Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Hamil 28 Minggu, Perkembangan Janin dan Tips Ibu Hamil

Memasuki masa hamil 28 minggu ini berarti ibu sudah berada pada fase 7 bulan dimana akan banyak perkembangan dan proses pada janin yang terjadi.

Jika Anda memeriksakan diri ke dokter, maka Anda sudah dapat mengetahui jenis kelamin sang bayi dalam minggu ini. Tidak hanya itu, janin juga sudah mulai berbentuk seperti manusia kecil sehingga Anda sebetulnya tidak perlu memanggil buah hati Anda sebagai janin tetapi bayi.

Ibu Hamil pun juga akan merasakan berbagai macam hal yang akan dirasakan bersumber dari perkembangan si kecil di dalam kandungan Anda.hamil 28 minggu bentuk perut ibu hamil 28 minggu

Perkembangan janin di usia hamil 28 minggu

Ada banyak sekali perkembangan janin di masa kehamilan 28 minggu ini terutama pada organ-organ dan juga pergerakan yang dilakukan. Bayi akan semakin aktif pada fase ini dan Anda juga akan merasakan tendangan-tendangan kecil dari si kecil.

Jangan heran jika Anda melihat perut Anda menonjol akibat tendangan atau pukulan dari kaki serta siku bayi. Peregangan-peregangan ini akan dirasakan dari waktu ke waktu.

Tidak hanya calon ibu yang merasakan perkembangan maupun proses dari janin, tetapi bayi Anda sendiri juga akan mengalami perkembangan pesat pada tubuhnya, seperti:

  • Bayi di dalam kandungan mulai bisa membuka matanya dan mengubah-ubah posisi kepalanya.
  • Bayi sudah dapat mengedip-ngedip apabila melihat cahaya terang terus-menerus. Jadi, jika Anda sengaja menyorot perut Anda dengan sinar terang, maka bayi akan membuka matanya lalu berpaling dari sumber cahaya itu.
  • Sayangnya tulang bayi Anda belum terasa kokoh dan keras.
  • Bayi mulai dapat merespon suara Anda dengan gelombang otak bayi. Terdapat perubahan pada pola tidur si bayi yang akan menjadi makin jelas dari waktu ke waktu sampai menjelang hari kelahirannya.hamil 28 minggu dp bbm memem gambar lucu

Bulu mata bayi juga mulai terbentuk sempurna, begitu pula dengan lapisan lemak di bawah kulitnya sehingga kulit bayi tidak mengerut melainkan lebih lembut dan halus. Organ dalam lain yang berkembang ke arah sempurna adalah paru-paru bayi dimana ia menjadi lebih mudah bernafas dibandingkan sebelumnya.

Proses perkembangan paru-paru bayi merupakan momen yang penting. Saat dia menarik nafas, maka oksigen akan dikirimkan ke seluruh pembuluh darahnya dengan organ paru-paru yang makin sempurna.

Untuk menjaga agar kantong-kantong udara tidak saling melekat, bayi akan membuat surfaktan. Proses tersebut untuk memudahkannya bernafas dengan lebih baik setelah dia dilahirkan ke dunia. Selain itu, bagian bronchus juga telah sempurna dan mulai bercabang-cabang kecil.hamil 28 minggu USG 3 Dimensi

hamil 28 minggu USG 4 dimensi

Posisi janin atau bayi di dalam rahim

Posisi janin Anda akan berada di bawah tulang rusuk mengakibatkan ibu agak kesulitan untuk bernafas. Hal tersebut normal untuk dialami seiring rahim yang semakin membesar. Bayi juga masih merubah-rubah posisinya dan ketika memasuki minggu-minggu selanjutnya, maka bayi akan mulai turun dan Anda juga akan lebih mudah bernafas.

Berat dan panjang bayi di usia hamil 28 minggu

Berat badan bayi 28 minggu akan semakin berat dari sebelumnya, rata-rata berat tubuhnya sekitar 1 kg lebih atau 1,04 kg. Jika panjang bayi Anda diukur dari kepala sampai kaki maka kira-kira sekitar 38 cm. Lapisan lemak yang makin terbentuk membuat berat badannya juga semakin bertambah, hal ini pula yang membuat rahim Anda semakin membesar. Dari waktu ke waktu berat badan Anda akan ikut bertambah, tetapi jangan khawatir karena hal tersebut normal adanya.hamil 28 minggu ukuran berat panjang tinggi janin didalam rahim

Apa yang harus dilakukan si ibu?

Pada masa kehamilan 7 bulan ini, sendi-sendi Anda mungkin akan terasa lebih longgar sehingga menyebabkan perubahan keseimbangan seperti sering menabrak atau banyak berjingkat. Oleh karena itu, Anda bisa berjalan pelan-pelan dan memakai sepatu datar (flatshoes).

Perut yang semakin membesar juga akan memunculkan selulit, Anda bisa mengoleskan minyak ataupun krim untuk mengatasinya, cobalah bertanya kepada dokter kandungan.hamil 28 minggu tips

Nah, karena bayi sudah mulai dapat merespon suara, tidak ada salahnya Anda dapat mengajaknya mengobrol ataupun berbicara. Anda juga dapat memutar lagu-lagu klasik yang dipercaya dapat membantu tumbuh kembang si kecil. Teruslah jaga asupan makanan bernutrisi dan lakukan aktivitas yang menyehatkan seperti senam ibu hamil.

Berikut ini merupakan kendala, keluhan dan permasalahan yang sering dirasakan ibu hamil 28 minggu. Disertakan pula solusi dan penanganan sementara dirumah, sebelum keadaan lebih parah dan melakukan kontrol ke dokter kandungan.




Hamil 28 Minggu Perut Masih Kecil dan Belum Membesar

Ketika sedang mengandung, Janin akan tumbuh dan membesar seiring berjalannya waktu. Begini kira-kira perkiraannya:

  • Usia kehamilan 12 minggu: Kandungan teraba didaerah Pubis/bulu kemaluan. pada saat ini memang perut belum akan terlihat besar seperti orang hamil pada umumnya
  • Usia Kehamilan 16 minggu: Kandungan akan teraba diantara pubis dan Pusar/udel. Kira-kira kandungan akan berukuran sebesar telur ayam
  • Usia kehamilan 20 minggu : Janin akan teraba pada daerah pusar
  • Usia kehamilan 28 minggu : Terana sekitar 6 cm diatas pusar
  • Usia kehamilan 32 minggu: Teraba 6 cm dibawah ujung tulang dada bagian tengah
  • Usia kehamilan 36 minggu : janin akan teraba sekitar 4 cm dibawah ujung tulang dada bagian tengah
  • Usia kehamilan 40 minggu: teraba 2 cm dibawah ujjung tulang dada bagian tengah

Perhitungan diatas sekedar prediksi dan bukanlah patokan pasti. Untuk memastikan apakah kondisi janin Anda baik-baik saja dan berkembang sesuai umur, biasakan memeriksakan diri untuk USG di dokter kandungan (SpOG), minimal 4 kali dalam masa kehamilan. Hamil anggur atau bukan, dapat dideteksi juga dengan pemeriksaan ini.

Tubuh Gemetar dan Lemas Saat Hamil 28 Minggu

Hamil 7 bulan mulai memasuki trimester akhir. Janin serta perut mulai membesar. Mulai terasa gejala-gejala yang diakibatkan oleh bertambahnya massa atau berat tubuh ibu. Beberapa hal yang biasanya terjadi di saat usia kehamilan ini dianaranya adalah :

  • Nyeri punggung dan pinggang
  • Gerak janin lebih aktif dan lebih jelas terasa dan teraba
  • Bengkak pada tangan dan kaki akibat volume tubuh yang bertambah dan akibat pasokan darah meningkat.
  • Nyeri ulu hati atau rasa tidak nyaman pada ulu hati akibat perut yang semakin membesar
  • Rasa kesemutan, atau baal atau kebas pada tangan dan kaki. Terjadi akibat tertindihnya jaringan sel syaraf daerah tersebut oleh aliran darah yang meningkat pada bagian tersebut.
  • Hemoroid atau wasir
  • Pertumbuhan rambut lebih banyak
  • dsb

Pada usia kehamilan ini, pada pemeriksaan, dokter akan melakukan pemerksaan fisik, USG dan pemeriksaan darah untuk mendeteksi atau memastikan bahwa kondisi ibu dan janin baik, diantaranya adalah pemeriksaan :

  • Tekanan darah, untuk memastikan tidak terjadi peningkatan tekanan darah saat kehamilan
  • USG untuk menilai kondisi janin, letak dan posisi janin, perkiraan berat janin, denyut jantung janin dan melihat kelengkapa organ tubuh janin serta jenis kelamin lebih jelas dari sebelumnya
  • Pemeriksaan darah untuk mendeteksi adanya peningkatan gula darah, anemia (rendahnya sel darah merah, yang merupakan masalah umum pada kehamilan trimester 3), protein apda urin (untuk mendeteksi kondisi preeklamsia pada kehamilan) dsb.

Apabila bunda hamil merasakan keluhan berupa lemas, gemetar hingga pingsan maka waspadai kemungkinan rendahnya tekanan darah, rendahnya kadar gula darah ataupun anemia berat.

Bayi Lahir Prematur Saat Hamil 28 Minggu, Bagaimana Keadaannya ?

Melahirkan di usia kehamilan 28 minggu (atau yang sering disebut sebagai persalinan prematur) merupakan persalinan yang sangat berisiko. Pada prinsipnya, semakin matang perkembangan janin dalam rahim ibu, semakin tinggi angka harapan hidup dan angka ketahanan dari janin tersebut ketika dilahirkan.

Efek yang dihadapi ibu dalam melakukan persalinan yang baru berusia 28 minggu tidak sebesar efek yang akan dihadapi janinnya. Berikut adalah kemungkinan yang dapat terjadi pada bayi yang premature: 1. Kesulitan bernafas akibat paru-paru yang belum matang 2. Perdarahan dalam otak 3. Gangguan pencernaan 4. Bayi kuning 5. Gangguan saraf (Cerebral palsy) 6. Tingginya risiko infeksi setelah dilahirkan 7. Hipotermia 8. dan lain-lain.

Keputihan Saat Hamil 28 Minggu

Keputihan adalah reaksi alami tubuh untuk membersihkan MissV dari sel-sel yang mati dan bakteri. Keputihan ketika sedang hamil merupakan hal yang normal karena estrogen yang bertambah dan peningkatan aliran darah ke MissV. Namun keputihan tersebut tetap harus memenuhi kriteria keputihan yang normal: bening atau keputih-putihan, tidak gatal, tidak berbau, tidak menimbulkan rasa perih di MissV atau nyeri di perut/pinggang/panggul

Keputihan yang tidak normal dapat disebabkan oleh: infeksi jamur, va-ginosis, bakteri, gonore, klamidia, trikomoniasis, dsb. Keputihan yang tidak normal pada kehamilan bisa mengakibatkan: ketuban pecah dini, persalinan prematur, gangguan janin akibat infeksi yang mendasari.

Pemeriksaan penunjang seperti USG mungkin akan dokter anjurkan. Diagnosis dan terapi yang sesuai akan dokter berikan. Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan: jaga kebersihan organ intim, gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan tidak gatal, ganti pakaian dalam yang basah atau lembab.

Badan Gemetar Saat Hamil 28 Minggu

Bermacam-macam gangguan saat hamil harus dapat diketahui sehingga penanganan dapat segera dilakukan. Kondisi tubuh seperti gemetaran, lemas, cepat lelah, dan sesak nafas merupakan salah satu gangguan yang biasa terjadi saat hamil. Jika terjadi sementara dan kembali membaik tentu tidak berdampak buruk.

Yang perlu diwaspadai jika kondisi ini terjadi terus menerus atau bertambah buruk. Jika itu terjadi, sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter spesialis kandungan yang merawat Anda. Tentu kesehatan ibu yang menurun akan memengaruhi janin. Jika Anda merasa khawatir, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan yang merawat Anda.

Posisi Plasenta Diatas Kepala Janin saat Hamil 28 Minggu

Posisi plasenta di atas dan kepala bayi di bawah merupakan hal yang normal. Plasenta previa merupakan suatu kondisi di mana plasenta terletak menutupi jalan lahir. Mungkin yang Anda maksud adalah kepala bayi di bawah, tetapi jalan lahirnya tertutup oleh plasenta.

Plasenta previa ini masih dapat berubah posisinya seiring dengan semakin melebarnya jalan lahir. Karena itu, keputusan mengenai bisa atau tidaknya lahir normal tergantung dari: 1. Jumlah perdarahan yang terus keluar. Pada plasenta previa, akan terjadi perdarahan yang tidak nyeri, dan darahnya pun merupakan darah segar. 2. Posisi plasenta pada saat persalinan akan terjadi.




Pendarahan atau Keluar Darah Saat Hamil 28 Minggu

Placenta previa merupakan gangguan kehamilan, yang ditandai dengan perdarahan melalui jalan lahir pada trimester 3, akibat plasenta tertanam pada bagian rahim, dimana plasenta menutup serviks, baik seluruhnya maupun sebagian dari jalan lahir.

Plasenta berbentuk jaringan yang menyediakan oksigen dan nutrisi bagi pertumbuhan janin, serta membuang bahan-bahan hasil metabolisme janin. Plasenta tertanam pada dinding rahim, dan dihubungkan dengan janin melalui tali pusat.

Normalnya plasenta terletak diatas maupun dibagian samping rahim. Namun pada plasenta previa, plasenta terletak dibawah sehingga menutupi jalan lahir. Plasenta previa terjadi pada 0,5% dari kehamilan. Teknologi ultrasonografi (USG) yang canggih sekarang ini dapat mendeteksi plasenta previa lebih awal.

Komplikasi plasenta previa antara lain adalah: -Perdarahan, ketika proses persalinan, -Kelahiran prematur. Akibat janin yang semakin membesar dapat menekan plasenta. Jika plasenta semakin tertekan maka janin terancam mengalami hipoksia.

Perut Kencang Saat Hamil 28 Minggu

Saat kehamilan sebagian ibu hamil merasakan perutnya kencang pada waktu-waktu tertentu. Perut kencang pada ibu hamil dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor yaitu:

  • pertumbuhan rahim mendesak otot perut
  • pergerakan janin
  • perut kembung / ada gas berlebih dalam perut
  • kontraksi palsu
  • kontraksi persalinan

Anda tidak perlu khawatir dengan perut kencang anda. Ada kemungkinan perut kencang disebabkan karena pertumbuhan rahim serta pergerakan janin yang semakin aktif. Kami sarankan agar anda melakukan kontrol kehamilan secara rutin 1x setiap bulan.

Amankah Berkendara dan Bepergian Ketika Hamil 28 Minggu

Walaupun pada usia kehamilan 14 minggu-28 minggu masih diperkenankan untuk berpergian jauh, sebaiknya hal tersebut dikonfirmasi dengan dokter spesialis kandungan yang menangani Anda, sebab ada kondisi khusus yang disarankan untuk tidak berpergian jauh (terutama pada kasus dimana berpeluang untuk terjadinya kelahiran prematur/kehamilan dengan penyulit semisal plasenta previa,pre eklampsia,dll).

Berapa cm Lingkar Perut Normal saat Hamil 28 Minggu

Ukuran pengembangan rahim dinilai berdasarkan ukuran fundus uteri atau dasar rahim. Ukuran ini diukur dari tulang pubis atau tulang kemaluan menuju keatas sampai dengan dasar rahim. Berikut tinggi fundus uteri sesuai dengan usia kehamilan:

  • 16 minggu setinggi titik tengah diantara pusar dengan tulang kemaluan
  • 20 minggu setinggi pusar
  • 28 minggu setinggi titik tengah diantara pusar dengan tulang taju pedang dibawah tulang dada
  • 36 minggu setinggi 2 jari dibawah ujung tulang taju pedang

    Baca: Hamil 29 Minggu

Apabila pertumbuhan rahim terlalu cepat , terlalu lambat atau tidak sesuai dengan usia kehamilan, kemungkinan dapat terjadi kondisi sebagai berikut: Kehamilan kembar, Ibu mengalami diabetes dalam kehamilan, Kondisi cairan ketuban yang berlebihan, Hamil anggur (tidak ada pertumbuhan bayi, tetapi tumor jinak).

Demikian informasi penting tentang perkembangan janin di usia hamil 28 minggu Anda, senantiasa cari tahu second opinion (pendapat lain) karena kehamilan merupakan proses yang unik, berbeda satu sama lain penanganannya. semoga bermanfaat.Semoga bermanfaat.