>>> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < <<<

Hamil 18 Minggu Pinggang Sakit dan Perut Kencang?

Hamil 18 minggu merupakan awal dari pesatnya perkembangan dan pertumbuhan janin atau bayi di dalam rahim. Setelah menginjak usia kehamilan 18 minggu pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati dalam rahim kan berjalan dengan cepat tidak seperti bulan-bulan sebelumnya.

Usia kehamilan 18 minggu seperti langkah awal dari proses panjang awal kehamilan yang sering membuat kondisi ibu menurun seperti sering mual dan muntah, kepala sering pening dan gejala-gejala kehamilan yang lainnya.

Menginjak akhir bulan ke empat atau minggu ke 18 kondisi tubuh sudah mampu beradaptasi dengan kehamilan.

Tumbuh kembang janin di masa hamil 18 minggu

Memasuki usia kehamilan 18 minggu, kram, pusing, lemas, mual dan muntah akan menghilang atau hanya datang sekali dua kali saja. Kondisi tubuh dan kehamilan tidak akan sama dengan berapa bulan sebelumnya. Dengan kata lain, dalam usia ini ibu hamil akan lebih fleksibel dalam mengkonsumsi makanan. Selain terjadi perubahan terhadap kondisi sang ibu yang berangsur baik, dalam usia kehamilan ini janin dalam rahim juga mengalami bebrapa perkembangan antara lain:

  • Dalam usia kehamilan 18 minggu, janin atau bayi dalam rahim mengalami perkembangan yang cukup signifikan pada beberapa hal. Yang pertama adalah perkembangan dada sang bayi dalam kandungan yang sudah mulai ikut bergerak seirama dengan detak jantungnya.
  • Perkembangan yang selanjutnya pada usia kehamilan ini juga terjadi pada pembuluh darah yang akan mulai nampak pada permukaan kulit. Kenampakan pembuluh darah ini akan sangat terlihat karena kulit pada janin masih sangat tipis dan transparan.
  • Telinga pada janin atau bayi usia kehamilan 18 minggu juga sudah mulai tumbuh terbentuk. Pembentukan telinga akan terus berangsur-angsur sempurna seiring berjalannya usia kehamilan
  • Terbentuknya telinga juga mempengaruhi kemampuan pendengarannya. Pada usia kehamilan ini janin atau bayi akan mulai dapat mendengarkan detak jantung sang ibu dan berbagai suara yang berasal dari luar perut walaupun belum begitu sempurna. Namun apabila anda memberikan stimulasi suara dari luar perut, janin atau bayi akan dapat memberi respon dengan menendang atau menggerakkan tangannya walau belum begitu keras.hamil 18 minggu USG 3 Dimensi

Yang dirasakan ibu hamil 18 minggu

Seakan terbebas dari mual dan muntah yang sering terjadi pada lima hingga sepuluh minggu pertama kehamilan, bukan berarti sang ibu yang memasuki usia kandungan 18 minggu benar-benar terbebas dari segala macam masalah. Perut yang akan semakin terlihat membesar akan berdampak pada beberapa hal yang akan dikeluhkan sang ibu. Keluhan-keluhan tersebut antara lain:

  • Lebih sering merasakan nyeri pada pinggang

Pinggang sakit akan sering dikeluhkan oleh ibu hamil dalam usia kehamilan 18 minggu. Rasa nyeri atau sakit pada bagian pinggang dalam usia kehamilan ini merupakan hal yang wajar. Hal ini terjadi karena ukuran perut yang semakin membesar dan membuat bentuk tulang punggung menjadi berubah. Semakin besar kandungan, rasa nyeri pada bagian pinggang akan lebih sering mucul.

  • Perut akan lebih sering mengencang

Pada usia kehamilan 18 minggu, perut akan sering mengalami kram atau kondisi dimana perut sering kencang.  Kondisi ini disebut braxton hicks atau kontraksi palsu yang wajar terjadi pada usia kandungan yang memasuki 18 minggu. Jika terjadi kontraksi palsu ini berjalan-jalanlah beberapa waktu dan kontaksi akan segera menghilang. Anda wajib khawatir apabila kontraksi terjadi selama waktu yang lama disertai dengan keluarnya flek darah atau cairan dari dalam missV . Apabila hal ini terjadi, segeralah pergi ke dokter

Posisi janin atau bayi

Posisi janin pada usia kandungan 18 minggu masih menggulung dengan kepala di atas dan kaki melipat kedepan dekat dengan wajah. Terdapat plasenta yang menghubungkan pusar janin dengan sumber makanan yang berasal dari sang ibu.hamil 18 minggu USG 4 dimensi

Berat dan panjang bayi

Perkembangan secara siginifikan pada usia kehamilan ini juga akan terjadi pada panjang dan berat janin. Panjang janin dalam usia kehamilan ini berkisar antara 12 hingga 13 cm yang dihitung dari ujung kepala sampai tumit kaki.

Sedangkan berat tubuh sang janin pada usia kehamilan ini mencapai kurang lebih 190 gram. Panjang serta berat sang janin atau bayi ini akan terus berkembang seiring berjalannya usia kandungan.

Berikut ini merupakan kendala, keluhan dan permasalahan yang sering dirasakan dan dialami oleh ibu hamil 18 minggu. Disertakan pula solusi dan penanganan sementara dirumah, sebelum keadaan lebih parah dan melakukan kontrol ke dokter kandungan.




Apa yang sebaiknya dilakukan ibu ketika memasuki masa hamil 18 minggu

Beberapa hal yang sangat disarankan untuk dilakukan saat usia kehamilan menginjak 18 minggu antara lain:

  • Rutin berjalan kaki dengan posisi punggung tegak untuk mencegah terjadinya pinggang sakit.
  • Hindari penggunaan pakaian ketat karena dapat membuat tidak nyaman sang ibu dan menekan sang janin atau bayi di dalam rahim.
  • Mengikuti senam hamil untuk mempersiapkan proses kelahiran yang mudah.

Tidur Miring Terasa Sakit saat Hamil 18 Minggu

Perlu ibu hamil pahami bahwa keluhan pada perut bumil harus dapat dibedakan apakah itu nyeri perut, kram ataukah suatu kontraksi. Beberapa penyebab nyeri perut pada saat kehamilan diantaranya sebagai berikut :

  • Pertumbuhan dari otot – otot rahim sehingga terasa kencang, biasanya ini dirasakan pada saat hamil muda
  • Perut kembung atau adanya gas berlebihan di dalam perut
  • Pergerakan bayi dalam rahim ibu
  • Kontraksi, biasanya terjadi saat wanita hamil memasuki masa persalinan
  • dll.

Segera mengunjungi Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Anda apabila Anda mengalami : Nyeri perut yang semakin memburuk, Keluar flek yang banyak, Terdapatnya gumpalan darah yang keluar lewat jalan lahir, Badan terasa lemas, dll.

Beberapa Tips yang dapat Anda lakukan : Kompres hangat bagian yang nyeri, Makan makanan bergizi tepat waktu dan minum air putih minimal 2 liter perhari, Hindari konsumsi suplemen dan obat – obatan tanpa resep Dokter,  Pilih bra yang longgar dan terbuat dari katun, Hindari aktivitas yang terlalu berat, Hindari Stress.

Janin Kurang Aktif Bergerak saat Hamil 18 Minggu

Pergerakan janin pada tiap ibu hamil tidak selalu sama. Pergerakan pertama janin dapat terasa  pada rentang usia kehamilan sekitar 13–25 minggu. Apabila sebelumnya Ibu sudah merasakan gerakan janin, namun beberapa hari terakhir gerakan janin dirasakan berkurang, coba lah lakukan hal berikut: Posisi berbaring lebih mudah untuk merasakan gerakan janin daripada posisi duduk, Coba konsumsi minuman dingin (tidak terlalu manis), perubahan suhu yang mendadak umumnya membuat janin bergerak, pancing dengan mendengarkan musik atau senter cahaya.

Apabila gerakan janin >10x dalam 12 jam maka hal tersebut masih normal. Namun apabila gerakan janin kurang dari 10x dalam 12 jam atau gerakan janin terasa lemah, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Keputihan saat Hamil 18 Minggu

Keputihan merupakan upaya tubuh untuk membersihkan serviks dan missV dari sel-sel mati, leukosit dan kuman. Sepanjang keputihan berwarna putih susu atau jernih, tidak disertai dengan rasa gatal dan berbau, keputihan tersebut tidak masalah.

Beberapa hal yang dapat ibu hamil lakukan: menghindari penggunaan celana ketat, menggunakan pakaian dalam berbahan katun, tidak menggunakan sabun pembersih missV maupun pembalut yang beraroma, konsumsi air putih yang cukup, membasuh missV dari depan ke belakang

Aktif kerja saat Hamil 18 Minggu

Tetap beraktivitas selama kehamilan tentu baik buat kesehatan bayi dan mengurangi stress pada ibu hamil. Namun Anda tetap perlu memperhatikaan asupan nutrisi bayi, istirahat dan hindari aktivitas yang berat dan berbahaya.

Ibu hamil bukan berarti Anda harus diam di rumah, melakukan aktivitas  bekerja saat hamil selama dalam kondisi fit dan bayi sehat tidak akan menjadi masalah untuk Anda. Pastikan Anda melakukan kontrol rutin setiap bulan ke dokter, makan nutrisi berimbang, senam olahraga, olah nafas dan cukup istirahat.

Sering Sakit Kepala / Pusing saat Hamil 18 Minggu

Sakit kepala saat hamil, terutama di trimester awal, 0-3 bulan, sering timbul akibat aktifitas hormon progesteron, yang melebarkan dan melemaskan dinding pembuluh pembuluh darah dan mengakibatkan turunnya tekanan darah.

Jika Anda telah memasuki masa trimester 2, 4-6 bulan, maka penyebabnya dapat berbeda, yaitu peningkatan jumlah darah dan cairan seiring berkembangnya janin, mengakibatkan tekanan darah meningkat.

Di masa 7-9 bulan, penyebab sakit kepala lebih kepada aliran darah yang berkurang, akibat penekanan beban dari janin yang semakin membesar, di pembuluh darah bagian bawah. Penyebab lainnya sakit kepala di masa kehamilan: Kurang beristirahat, Gula darah yang rendah, anemia, Stress, Dehidrasi, riwayat migraine sebelum hamil, berbaring terlentang terlalu lama.

Flu Berat dan Menggigil saat Hamil 18 Minggu

Obat-obatan flu yang mengandung paracetamol, chlorfeneramina maleat (CTM) belum ada bukti dan laporan dapat menyebabkan gangguan pada janin. Akan lebih baik minum obat pada saat hamil jadi pilihan setelah dengan cara alami seperti dengan istirahat, banyak minum air putih dan makan makanan bergizi.




Madu untuk Ibu Hamil 18 Minggu

Masih sangat sedikit data ilmiah mengenai aman tidaknya konsumsi madu pada ibu hamil. Madu mungkin dapat terkontaminasi oleh kontaminan, misalnya botulism (risiko sangat kecil) yang dapat membahayakan ibu maupun janin yang dikandung.

Namun, setiap konsumsi sesuatu, dokter akan mempertimbangkan risiko dan manfaat zat tersebut. Jika risikonya lebih kecil dibanding manfaatnya, bisa saja tetap diberikan.

Polip di Rahim dan Berhubungan Intim saat Hamil 18 Minggu

Ada beberapa hal yang perlu dicermati saat berhubungan seksual dengan pasangan yang sedang dalam kondisi hamil:

  • Perhatikan posisi berhubungan, lakukan senyaman mungkin, jangan sampai menghimpit janin, posisi yang dianjurkan adalah posisi tradisional atau misionaris, yang divariasikan dengan posisi menyamping ataupun dari belakang
  • Jangan keluarkan sper ma didalam atau gunakan k0nd0m, karena sper-ma mengandung zat yang dapat mematangkan mulut rahim, dan memicu terjadinya abortus atau keguguran

Polip rahim secara umum tidak mempengaruhi kondisi kehamilan maupun janin, sehingga tidak memerlukan penanganan yang bersifat segera, biasanya pada polip yang berukuran sangat besar ataupun terletak di jalan lahir, baru dapat mengganggu proses persalinan.

Rasa Nyeri pada Perut Bagian Bawah saat Hamil 18 Minggu

Rasa nyeri pada perut bawah atau kram normal terjadi pada ibu hamil. Selain disebabkan oleh tekanan janin yang semakin bertumbuh, otot-otot, ligamen, pembuluh darah, dan tulang di sekitar panggul meregang akibat pengaruh hormonal karena mempersiapkan ruang bagi janin Anda yang akan semakin bertumbuh.

Nyeri juga bisa diakibatkan karena hubungan seksual karena orgasme dapat memicu sedikit kontraksi. Selain itu nyeri perut bawah juga bisa disebabkan oleh gas yang banyak terkumpul akibat hormon-hormon kehamilan memperlambat gerak pencernaan. Saat kram terjadi, cobalah untuk tetap rileks dan jangan panik, istirahat dan minumlah air putih. Kekurangan cairan/dehidrasi dapat memicu kontraksi.

Berat badan Tidak naik ketika Sudah hamil 18 Minggu

Pada trimester pertama kehamilan memang biasanya kenaikan berat badan pada Ibu hamil tidak terlalu signifikan terjadi, terutama Anda yang  mengalami mual muntah saat kehamilan muda.

Normalnya dalam suatu kehamilan kenaikan berat badan yang sehat terjadi sebanyak 6 kg – 16 kg ( tergantung dari berat awal ibu hamil ).  Jika berat badan tidak mengalami kenaikan setelah kehamilan mencapai usia lebih dari 16 minggu maka Anda harus lebih waspada.

Baik atau Tidak Berpuasa saat Hamil 18 Minggu

Dari sisi medis, berpuasa saat hamil dapat dilakukan dan aman, namun perlu pertimbangan saat kondisi tertentu terutama saat trimester pertama. Pada saat hamil muda atau trimester pertama (usia kehamilan 0-3 bulan) dapat terjadi gejala mual dan muntah akibat perubahan hormonal.

Gejala mual dan muntah ini dapat berbeda antara tiap wanita dan tiap kehamilan. Mual dan muntah ini dapat berisiko terjadi kekurangan cairan (dehidrasi) sehingga diperlukan asupan cairan yang cukup melalui minum pada ibu.

Selain itu ada saat trimester pertama diperlukan nutrisi yang cukup untuk pembentukan dan pertumbuhan janin. Oleh sebab itu bila memutuskan ingin berpuasa sebaiknya pastikan dahulu kondisi kesehatan Anda dalam kondisi yang optimal, tidak terlalu mual dan muntah serta berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Pada saat hamil seharusnya terjadi peningkatan berat badan, bila saat berpuasa berat badan justru cenderung menurun atau disertai gejala lain seperti lemas dan pusing, sebaiknya tunda berpuasa.

Anyang-anyangan saat hamil 18 Minggu

Keluhan “anyang-anyangan”, rasa sakit saat berkemih pada masa kehamilan 18 minggu memang kemungkinan disebabkan oleh adanya infeksi saluran kemih (ISK), yaitu kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi. Namun untuk memastikan apakah benar ISK serta sejauh mana infeksi ini telah terjadi, sebaiknya Kamu memeriksakan diri ke Dokter terdekat.

Baca: Hamil 19 Minggu

Demikianlah beberapa informasi mengenai perkembangan yang terjadi pada janin atau bayi saat hamil 18 minggu. Semoga bermanfaat!