Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Hamil 17 Minggu Belum Merasakan Gerakan Janin

Hamil 17 minggu merupakan momen yang sangat luar biasa dan membahagiakan bagi orang tua khususnya bagi seorang ibu. Seiring berjalannya waktu, perkembangan yang ditunjukkan oleh sang janin atau bayi di dalam rahim berbeda-beda pada setiap minggunya.

Namun sebagian besar ibu hamil tidak mengetahui perkembangan yang seharusnya terjadi sehingga tidak mengetahui apakah kondisi janin sehat dan normal atau tidak.

Tumbuh kembang janin di masa hamil 17 minggu

Minggu ke 17 kehamilan merupakan waktu dimana ibu hamil terbebas dari berbagai masalah kehamilan yang paling sering dan banyak dikeluhkan oleh sebagian besar wanita hamil yakni mual dan muntah. Kehamilan yang memasuki usia 17 minggu akan membuat perut sang ibu hamil akan membesar dan kahamilannya semakin terlihat jelas.hamil 17 minggu USG 3 dimensi

Bagi Anda yang memasuki usia kehamilan pada minggu ke 17 namun perut masih kecil, sangat disarankan untuk berkonsultasi pada dokter kandungan mengenai perkembangan janin supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa perkembangan pada janin atau bayi dalam rahim juga terjadi secara siginifikan dan semakin terasa, perkembangan-perkembangan tersebut antara lain:

  • tubuh janin atau bayi telah terlindung lapisan lemak yang bernama adipose. Lapisan lemak ini berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh janin supaya tidak terganggu karena berada di dalam cairan ketuban.
  • Janin juga telah memiliki lemak dalam tubuhnya dengan kulit yang masih transparan. Lemak ini sangat berguna bagi proses metabolismenya yang masih berlangsung di dalam rahim.
  • Tempurung kepala sang buah hati pada usia kehamilan ini juga telah mulai terbentuk dari tulang rawan yang akan semakin mengeras seiring berjalannya waktu.
  • Saraf bagian tulang belakang yang masih dapat terlihat karena lapisan kulit masih transparan sudah mulai terlindungi oleh selubung lapisan mielin.

Yang dirasakan ibu

Saat memasuki minggu ke 17, memang kebanyakan ibu mengandung telah terbebas dari keluhan mual dan muntah. Namun, walau demikian kehamilan pada usia ini masih menimbulkan beberapa gejala yang sering dikeluhkan ibu:

  • Terjadi keputihan

Tidak perlu khawatir dengan keputihan karena merupakan hal yang wajar pada usia kandungan yang memasuki 17 minggu. Asalkan keputihan tidak berwarna kecoklatan dan tidak menimbulkan bau, keputihan masih dikatakan normal.

  • Perut menjadi semakin kencang dan menimbulkan gatal.

Semakin bertambah besar rahim maka perut juga akan semakin bertambah besar dan kencang karena tarikan yang terjadi. Kondisi ini dapat menyebabkan perut terasa gatal. Jangan garuk bagian perut yang gatal karena bisa menimbulkan strechmarks. Usap-usaplah dengan perlahan untuk menghilanglan rasa gatal tersebut.

Posisi janin atau bayi 17 minggu

Posisi bayi atau janin pada minggu ke 17 masih sama dengan posisi sebelumnya yakni dengan posisi menggulung dengan kaki dan lutut berdekatan. Kaki janin dalam keadaan melipat. Banyak yang mempertanyakan tentang pergerakan yang terjadi pada janin atau bayi pada usia kehamilan 17 minggu. Jika belum merasakan gerakan janin, jangan terlalu dijadikan pikiran.

Sebagian besar ibu hamil yang mengandung anak pertama akan mulai merasakan pergerakan janin di dalam rahim pada minggu-minggu setelah minggu ke 18. Kuat lemahnya pergerakan janin atau bayi tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Pergerakan bayi pada umumnya terjadi perlahan terlebih dahulu baru semakin bertambahnya usia kehamilan akan semakin aktif dalam bergerak. hamil 17 minggu USG 4 Dimensi posisi janin

Berat dan panjang bayi

Perkembangan secara fisik juga ditunjukkan dengan pesat pada usia kandungan 17 minggu ini. Perkembangan fisik sang janin diperlihatkan dengan bertambahkan panjang tubuh yang dapat mencapai sekitar 13 cm serta berat badan janin yang dapat mencapai sekitar 120 gram, bisa kurang bisa lebih.

Apa yang sebaiknya dilakukan ibu ketika memasuki masa hamil 17 minggu

Yang sangat disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil pada usia ini adalah sebagai berikut:

  • Mengikuti senam kehamilan.
  • Mengajak janin atau bayi berinteraksi serta memuarkan musik-musik yang baik untuk perkembangan bayi atau janin.
  • Mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

gambar kata kata ibu hamil meme foto lucu

Berikut ini merupakan kendala, keluhan dan permasalahan yang sering dirasakan dan dialami oleh ibu hamil 17 minggu. Disertakan pula solusi dan penanganan sementara dirumah, sebelum keadaan lebih parah dan melakukan kontrol ke dokter kandungan.




Amankah Berhubungan Intim saat Hamil 17 Minggu

Beberapa pasangan merasa takut melakukan hubungan badan selama mengandung, padahal hubungan sek-sual saat hamil merupakan kegiatan yang aman sepanjang tidak ada problem dalam kehamilan.

Beberapa kondisi dimana sebaiknya Anda dan pasangan menghindari hubungan intim selama hamil, yaitu : perdarahan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya, kebocoran air ketuban, riwayat persalinan prematur, leher rahim terbuka terlalu awal, letak plasenta menutupi lubang leher rahim (plasenta previa)

Beberapa saran ketika melakukan hubungan intim selama hamil :

  • Posisi hubungan dari samping atau dari belakang. Hal ini dikarenakan posisi lain tidak nyaman bagi istri Anda. Selain itu, tidak dianjurkan melakukan 0ral ke va-gina atau melalui dubur.
  • Sebaiknya menghindari eja-kula-si di dalam, karena kandungan bahan-bahan dari air man1 dapat menyebabkan kontraksi rahim sehingga timbul nyeri di bagian perut bagian bawah
  • Sebaiknya menggunakan k0nd0m ketika melakukan hubungan intim untuk mencegah infeksi

Gerakan Janin yang Normal saat Hamil 17 Minggu

Gerakan janin bisa dirasakan mulai umur kehamilan sekitar 18 hingga 20 minggu. Pada kehamilan pertama membutuhkan waktu lebih lama untuk menyadari adanya gerakan janin yang lembut. Jika sudah memiliki bayi sebelumnya, maka gerakan janin dapat dirasakan lebih awal, yaitu saat usia 16 minggu. Awal gerakan janin dapat dirasakan seperti denyut halus di perut. Jika perut sering mengeras, bisa saja hal itu berupa kontraksi.

Tidak Terasa Denyut/Detak Jantung Janin saat Hamil 17 Minggu

Pertumbuhan dan perkembangan janin selama hamil 4 bulan antara lain :

  • terbentuk tempurung kepala
  • sel-sel saraf terselubungi oleh lapisan pelindung atau mielin
  • pembentukan kelopak mata dan jari-jari
  • berkembangnya indera pendengaran sehingga bayi bisa merespon terhadap bunyi dari luar
  • gerakan janin bisa dirasakan oleh beberapa ibu hamil (tidak semua ibu bisa merasakannya)

Detak jantung janin umumnya sudah terdeteksi sejak 6-8 minggu kehamilan dengan USG. Namun, bila menggunakan pemeriksaan lain, seperti stetoskop laenec atau fetalphone dopler biasanya membutuhkan waktu lebih lama, yaitu 16 minggu dan 12 minggu.

Miom saat Hamil 17 Minggu

Mioma tidak mengganggu kehamilan, namun tentunya hal ini tergantung dari posisi dan besarnya mioma. Apabila mioma cukup besar dan menutup jalan lahir, mungkin akan mempengaruhi proses persalinan.

Ada juga sumber yang menyatakan mioma bisa mempengaruhi posisi janin, persalinan prematur atau keguguran, lepasnya plasenta dan perdarahan, tetapi kemungkinannya cukup kecil, sekitar 10-30% saja mioma yang dapat mempengaruhi kehamilan. Kebanyakan dokter kandungan menyarankan operasi caesar, agar saat operasi caesar, mioma bisa sekaligus diangkat.




Va-gina terasa Nyeri saat Hamil 17 Minggu

Memasuki trimester ketiga usia kehamilan, pertambahan berat badan dan juga perubahan hormon pada kehamilan akan menyebabkan keadaan – keadaan berikut ini :

1. Nyeri tajam pada missV = karena serviks mulai melebar, rahim semakin membesar
2. Nyeri pada daerah punggung bawah akibat bobot rahim bertambah
3. Sulitnya untuk tertidur = insomnia
4. Nyeri di daerah bokong, paha, pinggul = akibat dari penekanan saraf

Cobalah atasi keadaan ini dengan cara : tidurlah dengan posisi menyamping kiri === hindarilah posisi telentang, tempatkan bantal diantara tungkai untuk mendapatkan posisi nyaman, hindarilah menahan Buang air kecil ( BAK ) === akan memperberat rasa sakit pada missV, tidur dan istirahat yang cukup.

Hemoglobin (HB) Rendah / Anemia saat Hamil 17 Minggu

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak sel darah merah untuk mensuplai perkembangan janin. Pada saat ibu hamil mengalami anemia, maka kebutuhan ini tidak tercukupi sehingga oksigen yang disalurkan pada jaringan tubuh dan janin menjadi terbatas.

Gejala dari anemiadiantaranya adalah : cepat lelah, sesak napas, denyut jantung tidak teratur, tampak pucat, rambut rontok, telinga berdenging, gatal – gatal, dll. Jika anemia masih tergolong ringan, maka cara mengatasinya dapat dengan mengonsumsi suplemen zat besi.

Anemia yang tidak ditangani dengan baik dapat meningkatkan risiko komplikasi yang berbahaya, seperti : kelahiran prematur, bayi yang terlahir mempunyai berat badan dibawah normal, ibu dapat mengalami depresi paska persalinan, dsb.

Minum Susus Hamil Menyebakan Mual dan Muntah ketika Hamil 17 Minggu.

Susu hamil mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Biasanya susu hamil sudah diberi tambahan asam folat, DHA, kalsium serta vitamin dan mineral lainnya. Meskipun demikian sebenarnya susu hamil tidak wajib dikonsumsi saat hamil.

Apabila Anda menjadi muntah jika minum susu, Anda bisa mencoba merek susu yang lain. Biasanya ibu hamil bisa cocok dengan susu merek tertentu. Anda juga bisa minum susu biasa atau makan es krim sebagai pengganti susu hamil.

Nutrisi Kehamilan 17 Minggu. Ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan nurisi kehamilan dengan beberapa makanan berikut ini:

  • Karbohidrat: nasi, pasta, kentang, roti.
  • Protein: ikan, daging, telur, tahu, susu, kerang, yogurt.
  • Lemak hewani dan nabati: kacang-kacangan, alpukat, biji-bijian.
  • Serat dan vitamin dalam sayur dan buah.
  • Kalsium: susu, keju, yogurt.
  • Zat besi: sayuran hijau, daging, kacang-kacangan.
  • Asam folat: sayuran hijau dan buah-buahan.
  • Kalium: semangka, jeruk, melon, pisang.
  • Magnesium: labu dan sayuran.

Berendam air panas saat hamil 17 Minggu

Berendam air hangat dapat menimbulkan efek relaksasi, maupun mengurangi rasa pegal pada tubuh selama kehamilan. Jika ingin berendam, sebaiknya lakukan dengan lebih hati-hati agar tidak tergelincir. Pastikan suhu air tidak terlalu panas. Kualitas air yang digunakan juga sebaiknya diperhatikan. Bila berendam di kolam umum untuk senantiasa berhati-hati.

Baca: Hamil 18 Minggu

Memasuki usia hamil 17 minggu sudah sewajarnya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para calon orang tua terlebih calon ibu. Jaga selalu kesehatan janin Anda.