasanya ditentukan oleh berapa banyak si kecil menyusu.

Pijat Perut Bagian Bawah Untuk Membenarkan Posisi Bayi saat hamil 32 Minggu

Jika sedikit miring, atau bahkan sungsang atau lintang sekalipun, sebenarnya tidak perlu dilakukan tindakan apapun pada saat ini, karena pada usia kehamilan 32 minggu janin masih bisa berubah posisi dengan spontan / sendirinya, jadi yang katanya “dipijat dan dibenarkan posisinya’ itu sebenarnya tidak terlalu banyak gunanya, karena jika berhasil “dibenarkan” sekalipun usia kehamilan masih 32 minggu maka bisa kembali berubah posisi kembali.

Pada wanita yang telah pernah melahirkan (multigravida) biasanya dilakukan setelah usia kehamilan > 36-38 minggu. Akan tetapi dalam obstetri moderen, tindakan versi luar sudah tidak banyak dikerjakan lagi karena resiko yang mungkin ditimbulkannya, seperti terjadinya lilitan tali pusat, pecahnya kantung ketuban dan terlepasnya plasenta / ari-ari dari penempelannya (disebut solusio plasenta) yang bisa berbahaya. Langkah yang terbilang efektif yaitu melakukan gerakan I, gerakan sujud saat kehamilan nanti memasuki usia 34 minggu.

Penyebab Ukuran Janin Kecil Ketika Hamil 32 Minggu

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan ukuran TFU (Tinggi Fundus Uterus) lebih kecil dari normal adalah: -Memiliki tubuh yang pendek atau berat badan yang kurang (kurus) dari sebelum hamil, -Perkembangan janin yang lambat, -Cairan amnion (ketuban) yang terlalu sedikit, -Posisi janin yang tidak normal, -Mioma uteri, -Kondisi kandung kemih yang penuh saat pemeriksaan. Berat normal pada usia janin 8 bulan atau 32 minggu adalah berkisar 1500-1900 gram.

Beberapa saran untuk Anda diantaranya : -konsumsi makanan yang bergizi dan cukup minum air putih, -istirahat yang cukup, -hindari stress dan pekerjaan yang terlalu berat, -hindari polusi, asap rokok dan zat – zat kimia berbahaya seperti pengawet, pewarna dan penambah rasa.

(heartburn)Tenggorokan Panas Saat Hamil 32 Minggu

Asam lambung dapat kembali menuju balik ke kerongkongan pada kondisi kehamilan, dimana terjadi akibat peningkatan tekanan dari perut yang semakin besar. Gangguan asam lambung dapat menyebabkan sensasi terbakar di bagian tengah dada, mual, mulut terasa pahit, kembung, sendawa, dan nyeri ulu hati.

Selain kehamilan, gangguan asam lambung bisa timbul akibat dari kebiasaan melewatkan waktu makan dan kondisi stress. Gejala Anda ini juga dapat timbul akibat dari radang tenggorokan, hanya saja selain menyebabkan nyeri menelan, penyakit ini juga bisa menyebabkan gejala demam. Anjuran awal yang dapat Anda lakukan adalah :

  • Perbanyak konsumsi air putih
  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi
  • Jangan melewatkan waktu makan, makanlah dengan porsi kecil namun sering
  • Istirahat yang cukup
  • Kelola stress, Tapi jika gejala Anda ini tidak kunjung membaik, sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter

Ibu Hamil 32 Minggu Preklamsia Berat.

Satu-satunya jalan untuk menyelamatkan ibu dan janin adalah mengakhiri kehamilan, dikarenakan bila kehamilan dilanjutkan akan membahayakan bagi ibu, dengan kondisi ibu yang gawat tentunya akan menyebabkan janin dalam kandungan pun menjadi berisiko meninggal dalam kandungan, oleh sebab itu terminasi (pengakhiri) kehamilan satu-satunya penanganan dengan berbagai risikonya.

Beberapa kriteria preeklamsia berat, antara lain: Tekanan darah melebihi 160/110 mmHg, Protein urin lebih dari positif 3, Sesak napas, Pandangan kabur, Sakit kepala berat, Bengkak seluruh tubuh, Nyeri ulu hati disertai gangguan fungsi hati, dapat dilihat melalui pemeriksaan SGOT/SGPT.

Bila diperlukan terminasi kehamilan, biasanya dokter memberikan penyuntikan kortikosteroid secara bertahap untuk mempercepat pematangan paru janin. Dan setelah proses persalinan melalui operasi sesar, bayi diperlukan perawatan secara intensif dengan alat bantu pernapasan sampai kondisi stabil, pematangan paru dan berat badan melebihi 2500 gram. Selaucari second opiniqon bila diagnosa dokter kurang sreg di hati.

Perut Sering Kembung Saat hamil 32 Minggu

Perut kembung dan lebih susah bernafas merupakan hal yang wajar dialami seiring makin bertumbuhnya janin di dalam rahim. Otot rongga perut makin tertarik dan sistem pencernaan makin ditekan ke atas sehingga otot pernapasan pun lebih susah untuk bergerak. Jika Anda merasa sangat sesak hingga teganggu oleh gejala sesak napas, segera ke dokter. Berbaring dengan 2 atau 3 bantal bisa membantu melegakan pernapasan; begitu juga dengan postur tubuh yang tegak.




Bolehkah Puasa Ketika Hamil 32 Minggu

Usia kehamilan 32 minggu, umumnya janin telah berada di bawah panggul, dalam posisi siap lahir. Pada usia ini, umumnya berat janin hampir mencapai 2 kilogram (antara 1,7-2 kg). Parameter lainnya adalah peningkatan berat badan ibu. Selama kehamilan, ibu dianjurkan bertambah berat badannya guna menunjang perkembangan janin dalam kandungannya. Pada trimester ketiga, penambahan berat badan ibu yang dianjurkan adalah 0,3-0,5 kg/minggu (tergantung pada indeks massa tubuh (IMT) Anda sebelum hamil).

Air Ketuban Sedikit Saat Hamil 32 Minggu

Kurangnya cairan ketuban atau yang dikenal sebagai oligohidramnion, merupakan gangguan yang jarang ditemukan pada saat kehamilan. Penyebab yang dapat menyebabkan  berkurangnya jumlah cairan ketuban dalam kandungan, antara lain: Gangguan janin dalam kandungan, seperti gangguan ginjal, Gangguan plasenta, Bocornya selaput ketuban, Dehidrasi pada ibu, Penyakit metabolic yang diderita ibu seperti diabetes mellitus, Diare, Penyakit hipertensi, Preeklampsia, dll.

Penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan ini, antara lain: Mengatasi penyakit penyerta yang dialami ibu, Atasi dehidrasi dengan minum yang cukup, Menginjeksi cairan dengan cara amniosintesis, Melakukan pemasangan infus pada ibu jika mengalami dehidrasi, Melakukan amnioinfusion melalui intrauterine kateter selama proses kelahiran.

Hamil 32 Minggu Perut Belum Membesar

Pembesaran perut atau uterus ini tergantung dari perkembangan janin. Untuk melakukan pemeriksaan ini anda dapat langsung ke dokter spesialis kandungan dan kehamilan untuk mengetahui usia kehamilan, kesehatan janin, dan kesehatan ibu. Ibu jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan berkala antenatal care (ANC). ANC dilakukan berkala selama masa kehamilan.

  1. awal kehamilan – 28 minggu : 4 minggu sekali
  2. 28 minggu – 36 minggu : 2 minggu sekali
  3. 36 minggu – 40 minggu : 1 kali seminggu

Pada ANC akan dilakukan pemeriksaan tanda vital ibu seperti di cek tekanan darah, pemeriksaan fisik, perkembangan rahim ibu dan denyut jantung bayi. Pemeriksaan laboraturium akan dilakukan juga untuk melihat haemoglobin anda. Selama kehamilan berlangsung untuk menjaga kesehatan anda dan janin, anda dapat melakukan hal-hal seperti ini:

  • Makan-makanan yang bergizi (hindari makanan mentah dan caffein).
  • Lakukan Olahraga selama kehamilan (Senam Hamil)
  • Cukupi tubuh anda dan janin dengan vitamin-vitamin kehamilan

    Baca: Hamil 33 Minggu

Itulah beberapa info yang kami rangkum di usia kehamilan 33 minggu. Sebaiknya ibu hamil senantiasa mencari second opinion (pendapat lain) mengingat kehamilan bumil yang satu dengan dengan bumil bisa berbeda penanganannya. Semoga bermanfaat buat bunda, dan proses kehamilannya lancar hingga persalinan nanti, amiin.