Hamil 16 Minggu Masih Mual dan Sering Kencing?

Bagi pasangan yang sudah mengharapkan kehadiran buah hati, hamil 16 minggu yang lancar pasti menjadi momen yang sangat menggembirakan.

Kehamilan pada minggu ke 16 memungkinkan ibu hamil masih dalam proses adaptasi atau pembiasaan diri terhadap sistem pencernaan serta selera makan yang berubah dalam usia kandungan ini, mual dan muntah yang datang secara tiba-tiba masih sering dirasakan dan hal tersebut masih wajar.


Tumbuh kembang janin di masa hamil 16 minggu

Pada usia kehamilan yang memasuki minggu ke 16 sering membuat sang ibu masih mual dan masih muntah. Hal ini menjadikan pertambahan berat badan ibu menjadi tidak stabil bahkan mungkin dapat turun pada usia kehamilan 16 minggu namun jangan khawatir, setelah melewati minggu ke 16, Anda akan mulai terbiasa dengan asupan makanan sesuai selera dan normal seperti biasa.

Usia kehamilan yang semakin bertambah dari minggu ke minggu membawa perkembangan tersendiri bagi janin atau bayi di dalam rahim atau kandungan sebagai berikut:

  • Pada minggu ke 16, bobot janin atau bayi akan mencapai 100 gram dengan panjang mencapai 10 cm. Masih kecil memang, namun akan semakin bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan.
  • Pada usia kehamilan ini, otot wajah juga akan mulai terbentuk.
  • Selain otot wajah, sistem syaraf serta saluran kencing pada janin atau bayi juga telah mulai terbentuk meskipun belum sempurna.
  • Belum ada pergerakan pada janin atau bayi dalam rahim pada usia kehamilan 16 minggu. Kalaupun ada hanya sebatas geseran sedikit saja.

Setiap kehamilan bagi masing-masing ibu pasti memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Bagi sebagian besar ibu hamil yang memasuki usia 16 minggu apalagi kehamilan pertama, proses pertambahan besar janin dan bertambahnya lingkar perut akan berbeda-beda.

Hal ini disebabkan oleh hormon yang terkandung dalam tubuh masing-masing wanita berbeda-beda. Karena masih proses adaptasi, wajar jika pada kehamilan pada minggu ke 16 perut belum membesar bagi sebagian ibu karena alasan yang telah dipapaskan sebelumnya.hamil 16 minggu USG 3 dimensi

hamil 16 minggu janin sedang nendang

Yang dirasakan ibu

Beberapa hal yang secara alamiah akan dirasakan oleh ibu hamil:

  • Mual dan muntah masih dirasakan pada kehamilan minggu ke 16 ini
  • Selera makan yang masih bermasalah
  • Intensitas buang air kecil menjadi meningkat yang disebabkan oleh terjadinya penekanan oleh kepala atau pantat bayi dalam rahim pada kantong kencing sehingga tidak dapat menampung air kencing dalam jumlah seperti biasa.
  • Sakit pinggang mulai terasa
  • Nyeri pada otot panggul
  • Flu menjadi sering mendera

Posisi janin atau bayi

Memasuki usia kehamilan 16 minggu sama dengan memasuki trisemester kedua pada usia kehamilan ini, posisi janin atau bayi masih sama dengan minggu-minggu sebelumnya. Posisi sang janin atau bayi masih dengan bagian lutut yang dilipat dan berdekatan dengan kepala. Kepala masih berada di atas karena belum memasuki minggu-minggu akhir menjelang persalinan yakni kepala sudah berada di di bagian bawah.hamil 16 minggu USG 4 dimensi

Apa yang sebaiknya dilakukan ibu ketika memasuki masa hamil 16 minggu

Untuk mengatasi beberapa keluhan yang terjadi pada kehamilan usia 16 minggu yang salah satunya adalah pinggang sakit, lakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Untuk mengatasi sakit pinggang, biasakan berjalan dengan tegap, jangan membungkuk dan jika duduk, jangan bersender langsung pada senderan kursi. Beri bantal atau kain untuk bersender.
  • Rajin berkonsultasi pada dokter serta cek kondisi tubuh seperti tekanan darah, kadar gula darah, kadar kolesterol, dan denyut jantung.
  • Mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk memenuhi gizi ibu dan juga janin atau bayi yang dikandung.
  • Banyak minum air putih untuk mencegah infeksi saluran kencing yang dapat disebabkan oleh sering buang air kecil pada usia kehamilan 16 minggu.
  • Jangan malas berjalan kaki, selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, jalan kaki juga dapat meminimalisasi kaki bengkak yang dapat muncul pada minggu-minggu berikutnya.gambar kata kata ibu hamil meme foto lucu

Berikut ini merupakan kendala, keluhan dan permasalahan yang sering dirasakan dan dialami oleh ibu hamil 16 minggu. Disertakan pula solusi dan penanganan sementara dirumah, sebelum keadaan lebih parah dan melakukan kontrol ke dokter kandungan.




Belum Merasakan Gerakan Janin padahal usia hamil 16 Minggu

Wanita hamil dengan kehamilan pertama, gerakan janin sering dapat dirasakan pada usia 18-20 minggu kehamilan. Jika sudah pernah memiliki bayi sebelumnya, maka gerakan janin dapat dirasakan lebih awal pada minggu ke 16 kehamilan. Kehamilan dapat berbeda-beda pada setiap wanita. Mungkin gerakan janin tidak dirasakan secepat seperti kehamilan yang lain.

Resiko Berhubungan Intim saat Hamil 16 Minggu.

Melakukan hubungan ketika sedang hamil biasanya tidak menimbulkan masalah. Apabila kehamilan masih dalam usia 16 minggu, biasanya tidak akan mengganggu kehamilan. Sebaiknya melakukan hubungan badan dengan lembut dan tidak kasar. Dan juga disarankan agar melakukan hubungan badan dengan posisi yang nyaman dan tidak berbahaya untuk istri Anda.

Sudah Keluar ASI saat Hamil 16 Minggu

Peningkatan estrogen dan prolaktin membuat kelenjar susu mulai berkembang dan terkadang tampak seperti menghasilkan cairan seperti ASI, dan hal itu normal-normal saja sepanjang tidak ada keluhan lain seperti nyeri merah dan bengkak pada payudara (kadang bisa terjadi sumbatan pada saluran kelenjar payudara tersebut dan menyebabkan peradangan pada payud4ra)

Sepanjang tidak disertai tanda radang dan infeksi seperti merah, bengkak dan nyeri serta bernanah maka kondisi itu normal-normal saja dan tidak perlu diapa-apakan. Gunakan Breastpad agar tidak bocor keluar.

Keluar Darah dari Va-gina saat Hamil 16 Minggu

Perdarahan normal pada saat hamil disebabkan oleh lebih banyaknya pembuluh darah serta melunaknya leher rahim (serviks) akibat pengaruh perubahan hormon. Beberapa kemungkinan penyebab keluar darah dari missV saat kehamilan yang tidak normal antara lain:

  • Keguguran. Pada keguguran disertai adanya gejala lain seperti mulas dan nyeri perut.
  • Plasenta previa, yaitu dimana ari-ari (plasenta) yang berada di dekat atau menutupi jalan keluar dari rahim.
  • Kehamilan ektopik, yaitu kehamilan yang terjadi diluar kandungan. Biasanya disertai gejala nyeri perut hebat, dsb.

Sakit Pinggang Saat hamil 16 Minggu

Hal-hal yang menyebabkan sakit pinggang pada ibu hamil antara lain : Berat badan semakin bertambah seiring pertumbuhan janin, Postur tubuh selama hamil yang berubah, Faktor stress yang mempengaruhi ketegangan pada otot termasuk punggung, Perubahan hormonal selama hamil

Untuk mengurangi rasa nyeri pada punggung, Anda dapat melakukan hal hal berikut ini : Mengatur postur tubuh sebaik mungkin, Memberikan kompres hangat pada punggung, Hindari aktifitas berat yang memicu sakit pada punggung, Pemberian balsem dapat dilakukan untuk meredakan rasa nyeri, Mengikuti senam hamil agar memperbaiki otot yang sudah tegang.

Perut Bagian Bawah Keras dan Menonjol

Pada kehamilan usia 16 minggu, tinggi puncak rahim terletak pada pertengahan antara pusar dengan tulang kemaluan (simfisis pubis). Rahim akan membesar, teraba bulat dan padat pada perut bagian bawah. Oleh sebab itu merupakan hal yang normal bila adanya benjolan bulat pada perut bagian bawah yang merupakan rahim membesar.

Meriang dan Flu saat hamil 16 Minggu

Ibu hamil juga nampaknya perlu untuk menjaga dan menciptakan situasi lingkungan yang aman dan bersih untuk membantu pemulihan Anda, yakni dengan:

  • Menjaga kebersihan ruangan terutama kamar, dari berbagai partikel debu dan kotoran yang menempel pada berbagai perabot rumah tangga seperti alas tidur, gorden, kipas angin, AC, dll
  • Mencukupi istirahat minimal tidur 6-8 jam perhari
  • Mencukupi kebutuhan cairan dengan minum 2-3 liter air mineral perhari
  • Menghindari stres
  • Memastikan adanya ventilasi dan pertukaran udara yang cukup dalam rumah
  • Gunakan masker saat berkegiatan diluar rumah
  • Biasakan mencuci tangan hingga bersih
  • Konsumsi pengobatan dari dokter sesuai dengan dosis dan anjuran yang diberikan




Sering Kencing saat hamil 16 Minggu

Buang air kecil yang sering, dapat terjadi karena:

  • Suhu yang terlampau dingin
  • Asupan cairan yang terlalu banyak
  • Efek dari obat-obatan, misalnya Furosemide
  • Infeksi pada kandung kemih
  • Pada saat kehamilan, dll

Ketika Anda hamil, Janin akan berkembang seiring waktu dan bertambah besar. Karena posisinya yang dekat dengan kandung kemih/kandung kencing, maka tentunya pertambahan besar ini akan menyebabkan adanya penekanan pada kandung kecing, yang membuat kapasitas kandung kencing menjadi terbatas, dan keinginan untuk Buang air kecil menjadi semakin sering.

Terkena Sindrom Rubella saat hamil 16 Minggu

Sindroma ini memiliki risiko muncul yang berbeda-beda tergantung dari kapan si ibu terinfeksi rubella. Apabila terinfeksi pada minggu 8-10 kehamilan, ada risiko 90% bayi terinfeksi sindroma rubela kongenital tersebut Apabila ibu terinfeksi pada minggu 11-16 minggu kehamilan, risiko tersebut akan berkurang menjadi 10-20%.

Apabila ibu terinfeksi 16-20 minggu kehamilan, risiko itu bahkan lebih rendah. Sehingga apabila ibu terinfeksi >16 minggu sangat rendah risiko untuk terkena sindrom tersebut dan tidak ada alasan untuk melakukan penghentian kehamilan.

Terkena cacar Air Ketika sedang Hamil 16 Minggu

Cacar air tidaklah berbahaya dan akan sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh yang kuat. Namun cacar air yang terjadi saat kehamilan ditakutkan terjadi gangguan perkembangan pada janin dalam kandungan seperti cacat bawaan, terutama pada usia kandungan sebelum 7 bulan.

Tidak ada cara pencegahan agar virus varicella zoster tidak terkena pada bayi di dalam kandungan. Oleh sebab itu pada wanita yang belum terkena cacar air dan berencana hamil dianjurkan untuk melakukan vaksinasi cacar air untuk mencegah terkena cacar air saat hamil.

Berat badan Tidak Naik saat Hamil 16 Minggu

Pada trisemester pertama kehamilan memang biasanya kenaikan berat badan tidak terlalu signifikan, terutama Anda yang mengalami mual muntah saat kehamilan muda. Normalnya dalam satu kehamilan kenaikan berat badan yang sehat terjadi sebanyak 6 kg – 16 kg ( tergantung berat awal ibu hamil ).

Jadi jika Anda tidak mengalami kenaikan berat badan saat kehamilan <16 minggu maka belum perlu ada yang dikhawatirkan selama saat pemeriksaan kondisi janin yang dikandung dalam kondisi sehat , pertumbuhan  janin (berat dan panjang ) sesuai dengan usia kehamilan dan Anda juga dalam kondisi sehat.

Baca: Hamil 17 Minggu

Dengan mengetahui perkembangan sang buah hati dari waktu ke waktu di dalam rahim khususnya saat hamil 16 minggu, pasti dapat membuat lega perasaan sang ibu yang akan berdampak positif secara psikis sang ibu.


TAGs: olah raga yang aman untuk ibu hamil, hamil 16 minggu, pantangn orang hamil, kandungan umur 16 minggu apa mash sering mualbdan pipis, sakit pinggang saat hamil 16 minggu

Scroll Up