Perkembangan Janin Saat Hamil 12 Minggu

Hamil 12 minggu adalah perkembangan yang sangat menarik untuk diketahui. Selain nafsu makan sang ibu sudah berangsur-angsur kembali mulai dari usia kandungan ini, beberapa perkembangan janin pun terjadi pada beberapa organ pentingnya.

Hamil minggu ke 12 merupakan usia kehamilan bulan kedua akhir atau bulan ke 3 awal. Apa sajakah perkembangannya? Simak pada ulasan yang lebih lengkap berikut ini.

Tumbuh kembang janin di masa hamil 12 minggu

Beberapa perkembangan yang cukup signifikan akan terjadi pada saat usia kehamilan menginjak minggu ke-12. Tumbuh kembang sang janin yang minggu sebelumnya masih berbentuk embrio sudah dapat dirasakan bahkan jika dilihat melalui USG, janin dalam kandungan Anda sudah berbentuk meski belum sempurna.

Janin pada usia ini sudah dapat menggeliat pelan, gerakan sangat pelan sang janin bisa jadi hanya seperti kedutan bagi sang ibu. Bahkan saat hamil 12 minggu belum merasakan gerakan janin itu merupakan hal yang sangat wajar karena kebanyakan ibu memang belum dapat merasakan gerakan optimal karena sangat pelannya gerakan sang janin.

Sistem motorik janin juga sudah mulai terasah dengan terhubungnya sel berbagai syaraf dengan sel otaknya. Kemampuan motorik ini membuat sang janin telah dapat membuka dan menutup jari-jarinya yang sudah mulai terbentuk.

Bakal alat kelamin pada janin usia ini juga sudah mulai terbentuk. Matanya juga masih tertutup dan kelopak mata pada janin berusia 12 minggu masih hitam seluruhnya. Semua organ akan semakin sempurna seiring bertambahnya usia kehamilan.hamil 12 minggu ukuran janin besar janin berat janin tinggi janin panjang janin bobot janin 13 minggu

Yang dirasakan sang ibu

Pada usia kehamilan minggu ke-12 kebanyakan para ibu masih merasakan morning sickness atau mual muntah namun sudah tidak seperti minggu-minggu sebelumnya. Beberapa hal yang umumnya dirasakan sang ibu ketika kehamilan masuk pada minggu ke-12 antara lain:

  1. Nafsu makan berangsur kembali pada saat hamil usia ini. Mual dan muntah akan berangsur hilang meskipun bagi beberapa ibu hamil 12 minggu sering pusing adalah hal yang wajar karena merupakan proses akhir adaptasi kehamilan dengan sistem pencernaan. Penyebab lain dikarenakan masalah kekurangan darah atau anemia yang dapat membuat pusing sering melanda. Konsumsilah suplemen penambah darah khusus ibu hamil untuk mengatasinya.
  2. Gusi menjadi lebih sensitif dan mudah berdarah karena volume darah pada seorang ibu hamil meningkat drastis. Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika menggosok gigi agar dapat mengurangi resiko gusu berdarah.Hamil 12 MingguHamil 12 MingguHamil 12 Minggu

Posisi janin atau bayi

Posisi sang janin pada usia kehamilan 12 minggu ialah masih meringkuk dan setengah duduk. Terkadang janin juga ada pada posisi horizontal berada di bagian bawah perut. Seiring berjalannya waktu, posisi janin atau bayi akan berubah hingga saat mendekati proses kelahiran, posisi normal seorang bayi kepala akan berada di bawah mendekati leher rahim.

Berat dan panjang bayi

Jangan bayangkan janin pada usia kehamilan 12 minggu sudah berukuran besar. Janin pada usia ini umumnya memiliki berat 14 gram dan panjang kurang lebih baru 6,3 cm. Berat dan panjang janin tersebut akan bertambah setiap minggunya dan akan membuat ukuran lingkar perut Anda semakin bertambah pula.

Jika tidak terjadi pertambahan ukuran baik berat dan panjang janin atau bayi setiap minggunya, hal tersebut dapat dijadikan salah satu indikasi masalah pada kehamilan.

Apa yang sebaiknya dilakukan ibu ketika memasuki masa hamil 12 minggu?

Karena masih termasuk dalam usia kehamilan yang rawan, sebaiknya jangan dulu melakukan aktivitas-aktivitas berat. Bahkan untuk berolahraga, pada usia kandungan ini umumnya belum diperbolehkan.

Yang sebaiknya dilakukan ialah mengkonsumsi makanan-makanan bergizi untuk asupan sang buah hati dan sang ibu. Apabila perlu, mengkonsumsi suplemen penambah darah juga perlu dilakukan asalkan dengan anjuran dokter.

Perkembangan Janin Saat Hamil 13 Minggu

Setelah mengetahui beberapa perkembangan yang terjadi pada janin saat hamil 12 minggu dan kondisi apa saja yang umumnya terjadi pada sang ibu, pasti kebanyakan akan sangat menantikan perkembangan-perkembangan lain seiring bertambahnya usia kehamilan hingga proses persalinan. Semoga sang buah hati dan sang ibu selalu sehat!