DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Hamil 13 Minggu, Hal-hal yang Sering Dirasakan para Ibu Hamil

Hamil 13 minggu akan ada banyak perkembangan janin yang bisa dirasakan. Hal ini dikarenakan nafsu makan sang ibu sudah mulai kembali seperti biasa meskipun tetap tergantung pada kondisi masing-masing ibu.

Namun ada juga yang masih merasakan mual dan muntah, apakah hal tersebut normal? Dan apa saja perkembangan janin lainnya yang terjadi pada usia kehamilan ini? Simak ulasan berikut ini.

Tumbuh kembang janin di masa hamil 13 minggu

Menjadi seorang ibu memang membutuhkan perjuangan yang luasr biasa. Meskipun mengalami berbagai masalah dan perlu beradaptasi dengan perut yang semakin membesar, ibu akan tetap selalu merasa bahagia dalam menemukan berbagai perkembangan yang ia rasakan seiring bertambahnya usia kandungan.

Seperti ketika memasuki usia kehamilan 13 minggu, ada beberapa perkembangan penting yang sangat sayang untuk dilewatkan seperti mulai terbentuknya bagian kepala yang semakin membesar dengan diikuti dengan bertambahnya ukuran tubuh sang bayi seiring dengan pertumbuhan kepala.

Selain itu, kelopak mata sang bayi pada usia ini juga sudah dapat membuka dan menutup sempurna. Organ dalam sang bayi juga sudah mulai bekerja seperti hati yang sudah dapat memproduksi cairan empedu dan pankreas yang sudah mulai menghasilkan hormon insulin.

Yang dirasakan sang ibu

Berbagai kesulitan seperti telah terbayarkan dengan kebahagiaan jika mengetahui bahwa kondisi janin yang dikandung dalam keadaan sehat dan normal. Berikut ini adalah beberapa hal yang pada umumnya dirasakan ibu ketika hamil usia 13 minggu:

  1. Tubuh menjadi cepat lelah meskipun hanya beraktivitas ringan

Wajar rasanya pada saat hamil 13 minggu anemia datang melanda yang menyebabkan sang ibu cepat merasa lelah ketika beraktifitas. Jika masalah ini sudah menghampiri, sebaiknya perbaiki asupan makanan serta konsumsi suplemen penambah darah jika perlu.

  1. Intensitas buang air kecil semakin bertambah dari sebelumnya

Semakin seringnya buang air kecil dikarenakan oleh ukuran janin yang semakin membesar dan mendesak kandung kemih sang ibu serta janin yang telah mampu menghasilkan urin sendiri juga sebagai faktor penyebabnya.

  1. Terkadang pandangan mata kabur tidak jelas

Pandangan mata kabur yang datang secara tiba-tiba dapat menjadi salah satu indikasi kekurangan darah, oleh karena itu konsumsilah suplemen penambah dokter dengan saran dokter kesayangan Anda.hamil 13 minggu usg 2 dimensi

hamil 12 minggu ukuran janin besar janin berat janin tinggi janin panjang janin bobot janin 13 minggu

hamil 13 minggu usg 3 Dimensi hamil 13 minggu masih mual dan pusing, hamil 13 minggu perut masih kecil, hamil 13 minggu berapa bulan, hamil 13 minggu apa yang dirasakan, hamil 13 minggu perut sering sakit, hamil 13 minggu perut terasa kencang, hamil 13 minggu keputihan, hamil 13 minggu sama dengan berapa bulan,
hamil 13 minggu keguguran dikuret Posisi janin atau bayi

Posisi bayi pada usia kehamilan minggu ke-13, kepala sang bayi masih berada di atas dan dengan posisi setengah duduk. Minggu ke-13 adalah fase pertama janin Anda arena sebelumnya masih berwujud embrio. Janin pada usia ini sudah dapat merasakan sedikit rangsangan dari luar seperti usapan lembut namun sang bayi masih belum sempurna dalam kemampuan bergeraknya.

Berat dan panjang bayi

Berbicara mengenai ukuran sang janin dilihat dari panjang dan beratnya, usia 13 minggu adalah usia berakhirnya fase kandungan rawan karena janin telah mulai menguat. Berat janin berusia 13 minggu umumnya baru mencapai 23 gram dengan panjang antara 6,5 cm hingga 6,8 cm. Dengan semakin bertambahnya ukuran sang bayi, wajar jika ketika hamil 13 minggu sering mual muntah.

Usia kandungan ini masih berada pada tahap pembiasaan akhir sistem pencernaan sang ibu. Ibu hamil akan terbebas dari morning sickness atau mual dan muntah ketika usia kehamilan sudah menginjak lebih dari 16 minggu.

Apa yang sebaiknya dilakukan ibu ketika memasuki masa hamil 13 minggu?

Karena masih berada dalam fase akhir rawan, jadi sebaiknya jangan lakukan dulu aktivitas yang berat. Penuhi asupan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi serta teratur. Olahraga pernapasan sangat baik dilakukan pada pagi hari saat kehamilan usia ini.

Jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi suplemen penambah darah dengan anjuran dokter jika gejala-gejala anemia sudah mucul. Selain telah memasuki fase akhir usia rawan, berbagai perkembangan mengejutkan di atas juga dapat dirasakan.

Berikut ini merupakan list/daftar hal-hal apa saja yang sering dirasakan dan dikeluhkan  ibu hamil selama usia kehamilan 13 minggu. Disertakan juga solusi dan treatment yang bisa bunda lakukan di rumah.




Keluar Flek Saat Hamil 13 Minggu

Flek pada awal kehamilan bisa disebabkan karena beberapa faktor yakni : tanda awal keguguran, Perlekatan / nidasi sel telur ke dinding ovarium, Infeksi rahim, Perubahan hormonal, kontraksi rahim berlebih akibat berhubungan intim, Kelelahan, kehamilan ektopik, Hamil anggur, dll.

Jika setelah pemeriksaan awal dan pengobatan flek masih keluar maka sebaiknya Anda kembali melakukan kontrol ke dokter kandungan Anda untuk memastikan kesehatan kandungan dan janin Anda.

Keluhan yang Anda alami terjadi akibat perubahan hormonal pada saat kehamilan, sering merasa mengantuk/ lelah, merasa lapar, dll adalah tanda kehamilan tidak pasti yang banyak dialami sebagian besar wanita hamil. Anda sebaiknya tetal beraktivitas biasa (tidak berat), mandi di pagi hari, dianjurkan tidur siang 1 jam sehari dan makan nutrisi seimbang demi perkembangan bayi Anda. Beberapa penyebab flek diatas tidak berbahaya, namun ada juga kondisi yang darurat dan perlu diperhatikan

Flu/Demam/Meriang saat Hamil 13 Minggu

Demam adalah sebuah kondisi dimana tubuh sedang berusaha melawan infeksi dari luar. Penyebabnya ada banyak dan bervariasi. Karena istri sedang hamil mKa sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena demam yang terjadi terus menerus tidaklah normal. Demam bisa disebabkan karena :

  1. Infeksi virus.
  2. Dehidrasi.
  3. Penyakit auto imun.
  4. Heat stroke.
  5. Infeksi bakteri.
  6. Dll.

Untuk mengetahui penyebab demam pada istri Anda maka sebaiknya Anda melakukan tes medis untuk menyingkirkan kemungkinan terburuk dengan melakukan tes seperti USG, tes darah, tes urin dll. Dokter akan menentukan penyebab demam yang terjadi dengan tes tersebut dan pemeriksaan fisik serta memberikan Anda pengobatan yang sesuai. Perbanyak minum air putih, kelola stress, cukup istirahat dan makan sehat seimbang.

Sakit Gigi/Gigi Berlubang saat Hamil 13 Minggu

Amoxicilin dan vitamin B1 aman dikonsumsi ibu hamil. Tetapi banyak sekali obat dengan bentuk lonjong seperti telur berwarna krem, jadi tidak bisa ditentukan obat apa. Pada kasus Anda, sebaiknya periksakan diri ke dokter gigi agar gigi dapat ditambal.

Gigi berlubang merupakan tempat masuknya bakteri yang dapat membuat ibu hamil terserang penyakit. Percuma jika mengonsumsi antibiotik tetapi justru pusat infeksinya tidak terobati disini pusat infeksi adalah gigi geraham yang berlubang.

Saran Saya agar tidak meminum obat cataflam dan berkonsultasi dengan dokter kandungan yang merawat Anda untuk mendapat obat lain yang aman untuk Ibu hamil. Paracetamol merupakan obat yang aman, namun pemakaian nya juga harus diawasi (jangan terlalu bebas dan besar dosis nya)

Tips :

  • Kompress dengan air hangat
  • Berkumur dengan air hangat dicampur dengan garam
  • Jaga kebersihan gigi dan mulut dengan menggosok gigi setiap hari.
  • Hindari makan makanan manis seperti permen terlebih dahulu.

Nyeri saat Buang Air Kecil (kencing) saat hamil 13 Minggu

Nyeri saat buang air kecil disertai anyang-anyangan, dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Pada wanita hamil, mudah terjadi infeksi saluran kemih disebabkan oleh:

  • Perubahan hormonal
  • Tertekannya saluran kemih oleh rahim yang membesar

Komplikasi infeksi saluran kemih pada kehamilan yang dapat terjadi jika tidak mendapatkan pengobatan, antara lain:

  • Persalinan prematur
  • Berat badan janin rendah.

Penyebab lain yang dapat menyebabkan nyeri saat buang air kecil:

  • Batu saluran kemih
  • Kekurangan cairan
  • Iritasi pada ujung saluran kemih
  • dan lain-lain.

Banyak konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari, dan sebaiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan bila perlu dilakukan pemeriksaan urin, USG,dll.




Berat Badan Turun dan Nafsu Makan Berkurang saat Hamil 13 Minggu

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa turunnya atau hilangnya nafsu makan pada ibu hamil sering terjadi terutama pada trimester pertama kehamilan, dan kondisi ini paling banyak disebabkan oleh karena perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh.

Umumnya keluhan ini akan berkurang setelah usia kehamilan lebih dari 3 bulan. Namun terdapat pula ibu hamil yang mengeluh bahwa keadaan ini tetap dialami sampai dengan usia kehamilan mencapai 9 bulan.

Cobalah atasi keadaan ini dengan cara : makan makanan yang sehat dan bergizi dalam porsi kecil akan tetapi sering ( misal 6 kali sehari ), jangan menunggu sampai lapar baru Anda makan, tidur dan istirahat yang cukup, kenakan pakaian yang longgar, makan makanan yang dingin, makanlah sesuai dengan apa yang Anda inginkan akan tetapi tetap dalam koridor makanan sehat dan bergizi.

Solusi dan Obat Gatal-gatal Bila Sedang Hamil 13 Minggu

Gatal saat kehamilan memang biasa dipengaruhi akibat hormonal pada tubuh, namun jangan khawatir karena hal ini bisa dikurangi dengan melakukan beberapa cara seperti :

  1. Mandi air dingin atau suam kuku. Hindari mandi dengan air hangat yang bisa menambah rasa gatal.
  2. oleskan lotion calamin yang aman pada tempat yang sangat gatal.
  3. Hindari menggaruknya karena beresiko menimbulkan infeksi dan memperburuk rasa gatal.
  4. Gunakan baju longgar dan berbahan katun yang menyerap keringat.
  5. Usahakan suhu kamar tidak terlalu panas
  6. Gantilah baju jika basah
  7. Jika sangat mengganggu, Anda bisa minum obat antihistamin yang aman untuk kehamilan seperti loratadin / tripolidin/ difenhidramin.

Hindari stress berlebih karena rasa gatal yang mengganggu, stress pada Anda akan mempengaruhi bayi Anda dan bisa membuat kehamilan Anda terganggu. Pemberian bedak dingin/ lotion calamin lebih disarankan selain karena memberikan efek dingin dan sejuk segera juga otomatis mengurangi rasa gatal.

Perut Bawah Kencang saat Hamil 13 Minggu

Tidak sedikit ibu yang sedang hamil mengalami kram pada perut. Perlu dipastikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya. Beberapa kemungkinan penyebab terjadinya perut terasa kencang saat hamil, antara lain :

  • tekanan pada otot, sendi, dan pembuluh darah
  • peregangan ligamen
  • gas yang berlebihan dalam perut
  • kontraksi palsu (braxton hicks)
  • dsb.

Anda perlu waspada jika gejala kram perut yang Anda rasakan disertai dengan gejala lain, seperti :

  • nyeri saat buang air kecil
  • keluar cairan abnormal, flek darah dari vagina
  • muntah
  • demam atau menggigil
  • dsb.

Pada kondisi yang ringan, kontraksi tersebut tidak begitu pengaruh pada janin Anda. Biasanya dengan mengubah posisi, misalnya saat istirahat, bisa mengurangi gejala. Melakukan teknik relaksasi bisa membantu untuk mengondisikan Anda merasa lebih nyaman.

Perut Kram saat Hamil 13 Minggu

Selama intensitas kram ini tidak terlalu hebat, dan selama tidak muncul keluhan lain, seperti perdarahan dari jalan lahir atau perut kencang-kencang yang menjalar hingga ke punggung bawah, muntah, gangguan BAB atau BAK, umumnya kondisi ini tidaklah berbahaya.

Selain itu, kram yang Anda rasakan mungkin juga terjadi akibat:

  • Fibromialgia (nyeri otot dan jaringan penyokongnya)
  • Konstipasi (sembelit)
  • Dispepsia (peningkatan asam lambung)
  • Infeksi saluran cerna
  • Infeksi saluran kemih
  • Batu saluran kemih, dsb

Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda coba lakukan beberapa tips berikut ya:

  • Kompres perut yang kram dengan air hangat
  • Istirahat yang cukup, batasi aktifitas fisik yang terlalu berat
  • Konsumsi makanan bergizi, perbanyak minum
  • Hindari stres
  • Hindari kebiasaan menahan keinginan buang air kecil

Paha hingga Pergelangan Kaki Sering Pegal ketika Hamil 13 Minggu

Pada wanita hamil, dengan kehamilan minggu ke 13, kemungkinan kenaikan berat badan ibu berkisar 1,5- 2 kg secara umum. Dengan pertambahan berat badan dan beban tubuh yang lebih condong jatuh mengarah sisi depan, maka ketahanan otot pinggang, pantat, paha, betis, serta kaki menjadi tumpuan tubuh untuk tetap dapat menopang secara baik.

Kondisi ini juga dipengaruhi oleh sistem hormonal selama kehamilan. Dengan demikian, seiring janin tumbuh dan berkembang, serta usia kehamilan yang semakin meningkat, keluhan nyeri pada otot atau pegal pada otot mungkin terjadi pada rata-rata ibu hamil.

Beberapa hal lain juga dapat memicu keluhan ini semain meningkat: 1. konsumsi makanan siap saji yang frekuensinya sering 2. kurang intake air 3. kelelahan saat bekerja atau beraktivitas 4. terlalu lama berdiri 5. kurang latihan regangan yang sesuai 6. tidur larut malam 7. stres




Gerakan Janin dan Detak Jantung Janin saat Hamil 13 Minggu

Detak jantung janin / DJJ baru bisa didengarkan melalui USG pada usia kehamilan 8 minggu. Selain dengan USG, DJJ juga bisa didengarkan menggunakan alat fetalphone / alat yang ditempelkan di perut ibu lalu DJJ bisa didengarkan pemeriksa dan ibu hamil pada usia 12 minggu, serta alat stetoskop laenec pada usia 16 minggu.

DJJ tidak bisa didengarkan tanpa alat-alat tersebut. Sedangkan jika yang Anda maskud adalah gerakan janin, pada umumnya ibu hamil bisa merasakan gerakan janin di usia 16-20 minggu. Beberapa ibu hamil sudah bisa merasakan gerakan janin di usia 12 minggu.

Jika siklus menstruasi Anda teratur 28 hari, maka usia kehamilan Anda saat ini sekitar 13-14 minggu. Dengan demikian seharusnya DJJ sudah bisa diketahui / diperdengarkan menggunakan USG dan fetalphone.

Sedangkan gerakan janin mungkin memang belum bisa dirasakan karena janin masih sangat kecil. Bisa juga karena lemak di perut ibu sehingga ibu hamil kurang sensitif terhadap gerakan janin. Kami sarankan agar Anda melakukan kontrol kehamilan secara rutin setiap 1 bulan sekali dengan dokter kandungan

Berapa CM Lingkar Perut Normal saat Hamil 13 Minggu

Pada dasarnya, ukuran pengembangan rahim dinilai berdasarkan ukuran fundus uteri atau dasar rahim. Ukuran ini diukur dari tulang pubis atau tulang kemaluan menuju keatas sampai dengan dasar rahim. Berikut tinggi fundus uteri sesuai dengan usia kehamilan:

  • 16 minggu setinggi titik tengah diantara pusar dengan tulang kemaluan
  • 20 minggu setinggi pusar
  • 28 minggu setinggi titik tengah diantara pusar dengan tulang taju pedang dibawah tulang dada
  • 36 minggu setinggi 2 jari dibawah ujung tulang taju pedang

Perkembangan rahim, kurang lebih setinggi 1 lebar jari setiap 2 minggunya.

Keputihan saat Hamil 13 Minggu

Selama kehamilan, leher rahim akan memproduksi lebih banyak lendir vagina karena pengaruh hormon. Hal ini membantu mencegah terjadinya infeksi pada vagina. Normalnya, keputihan selama kehamilan ini bening sampai agak keputihan, tidak menyebabkan gatal dan iritasi, dan tidak berbau. Apabila keputihan yang Anda alami berbau tidak enak dan berubah warna, ada kemungkinan terjadi infeksi pada vagina Anda.

Sebaiknya untuk memastikan hal ini, Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan Anda sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebab keluhan Anda. Dokter juga akan memberikan penanganan selanjutnya.

Anjuran berikut dapat Anda lakukan:

  • hindari menggunakan celana ketat
  • gunakan pakaian dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat
  • pastikan pakaian dalam Anda kering dan bersih, segera gantilah dengan yang baru bila pakaian dalam Anda lembab
  • hindari penggunaan pembersih kewanitaan

Vagionosis Bacterial saat hamil 13 Minggu

Berikut beberapa jenis keputihan selama kehamilan :

  • Vaginosis bakterial – peningkatan hormon menyebabkan peningkatan pertumbuhan bakteri pada vagina, umumnya ditandai dengan gejala gatal di sekitar vagina, cairan berwarna putih keabu-abuan, nyeri saat berkemih. Pengobatan dilakukan dengan antibiotik, bisa berupa tablet ataupun obat yang dimasukkan melalui vagina
  • Infeksi jamur atau kandidiasis – disertai dengan gejala keluarnya cairan putih kekuningan, berbau ataupun tidak, nyeri saat berhubungan seksual, pembengkakan di sekitar area kewanitaan, nyeri dan gatal pada vagina, rasa terbakar saat buang air kecil. Penanganan dilakukan dengan obati antijamur yang dimasukkan melalui vagina
  • dan lain-lain

Apabila Anda telah melakukan pemeriksaan dokter dan laboratorium, kemudian didapatkan hasil vaginosis bakterial, maka lakukanlah pengobatan yang dianjurkan dokter hingga tuntas (umumnya selama 7 hari)

baca: Hamil 14 Minggu

Suatu moment yang luar biasa bagi  orang tua khususnya sang ibu ketika berhasil mencapai usia hamil 13 minggu. Selalu cari referensi dan second opinion(pendapat lain) karena kehamilan itu unik, kehamilan ibu satu dengan ibu yang lain bisa beda penanganan nya.