Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Gizi Ibu Hamil Yang Di Perlukan Sehari Hari

Ibu hamil membutuhkan gizi dan nutrisi yang lebih banyak di bandingkan dengan saat tak mengandung. Nutrisi dan gizi merupakan asupan yang harus di penuhi untuk ibu hamil.

Kesehatan janin dan ibu hamil membutuhkan banyak asupan gizi dan nutrisi. Saat mengandung ibu hamil harus memperhatikan akan asupan yang dikonsumsinya.

Gizi ibu hamil bisa di tentukan dengan pola makan yang sehat. Akan tetapi ibu hamil juga harus hati hati dalam memilih makanan yang di konsumsi karena janin atau bayi yang ada dalam kandungan rentan.

Kandungan Gizi Ibu Hamil Yang Wajib Di Konsumsi

Semakin bertambah usia kehamilan maka semakin banyak gizi dan nutrisi yang perlu di konsumsi oleh ibu hamil. Apalagi saat memasuki  masa trisemster kedua ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak gizi.

Manfaat Folamil Genio untuk Ibu Hamil

Pasalnya saat memasuki trisemster kedua bayi sedang mengalami pertumbuhan otak dan susunan syaraf dengan pesat. Oleh karena itu ibu hamil wajib memperhatikan gizi yang menjadi asupan makanannya.

Gizi pada ibu hamil  yang wajib di penuhi antara lain kalori, protein, kalsium, asam folat dan berbagai macam vitamin. Ibu hamil membutuhkan kalori yang  banyak sekitar 300 – 400 kkal setiap hari. Jumlah ini merupakan asupan yang harus di konsumsi tiap hari.

Sumber kalori yang  bisa di peroleh ibu hamil antara lain berasal dari umbi-umbian, nasi serta berbagai macam lemak nabati ataupun hewani. Makanan empat sehat lima sempurna adalah asupan wajib yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil.gizi ibu hamil

klik: Hati-hati!, Buah ini Bisa Menggugurkan Kandungan

gizi ibu hamil

Nutrisi yang sangat di butuhkan oleh janin adalah asam folat. Asam folat berperan besar terhadap pembentukan sistem syaraf. Saat trisemster pertama janin membutuhkan asam folat sebesar 400 mikrogram tiap hari.

Kekurangan asam folat pada janin akan menimbulkan perkembangan yang tidak sempurna. Hal ini bisa mengakibatkan bayi yang cacat saat lahir. Cacat yang di derita bayi bisa seperti tanpa batok kepala, bibir sumbing, spina bifda atau tulang belakang tak tersambung. Asam folat dapat di temukan pada sayur sayuran berwarna hijau tua, buah serta beras merah.

Cara dan Contoh Gerakan Senam Ibu Hamil di Rumah

Kalsium merupakan nutrisi yang wajib di konsumsi oleh ibu hamil. Konsumsi kalsium yang tepat pada ibu hamil akan menghindari adanya osteoporosis. Jika ibu hamil tak memiliki kalsium yang cukup hal ini mengakibatkan janin mengambil kalsium dari ibu hamil sehingga mengalami kekurangan kalsium.

Kalsium bisa di temukan pada susu dan berbagai produk olahan susu. Produk olahan susu selain mengandung kalsium juga mengandung banyak vitamin seperti A, C B2, B3 dan lain-lain. Selain itu berbagai jenis kacang dan sayuran hijau juga sangat baik untuk memasok kebutuhan ibu hamil.

Gizi ibu hamil bisa di penuhi dari buah-buahan. Terutama untuk memasok kebutuhan berbagai macam vitamin bagi ibu hamil. Selain kalsium, asam folat dan kalori, ibu hamil juga harus cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan vitamin.

Makanan olahan dari kedelai sangat baik sebagai sumber protein nabati. Sedangkan daging dan ikan baik sebagai sumber protein hewani. Vitamin A, zat besi dan vitamin D juga harus di penuhi kebutuhannya oleh ibu hamil. Vitamin A bisa di peroleh dari buah dna sayur yang berwarna agak kemerahan. Untuk zat besi, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi sayuran.

Manfaat obat Utrogestan Untuk Ibu Hamil

Berbagai macam nutrisi dan pasokan gizi harus di konsumsi ibu hamil dengan seimbang. Dengan konsumsi yang tepat maka kesehatan ibu hamil dan bayi akan terjaga.